Moms tidak harus menjadi chef jika ingin membuat makanan untuk si kecil. Perlu Moms ketahui meskipun lebih mudah, makanan bayi instant bisa menghilangkan vitamin dan nutrisi selama pengolahan. Daripada membeli makanan bayi instan lebih baik membuat sendiri menu mpasi 6 bulan karena “rasa enak”.

Moms ternyata ada beberapa hal yang perlu diingat ketika membuat makanan bayi lho. Biasanya bayi usia 6 bulan hanya membutuhkan sekitar 1 hingga 2 sendok makan makanan, jadi jagalah agar porsi makanan tetap kecil. Waspadai alergi ya Moms, terutama saat memberi makan makanan yang mengandung alergen umum. Alergen yang umum termasuk telur, kacang tanah, gandum, kedelai, ikan, dan kerang.

Saat bayi berusia 4 hingga 6 bulan, Moms perlu meningkatkan kebutuhan nutrisi bayi. Moms bisa mencari beberapa sumber untuk membantu menemukan dan mengidentifikasi makanan bayi 6 bulan untuk kecerdasan otak terbaik untuk si kecil. Menu sederhana di bawah ini mudah, murah, dan lebih bergizi daripada makanan yang telah duduk di rak toko bahan makanan.

BACA JUGA: Apa itu Menu MPASI 4 Bintang 6 Bulan? Ini 3 Pilihan Resep Sederhananya

1. Bubur kacang polong

Kacang polong adalah sumber nutrisi yang kecil namun kuat. Di dalamnya terdapat vitamin A dan C, zat besi, protein, dan kalsium. Jika kulit kacang polong membuat teksturnya kurang menarik bagi anak, pastikan untuk menumbuknya sehalus mungkin.

2. Bubur pisang

Menu Mpasi 6 Bulan
Menu Mpasi 6 Bulan

Sering disebut makanan “sempurna”, pisang kaya akan kalium dan serat. Pisang juga dikenal sebagai salah satu antasida alami dan sangat lembut di perut. Meskipun pisang adalah salah satu makanan pertama terbaik untuk bayi, berhati-hatilah untuk tidak berlebihan. Terlalu banyak pisang dapat menyebabkan konstipasi ya Moms.

3. Sereal beras merah

Sereal beras merah adalah salah satu makanan yang paling umum diperkenalkan karena minim alergi dan mudah dicerna. Mencampurkannya dengan air yang cukup bisa membantu bayi membiasakan diri makan makanan yang lebih padat. Proses ini dapat diterapkan pada oat atau gandum.

4. Alpukat murni

Makanan ini adalah makanan yang mengandung lemak baik yang luar biasa untuk otak dan perkembangan fisik bayi. Tekstur krim dari alpukat yang matang sempurna adalah sesuatu yang tampaknya disukai bayi. Moms cukup menghaluskan buah alpukat matang sehalus mungkin.

5. Bubur ubi jalar panggang

Orang dewasa yang yang memakan ubi bisa mendapat banyak manfaat kesehatan dan ini berlaku juga untuk bayi. Ubi jalar mengandung vitamin, antioksidan, dan serat jadi masuk akal jika bayi juga mendapat manfaat dari umbi yang lezat ini. Moms hanya perlu mencampurkan dengan dengan air atau susu sudah jadi makanan pertama bergizi.

BACA JUGA: Rekomendasi Pilihan Menu MPASI 6 Bulan Minggu Pertama Terbaik untuk Si Kecil

6. Bubur wortel

Wortel adalah pengantar makanan padat karena rasanya yang manis alami dan teksturnya yang halus. Olahan sederhana menu ini menyediakan banyak sekali antioksidan beta karoten dan vitamin A. Sama seperti resep di atas, Moms cukup menyiapkan air secukupnya sebagai campuran.

Saat menyiapkan makanan untuk si kecil Moms perlu menyiapkan makanan yang banyak mengandung air. Ketika seorang anak bertambah besar, Moms bisa mengurangi tekstur cair secara perlahan sesuai dengan kapasitas anak untuk menelan.

Makanan yang terlalu padat dapat menyebabkan gangguan perut / beban yang tidak perlu. Sementara makanan yang terlalu encer bisa menyebabkan anak mudah lapar. Moms harus mengerti porsi yang dibutuhkan oleh di kecil. Selain itu Moms mengatur jadwal menu mpasi 6 bulan.

Moms tentu tahu bahwa setiap anak berbeda dan jadi gunakan paket makan ini sebagai menu mpasi 6 bulan selama sebulan dan sesuaikan dengan kebutuhan si kecil. Moms dapat memodifikasi menu mpasi 6 bulan sesuai dengan kesukaan buah hati ya. Dan jangan pernah memberi makan di kecil dengan porsi berlebihan.

Leave a Comment

%d bloggers like this: