Saat si kecil hendak memasuki usia 6 bulan, sebaiknya Moms sudah mulai mempersiapkan menu MPASI yang akan diberikan. Pilihlah menu MPASI 6 bulan pertama menurut WHO yang kaya akan nutrisi. Sebab, setelah menginjak usia 6 bulan, kebutuhan nutrisi si kecil tidak lagi bisa dipenuhi hanya dengan ASI saja.

Untuk bulan-bulan pertama, Moms dapat memberinya makanan dengan tekstur semi padat. Organ pencernaan si kecil pada saat ini memang sudah baik, tetapi belum sepenuhnya kuat untuk mencerna makanan yang bertekstur padat. Pemberian menu MPASI ini ternyata juga baik untuk mengurangi terjadinya obesitas lho, Moms.

BACA JUGA: Jangan Bingung Moms, Ini Dia Daftar Menu MPASI Pertama Bayi 6 Bulan

Inspirasi Menu Makanan MPASI 6 Bulan Pertama Menurut WHO

Apakah Moms sudah menyiapkan resep MPASI 6 bulan pertama terbaik? Eits, Moms jangan bingung. Moms dapat memberikan si kecil menu apapun, asalkan memiliki kandungan karbohidrat, lemak, protein, vitamin, zat besi, dan mineral yang dapat memenuhi kebutuhan si kecil. Nah, untuk permulaan, Moms dapat memberinya menu MPASI tunggal.

Hal ini bertujuan untuk mengetahui bahan makanan apa saja yang dapat menimbulkan alergi pada si kecil. Jika sudah, barulah Moms dapat memberikan menu-menu kombinasi dari beberapa bahan. Beberapa rekomendasi MPASI pertama akan dijelaskan pada ulasan di bawah ini.

menu mpasi 6 bulan pertama menurut who
menu mpasi 6 bulan pertama menurut who

Puree pisang dan alpukat

Salah satu menu terbaik untuk bayi 6 bulan adalah puree pisang dan alpukat. Untuk membuat menu ini, Moms hanya perlu menyiapkan buah pisang, alpukat, dan susu formula. Kedua buah ini kemudian dikupas dan diambil daging buahnya. Selanjutnya, daging buah alpukat dan pisang dihaluskan dengan blender. Moms dapat menambahkan susu formula dan aduklah hingga tercampur merata.

Puree kacang hijau

Kandungan nutrisi yang ada pada puree kacang hijau ini cukup tinggi, sehingga baik untuk kebutuhan nutrisi si kecil. Proses pembuatan menu ini juga sangat mudah lo, Moms. Moms hanya perlu merebus kacang hijau selama 20 menit hingga tekstur kacang hijau berubah menjadi empuk.

Selanjutnya, haluskan kacang hijau yang sudah matang dengan blender. Kemudian saringlah agar serat-serat yang masih kasar tidak ikut tersajikan.

BACA JUGA: Moms Harus Tau, Daftar Menu MPASI 6 Bulan Terbaik dan Paling Mudah Dibuat

Bubur beras wortel

Resep MPASI 6 bulan sayuran yang dapat Moms coba adalah bubur beras wortel. Bubur beras wortel ini memiliki rasa yang gurih secara alami, tanpa adanya tambahan garam atau penyedap rasa. Untuk membuat menu ini, terlebih dahulu Moms perlu memarut wortel dan beras.

Hasil parutan wortel dan beras ini kemudian dimasukkan ke dalam panci dan diberi air matang. Jika sudah, masaklah hingga air dalam panci menyusut. Kemudian, tuangkan kembali air dengan takaran setengah kali dari takaran semula. Setelah itu, masaklah kembali hingga menjadi bubur.

Nasi tim ikan tuna

Moms juga dapat mencoba resep nasi tim ikan tuna sebagai referensi menu MPASI pertama. Nasi tim ikan tuna ini membutuhkan beberapa bahan yang harus Moms siapkan. Bahan-bahan tersebut di antaranya adalah ikan tuna, bawang bombay, seledri, jahe, dan beras putih.

Untuk proses pembuatannya, mula-mula masaklah beras putih hingga menjadi nasi setengah lembek. Setelah itu, masukkan bawang putih dan ikan tuna yang sudah dicincang. Jangan lupa untuk menambahkan sedikit jahe untuk menghilangkan bau amis. Kemudian, aduklah hingga nasi dan ikan tercampur secara merata.

Saat si kecil telah memasuki usia 6 bulan, Moms tentu harus siap untuk memberinya MPASI. Pemberian MPASI ini bertujuan untuk memberikan tambahan nutrisi. Sebagai referensi, Moms dapat mencoba beberapa menu MPASI 6 bulan pertama menurut WHO di atas. Selamat mencoba ya, Moms.

Leave a Comment

%d bloggers like this: