HalloMoms, sedang butuh inspirasi menu MPASI buat si kecil yang baru lepas ASI eksklusif? Ada baiknya Moms mempertimbangkan menu mpasi 6 bulan 4 bintang berikut.

MPASI Tunggal atau 4 Bintang?

Menu MPASI tunggal pertama bayi 6 bulan biasanya memang berbentuk tunggal. Artinya, dalam satu waktu makan, bayi hanya mendapatkan 1 jenis makanan. Misalnya puree pisang, puree alpukat, atau lainnya yang hanya 1 jenis.

Memberikan menu MPASI tunggal memang bagus di awal, dengan tujuan mengenalkan macam dan rasa makanan. Tapi, jika dilakukan dalam jangka panjang, ternyata berpotensi menyebabkan stunting atau kekurangan gizi lho, Moms.

BACA JUGA: Moms, Pastikan Kandungan Ini Ada di Menu MPASI 4 Bintang

Kapan Memberikan Menu MPASI 4 Bintang?

Agar gizi si kecil tercukupi dan dapat bertumbuh serta berkembang dengan baik, perlu diberikan makanan yang beragam. Minimal 4 jenis kandungan ini ada dalam menu asupan si kecil.

Empat kandungan tersebut adalah:

  1. Karbohidrat, dari umbi-umbian, serealia, dan semacamnya.
  2. Protein hewani, dari telur, ikan, dan daging (ayam, sapi, dsb).
  3. Protein nabati, dari kacang-kacangan (kedelai, buncis, kacang hijau, dll).
  4. Vitamin & mineral dari buah dan sayuran.

Pemberian menu MPASI 4 bintang ini adalah setelah bayi terbiasa dengan menu tunggal. Menu MPASI tunggal baik diberikan pada minggu pertama dan kedua di bulan ke-6. Fungsinya sebagai pengenalan rasa dan tekstur makanan.

Menu MPASI 4 bintang bayi 6 bulan mulai dapat diberikan saat akhir pekan ke-2 atau awal pekan ke-3. Dan seterusnya sampai bayi mulai dapat memakan makanan dewasa di usia sekitar 12 bulan.

Rekomendasi Menu MPASI 6 Bulan 4 Bintang

menu mpasi 6 bulan 4 bintang
menu mpasi 6 bulan 4 bintang

Beberapa mama muda mungkin bingung menu MPASI untuk si kecil. Terutama jika baru memiliki anak pertama. Menu berikut ini dapat menjadi inspirasi menyiapkan menu makanan MPASI bayi 6 bulan.

1. Nasi Tim Ayam KWS

KWS merupakan singkatan dari Kacang, Wortel, dan Seledri. Sebelumnya, siapkan dulu bahan-bahan berikut:

  • Beras putih (organik lebih baik)
  • Daging ayam
  • Kacang Panjang/Polong
  • Wortel
  • Seledri

Semua bahan dibersihkan dan dimasukkan ke dalam cooker. Selain beras, bahan-bahan tersebut agar dipotong kecil-kecil terlebih dahulu. Masak sampai menjadi bubur. Kemudian saring agar dapat yang halusnya saja.

2. Red Chicken Sweet Tomatoes (RCST)

RCST menggunakan beras merah (bentuk tepung) sebagai bahan pokok. Bahan pelengkapnya adalah ayam, wortel, seledri, jagung manis, dan tomat.

Cara memasaknya:

  • Masak tepung beras merah hingga menjadi bubur.
  • Rebus daging ayam dengan tambahan bawang bombay, bawang putih, wortel, dan seledri. Lebih kurang 20 menit.
  • Masak jagung manis (yang sudah dipipil) selama 5 menit. Tambahkan tomat ke dalamnya dan masak selama lebih kurang 3 menit. Blender keduanya lalu saring hingga halus.
  • Campur saat hendak menyajikan. Jika bayi suka, Moms dapat menambahkan minyak zaitun saat penyajian.

3. KTK Gurih

KTK merupakan kepanjangan dari kentang, telur, dan kacang merah. Menu ini kaya rasa dan sangat disukai oleh bayi. Bahan utamanya adalah kentang, telur ayam, dan kacang merah.

Cara membuatnya:

  • Rebus kentang dan kacang merah hingga matang. Setelah air mendidih, biarkan selama 5 menit agar benar-benar matang. Haluskan dengan diulek, digiling, atau dengan food processor.
  • Rebus telur ayam, ambil kuningnya saja. Haluskan dengan menambahkan sedikit ASI atau sufor.
  • Campur semua bahan, dan tambahkan sufor/ASI secukupnya.

Nah, sekarang, Moms tidak perlu bingung lagi untuk mencari inspirasi tentang menu MPASI 6 bulan 4 bintang. Semua menu tersebut bisa divariasikan baik dari jenis karbohidrat, protein, atau buah dan sayurnya. Selamat berkreasi, Moms!

Leave a Comment

%d bloggers like this: