Ketika bayi mencapai tanda tujuh bulan, ia mulai belajar beberapa hal penting seperti duduk, tumbuh gigi, dan lain-lain. Memberikan menu mpasi 7 bulan yang tepat dalam periode pertumbuhan aktif ini sangat penting bagi bayi. Selama masa ini, bayi perlu menerima suplemen nutrisi penting dari keduanya yaitu ASI/susu formula dan makanan padat.

Berikut adalah beberapa rekomendasi makanan sehat untuk bayi 7 bulan yang dapat Moms masukkan ke dalam list menu makanan sehari-hari si kecil. Moms bisa menggabungkan makanan setelah si kecil terbiasa dan tahu mereka tidak alergi dengan bahan tersebut.

1. Bubur labu

Menu makanan bayi yang mudah dan elegan ini mengandung banyak beta karoten, kalium, dan zat besi. Moms bisa membuat porsi besar dan simpan dalam lemari es batu untuk makan siang.

2. Bubur bayam dengan ubi putih

Kombinasi bayam dan ubi jalar yang sederhana ini menambah kebutuhan kalsium, zat besi, vitamin A, dan folat yang sehat untuk si kecil. Ubi jalar menambahkan sentuhan manis untuk membuat rasa sayuran hijau terasa lebih enak. Ini adalah salah satu makanan yang boleh untuk bayi 7 bulan.

BACA JUGA: Resep Makanan Bayi MPASI 7 Bulan dengan Bahan Ikan dan Sayur

3. Buah bit dan blueberry tumbuk

Campuran kedua bahan ini menghasilkan warna magenta yang indah, tetapi kedua bahan ini juga kombinasi nutrisi yang bagus karena mengandung vitamin, dan serat yang bergizi. Moms juga dapat bisa menambahkannya dengan susu.

4. Alpukat dan pisang tumbuh

menu mpasi 7 bulan mpasi rumahan
menu mpasi 7 bulan mpasi rumahan

Ini adalah pasangan dua makanan yang enak dan bergizi. Alpukat mengandung lemak dan serat yang baik dan pisang mengandung kalium dan vitamin C. Pisang juga  bisa menambahkan sedikit rasa manis dan bisa meringankan rasa alpukat yang biasanya padat.

5. Bubur sayuran dan ikan

Kentang, wortel, kacang polong, dan ikan merupakan kombinasi lezat yang dapat disiapkan dalam waktu yang cepat. Agar rasanya lebih gurih Moms bisa menambahkan sedikit garam beryodium. Ini termasuk salah satu menu yang digemari di kecil. Ini salah satu menu mpasi 7 bulan simple.

BACA JUGA: Resep Makanan Anak 1 Tahun yang Belum Tumbuh Gigi

6. Bubur butternut squash dan buah pir

Butternut squash adalah bahan yang bagus karena jarang menyebabkan alergi. Dan buah pir bisa digunakan untuk menambahkan sentuhan manis pada menu ini. Bahan harus dihaluskan karena tekstur mpasi 7 bulan harus lembut dan mudah dicerna.

7. Bubur pepaya

Pepaya juga adalah menu yang direkomendasikan untuk bayi 7 bulan. Buah ini ternyata mengandung enzim yang bagus untuk pencernaan si kecil. Tapi perlu diingat sebaiknya jika Moms ingin menyajikan menu ini lebih baik saat buah hati berusia tidak kurang dari 7 bulan. Pepaya ternyata punya tingkat keasaman yang lumayan tinggi.

Bayi berusia tujuh bulan membutuhkan makanan yang sehat dan bergizi untuk mengisi tubuh dan otak mereka yang sedang berkembang. Ini juga merupakan fase sementara di mana mereka mulai makan makanan padat dan berkenalan dengan selera yang berbeda.

Memperkenalkan mereka dengan banyak sayur dan buah akan sangat membantu dalam membangun kebiasaan makan yang baik. Ingat ya Moms jangan paksa memberi makan bayi secara berlebih. Setiap anak tidak sama memiliki selera yang berbeda pula. Moms

Saat memperkenalkan menu mpasi 7 bulan yang baru tunggu dulu selama tiga hari. Ini bisa memberi waktu bagi tubuh untuk bereaksi terhadap makanan dan menunjukkan gejala reaksi alergi. Jika bayi alergi terhadap makanan tertentu, hentikan selama beberapa bulan dan coba lagi. Selamat mencoba Moms.

Leave a Comment

%d bloggers like this: