Menu mpasi 6 bulan tunggal lebih disarankan Moms untuk bayi yang baru mulai belajar makan. Mpasi dengan menu tunggal ini lebih mudah untuk dicerna dan dapat mengenalkan rasa kepada bayi. Sangat disarankan selama 14 hari pertama bayi diberi menu mpasi tunggal saja.

Mpasi 6 bulan menu tunggal 14 hari pagi dan sore bisa Moms berikan dengan menu yang berbeda-beda. Pada prinsipnya berikan makanan yang kaya akan serat dan protein. Jika Moms masih bingung berikut ada 6 rekomendasi menu yang bisa Moms coba.

BACA JUGA: Moms, Pastikan Kandungan Ini Ada di Menu MPASI 4 Bintang

1. Puree Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran hijau yang sangat bagus untuk bayi. Moms bisa memberikan puree brokoli untuk menu sarapan ataupun makan sore. Untuk mpasi bayi Moms bisa membuang batang brokoli dan ambil bagian kepalanya saja.

Cara mengolah menu mpasi ini sangat mudah, Moms bisa merebus brokoli sampai empuk. Kemudian brokoli ini dihancurkan dengan menggunakan blender ataupun alat khusus penghancur makanan. Agar lembek Moms bisa mencampurkan sedikit ASI di dalamnya.

2. Bubur Sayuran Hijau

Menu 4 bintang mpasi 6 bulan juga bisa menggunakan bahan sayur-sayuran hijau. Moms bisa mengombinasikan 2 sampai 3 sayur dalam menu makanan bayi 6 bulan. Pastikan sayuran yang dipilih masih dalam keadaan segar.

3. Puree Ubi Ungu

menu mpasi 6 bulan tunggal
menu mpasi 6 bulan tunggal

Ubi ungu tidak hanya bagus untuk mpasi 6 bulan tapi juga bagus untuk menu tunggal mpasi 5 bulan. Kandungan karbohidrat dan serat dalam ubi ungu sangatlah tinggi dan bagus untuk bayi. Jenis umbi-umbian ini juga bagus untuk melancarkan pencernaan bayi.

Untuk membuat puree ini Moms hanya perlu merebus ubi ungu kemudian hancurkan sampai benar-benar halus. Agar mudah dicerna dan ditelan Moms bisa menambahkan ASI ke dalam puree ini.

BACA JUGA: Menu MPASI Tunggal Saat Anak Berusia 6 Bulan ya, Simak di Sini!

4. Puree Kentang

Kentang juga bisa dijadikan sebagai menu tunggal Moms. Nutrisi dalam kentang bagus untuk bayi yang baru berusia 6 bulan. Moms hanya tinggal merebus kentang kemudian dihancurkan sampai halus. Tambahkan sedikit ASI dan Moms bisa memberikan menu ini untuk sarapan ataupun makan sore bayi Moms.

5. Puree Labu Kuning

Mpasi 6 bulan pertama terbaik salah satunya adalah labu kuning. Di dalam labu kuning mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh bayi. Labu kuning sangat disarankan oleh dokter anak untuk diberikan pada saat mpasi pertama kali.

Untuk menu mpasi 6 bulan labu kuning Moms harus memilih labu yang sudah benar-benar matang. Labu ini tinggal Moms rebus kemudian hancurkan dengan menggunakan blender. Jika terasa masih kurang encer, Moms bisa menambahkannya dengan ASI.

6. Puree Jagung Manis

Jagung manis muda bisa menjadi salah satu variasi menu mpasi 6 bulan selama sebulan. Kandungan karbohidrat yang ada di dalam jagung sangat bagus untuk memenuhi nutrisi pada bayi. Vitamin dan mineral di dalamnya juga bagus untuk perkembangan bayi.

Untuk mengolah jagung manis ini Moms harus merebusnya terlebih dahulu kemudian hancurkan sampai benar-benar halus. Pastikan tidak ada biji jagung yang masih utuh karena bisa membuat bayi sulit untuk mencernanya.

Selain keenam menu di atas, Moms bisa mengolah menu lainnya yang mengandung protein dan serat yang tinggi. Bayi usia 6 bulan sebaiknya diberikan makanan kaya serat dan rasa, dengan demikian bayi akan lebih mengenal rasa. Pastikan menu yang diberikan juga beragam agar Moms juga tahu jika Bayi mempunyai alergi.

Menu mpasi 6 bulan tunggal ini harus dikombinasikan dengan pemberian ASI yang cukup. Bayi akan tumbuh dengan maksimal dengan perpaduan mpasi dan ASI yang seimbang.

Leave a Comment

%d bloggers like this: