MPASI atau makanan pendamping ASI wajib Moms berikan setelah bayi berusia 6 bulan. Pemberian MPASI ini bertujuan agar nutrisi  bayi terpenuhi dengan baik. Dokter dan para ahli gizi menganjurkan bahwa menu MPASI yang baik adalah menu MPASI 4 bintang.

Menu 4 bintang adalah menu yang mengandung karbohidrat, protein hewani, protein nabati, dan serat. Dengan menu 4 bintang ini nutrisi bayi akan terpenuhi dengan baik. Tentu saja pertumbuhan akan maksimal jika nutrisi tercukupi.

BACA JUGA: Resep Menu MP ASI 4 Bintang yang Paling Mudah

Menu Tunggal VS Menu 4 Bintang

Menu 4 bintang memang sangat bagus untuk memenuhi nutrisi bayi, namun Moms juga perlu memberikan menu tunggal MPASI. Menu tunggal ini merupakan menu dengan satu jenis makanan saja. Pemberian menu tunggal ini sangat disarankan dilakukan pada 14 hari pertama. Tujuan pemberian menu tunggal ini adalah untuk merangsang bayi agar mau makan selain ASI.

Tidak hanya itu, menu tunggal juga sangat bermanfaat untuk mengenali alergi pada bayi. Jadi Moms harus memberikan menu tunggal ini dengan menu yang berbeda-beda setiap harinya. Dengan demikian rasa yang dikenal oleh bayi akan semakin beragam dan bayi tidak akan kaget ketika diberikan menu 4 bintang.

Pemberian menu MPASI hari pertama sebaiknya dilakukan dengan memadukan bahan-bahan yang sudah pernah diberikan pada saat pemberian menu tunggal. Dengan cara ini Moms tidak akan khawatir bayi akan mengalami alergi atau tidak suka.

Menu 4 Bintang yang Wajib Ada dalam MPASI

Menu MPASI 4 Bintang
Menu MPASI 4 Bintang

Memasuki usia menjelang 7 bulan Moms wajib mulai memberikan menu 4 bintang secara rutin. Menu MPASI 4 bintang bayi 7 bulan harus bervariasi dan wajib mengandung 4 bahan utama. Keempat bahan utama tersebut adalah:

1. Karbohidrat

Bahan utama yang wajib ada dalam menu 4 bintang adalah karbohidrat. Moms bisa menggunakan beras biasa ataupun beras merah yang dijadikan bubur. Sumber karbohidrat juga tidak hanya beras saja, umbi-umbian juga termasuk bahan yang tinggi karbohidratnya.

Karbohidrat ini sangat penting untuk bayi usia 7 bulan ke atas. Hal ini dikarenakan pada usia ini bayi membutuhkan asupan untuk mulai aktif bergerak. Tidak hanya itu, karbohidrat juga bagus untuk menjaga metabolisme tubuh bayi.

2. Protein Hewani

Bahan selanjutnya yang harus ada dalam resep menu 4 bintang MPASI 6 bulan adalah protein hewani. Moms bisa menggunakan daging ayam ataupun daging sapi sebagai sumber protein hewani. Telur juga sangat bagus untuk dijadikan sebagai sumber protein hewani dalam MPASI.

Moms juga bisa menggunakan berbagai seafood  dan ikan sebagai sumber protein hewani. Protein hewani sangat berperan dalam pertumbuhan sel otak pada bayi. Oleh karena itu, jika Moms ingin anaknya cerdas sejak kecil wajib memberikan asupan protein hewani dengan cukup.

BACA JUGA: Rekomendasi Menu MPASI dr. Tiwi dan Cara Penyajiannya untuk Si Kecil

3. Protein Nabati

Tidak hanya protein hewani, protein nabati juga termasuk dalam menu 4 bintang. Protein nabati ini dapat berupa kacang-kacangan. Moms bisa menambahkan berbagai jenis kacang dalam menu MPASI. Jenis kacang yang bagus untuk MPASI adalah kacang almond dan kacang tanah.

4. Serat

Makanan yang kaya akan serat adalah buah dan sayur. Dalam daftar menu MPASI 4 bintang 6 bulan wajib untuk menggunakan bahan yang kaya akan serat berupa buah dan sayur. Serat sangat bagus untuk pertumbuhan anak, jadi Moms wajib memasukkannya dalam menu MPASI.

Sudah paham bukan apa itu menu MPASI 4 bintang? Moms wajib untuk memberikan menu ini kepada buah hatinya. Jika nutrisi yang diperoleh bayi cukup maka bayi bisa tumbuh dengan maksimal.

Leave a Comment

%d bloggers like this: