Saat sudah memasuki usia 8 bulan, bayi sudah mulai membutuhkan menu mpasi 8 bulan sederhana untuk kebutuhan gizinya. Setelah kurang lebih dua bulan si kecil sudah mulai mengonsumsi makanan mpasi, saat ini Moms bisa mengenalkan berbagai makanan lain. Saat memasuki usia 8 bulan, Moms bisa mengenalkan berbagai makanan yang bertekstur. 

Sebagai seorang ibu, Moms harus pintar dalam menemukan berbagai daftar menu makanan bayi 8 bulan yang bervariasi. Mulai dari rasa, bentuk hingga kandungan gizi harus terpenuhi sehingga membantu perkembangan bayi. Pada usia 8 bulan biasanya bayi sudah mulai aktif bergerak dan mengalami perkembangan motorik dan sensorik yang pesat.

BACA JUGA: Panduan Memberi Makanan Bayi 8 Bulan untuk para Orang Tua 

Menu MPASI 8 Bulan Sederhana yang Dapat Mendukung Pertumbuhan Si Kecil

Pada usia 8 bulan, bayi sudah mulai belajar merangkak hingga berdiri sendiri, mereka juga sudah mulai belajar melangkah dan berjalan. Demi mendukung perkembangan si kecil, Moms harus menyediakan resep mpasi 8 bulan yang terbaik. Dengan mpasi yang tepat, perkembangan mereka akan lebih optimal. Berikut ini adalah mpasi yang bisa Moms berikan.

  • Nasi Tim dan Daging Sapi 

Resep mpasi 8 bulan penambah berat badan yang bisa Moms berikan kepada si kecil ialah nasi tim dan daging sapi. Kandungan karbohidrat dari nasi serta protein dan zat besi dari daging sapi bisa membuat badan anak terlihat lebih sehat loh Moms. Moms juga bisa melatih bayi untuk mengunyah makanan yang padat dengan tekstur nasi yang lebih keras.

  • Bubur Ayam Keju

Moms bisa loh memberikan makanan bayi 8 bulan buatan sendiri yang penuh dengan nutrisi dan baik untuk perkembangan si kecil. Salah satu menu yang bisa Moms buat ialah bubur ayam keju. Moms hanya perlu membuat bubur dari beras, dada ayam lalu tambahkan wortel dan keju. Makanan ini memiliki kandungan karbohidrat, protein dan kalsium tinggi.

BACA JUGA: Dari Sarapan Sampai Makan Malam, Ini Jadwal Menu MPASI 6 Bulan yang Ideal untuk Si Kecil

  • Kentang, Susu, dan Keju

Pada usia 8 bulan, Moms bisa memperkenalkan berbagai rasa makanan kepada si kecil termasuk rasa gurih. Moms bisa membuat mpasi dengan mencampurkan kentang, susu dan keju parut. Tekstur yang dihasilkan dari ketiga bahan ini mirip seperti mashed potato dan dapat membuat si kecil berlatih untuk mengunyah. 

  • Omelet Wortel Ayam 
Menu MPASI 8 Bulan Sederhana
Menu MPASI 8 Bulan Sederhana

Salah satu mpasi yang sering diberikan oleh ibu kepada bayi yang berusia 8 bulan ialah telur. Hal ini karena kandungan protein dari telur baik untuk perkembangan si kecil. Untuk menambah gizi lainnya, Moms bisa menambahkan wortel dan ayam. Dengan tekstur yang cocok untuk bayi 8 bulan, mpasi ini juga mengandung protein dan vitamin yang tinggi. 

  • Buah Naga dan Yogurt

Demi menjaga pencernaan bayi agar selalu sehat, Moms bisa memberikan buah buahan kepada si kecil. Selain itu, Moms juga bisa menambah Yogurt yang dikenal dapat membunuh bakteri yang ada pada pencernaan. Moms hanya perlu mencampurkan buah naga yang sudah dipotong bersama dengan yogurt lalu hancurkan sampai tekstur sedikit lembut. 

BACA JUGA: Moms, Pastikan Kandungan Ini Ada di Menu MPASI 4 Bintang

  • Nasi, Ikan kembung, dan Brokoli

Berbeda dengan bayi 6 bulan yang memakan mpasi dengan tekstur lembut, tekstur mpasi 8 bulan bisa sedikit lebih padat. Hal ini untuk melatih bayi dapat mengunyah makanan dengan baik. Moms bisa mencampurkan nasi, ikan kembung yang direbus dan brokoli. Lalu Moms bisa mencampurkan semuanya dan menghancurkannya secara sederhana dengan sendok. 

Bagaimana, sekarang Moms sudah tidak bingung lagi kan membuat menu mpasi 8 bulan sederhana sendiri yang pastinya aman. Bayi yang sudah memasuki usia 8 bulan sudah mulai melakukan banyak hal baru sehingga membutuhkan gizi yang lebih tinggi. Dengan gizi yang cukup, diharapkan perkembangan dan pertumbuhan bayi dapat berjalan optimal.

Leave a Comment

%d bloggers like this: