Setelah memasuki usia 6 bulan, Moms sudah bisa memberikan menu MPASI 6 bulan selama sebulan untuk si kecil. Pada bulan pertama bayi akan beradaptasi untuk mulai mengonsumsi berbagai makanan. Moms harus memperhatikan berbagai hal untuk menyiapkan bayi yang akan mengonsumsi MPASI, termasuk menu makanan apa saja yang aman dikonsumsi. 

Moms bisa memberikan berbagai menu MPASI tergantung dengan jadwal makan bayi 6 bulan secara bertahap. Pada minggu pertama, bayi biasanya akan makan sehari sekali lalu minggu selanjutnya akan makan dua kali sehari. Moms harus menyesuaikan jadwal dan makanan MPASI sesuai dengan kemampuan bayi sehingga bayi lebih nyaman dan sehat. 

BACA JUGA: Dari Sarapan Sampai Makan Malam, Ini Jadwal Menu MPASI 6 Bulan yang Ideal untuk Si Kecil

Daftar Pilihan Menu MPASI 6 Bulan Selama Sebulan

Saat bayi sudah mulai belajar makan, maka Moms bisa menyiapkan berbagai makanan bergizi yang cocok untuk bayi. Pilihlah makanan yang memiliki tekstur lembut sehingga bisa melatih kemampuan mengunyah bayi dengan baik. Berikut ini adalah rekomendasi menu MPASI sehat dan aman yang bisa Moms jadikan pilihan pada sebulan pertama. 

1. Bubur Beras Putih

Menu MPASI 6 bulan yang bisa Moms berikan untuk si kecil ialah bubur beras putih. Cara membuat bubur ini cukup mudah, Moms hanya perlu membuat bubur dari nasi yang pulen dan campurkan dengan ASI. Pada pengenalan MPASI, Moms bisa memberikan MPASI sekali sehari, lalu berikutnya Moms bisa berikan MPASI untuk sarapan dan makan siang. 

2. Bubur Kacang Hijau

Moms bisa membuat berbagai jenis bubur yang bisa dikonsumsi oleh bayi 6 bulan, di antaranya ialah bubur kacang hijau. Cara membuatnya hampir sama dengan bubur beras putih, Moms hanya perlu menghancurkan kacang hijau dengan ASI. Untuk mendapatkan tekstur yang lembut, Moms bisa menghancurkannya dengan menggunakan blender. 

3. Pisang 

Menu MPASI 6 Bulan Selama Sebulan
Menu MPASI 6 Bulan Selama Sebulan

Buah pisang biasanya selalu ada pada berbagai resep menu MPASI 6 bulan yang sering digunakan oleh para ibu. Alasannya karena buah ini memiliki tekstur yang halus sehingga mudah dikonsumsi oleh bayi. Moms bisa memberikan pisang ini 3 hari pertama, lalu porsinya bisa disesuaikan dengan keinginan si kecil. Pilihlah pisang yang matang dan berasa manis. 

BACA JUGA: Apa itu Menu MPASI 4 Bintang 6 Bulan? Ini 3 Pilihan Resep Sederhananya

4. Bubur Oatmeal

Moms bisa mengenalkan makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi melalui bubur oatmeal. Pilihlah oatmeal instan yang tersedia di supermarket, akan lebih baik jika Moms menggunakan oatmeal rasa original. Kemudian berikan kepada si kecil. Namun Moms harus menghancurkan oatmeal ini sampai halus sehingga si kecil bisa menikmatinya dengan baik.

5. Alpukat

Makanan MPASI mudah dan sederhana berikutnya ialah buah alpukat yang mengandung banyak gizi. Moms hanya perlu menghancurkan alpukat sampai teksturnya lembut. Selain itu, Moms juga bisa memberikan ASI pada buah alpukat sehingga gizinya lebih tercukupi. Moms bisa memberikan alpukat pada pagi hari atau siang hari. 

6. Apel Kukus

Moms bisa memberikan berbagai buah untuk menjaga si kecil agar tidak bosan, salah satunya ialah apel. Namun, apel memiliki tekstur yang keras sehingga sulit dikonsumsi oleh bayi 6 bulan.  Moms bisa mengatasinya dengan mengukus buah apel lalu menghancurkannya bersama dengan ASI. Buah apel memang terkenal dengan berbagai kandungan vitamin yang baik. 

Bagaimana, sekarang Moms sudah tidak bingung lagi kan memilih menu MPASI 6 bulan selama sebulan? Moms bisa memilih MPASI apa yang hendak Moms berikan kepada si kecil, perhatikan apa saja makanan yang dia suka. Semakin dia menyukai MPASI pilihan Moms, maka dia akan semakin lahap makan dan menerima banyak energi. 

Leave a Comment

%d bloggers like this: