Senang banget ya Moms ketika si kecil sudah masuk usia 6 bulan dan mulai dapat mengkonsumsi MPASI 4 bintang sebagai tambahan nutrisinya. Namun kadang ada juga bayi yang malah mengalami masalah sembelit setelah mengkonsumsi MPASI. Nah kira-kira apa saja ya Moms yang harus diketahui tentang menu MPASI 4 bintang anti sembelit buat si kecil?

BACA JUGA: Mudah Dibuat! 5 Menu MPASI 7 Bulan Wajib Coba

Mpasi 4 Bintang Anti Sembelit dan Penyebab Sembelit Si Kecil

Pada usia 6 bulan, struktur pencernaan bayi memang sudah lengkap. Namun demikian, bukan berarti si kecil dapat dengan mudah mencerna berbagai jenis makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Beberapa sumber makanan yang tidak tepat justru dapat mengakibatkan sembelit. Kalau begitu kasihan si kecil kan Moms, tidak bisa BAB karena makanannya yang ia konsumsi tidak tepat.

Yang paling penting ketika Moms mendapati bahwa si kecil mengalami sembelit adalah Moms tidak panik dengan memberinya buah-buahan supaya lekas bisa BAB. Langkah pertama yang Moms bisa ambil adalah dengan mengevaluasi terlebih menu MPASI untuk si kecil selama ini. Apakah kandungan gizi dan seratnya sudah cukup, atau porsi sayurnya malah sudah berlebih.

Menu 4 bintang anti sembelit memang kadang memasukkan buah pisang dan pepaya dalam daftarnya supaya anak gampang BAB. Namun jangan salah Moms ya, pemberian pisang dan pepaya dalam jumlah yang terlalu banyak justru dapat mengakibatkan sembelit si kecil makin parah. Karena itu, langkah pertama Moms memang harus mengevaluasi terlebih dahulu menu MPASI selama ini.

Setelah Moms mengevaluasi menu MPASI untuk si kecil selama ini, maka selanjutnya Moms dapat menemukan metode yang lebih tepat dengan mempelajari menu MPASI untuk anak sembelit lebih mendalam. Fokusnya adalah meracik menu yang lebih tepat untuk si kecil, yang tidak hanya dapat menghindarinya dari sembelit, namun juga memenuhi nutrisinya secara lengkap.

BACA JUGA: Moms, Pastikan Kandungan Ini Ada di Menu MPASI 4 Bintang

Beberapa Menu 4 Bintang  Anti Sembelit yang Direkomendasikan

menu mpasi 4 bintang anti sembelit
menu mpasi 4 bintang anti sembelit

Yang perlu dipertimbangkan dalam memberi MPASI 4 bintang tentu saja adalah dengan kelengkapan 4 unsur gizi penunjangnya. Adanya karbohidrat, protein hewani, protein nabati, juga sayur dan buah. Pilihannya dapat bermacam-macam dan mungkin banyak sekali. Namun untuk memudahkan, berikut beberapa kombinasi menu yang bisa Moms pertimbangkan.

  • Beras (karbohidrat) + Salmon (protein hewani) + Edamame (protein nabati) + Wortel & Pir (sayur dan buah)
  • Beras (karbohidrat) + Gurame (protein Hewani) + Tahu (protein nabati) + wortel & pepaya (sayur dan buah)
  • Beras (karbohidrat) + Hati ayam (protein hewani) + Tempe (protein nabati) + buncis & peach (sayur dan buah)
  • Ubi merah (karbohidrat) + Ikan nila (protein hewani) + Kacang merah (protein nabati) + buncis & semangka (sayur dan buah)
  • Kentang & nasi (karbohidrat) + kuning telur (protein hewani) + tahu (protein nabati) + toge & semangka (sayur dan buah)

Selain contoh-contoh kombinasi menu MPASI 4 bintang di atas yang memang secara khusus diatur untuk membantu masalah sembelit pada bayi, Moms juga dapat meracik sendiri menu lainnya. Sekali lagi karena MPASI yang diinginkan adalah 4 bintang yang mencukupi semua kebutuhan gizi si kecil,  maka hal itu jangan sampai pula membuat bayi susah BAB setelah makan MPASI yang Moms berikan.

Menu MPASI 4 bintang anti sembelit yang baik haruslah tetap memenuhi semua kebutuhan gizi dan nutrisi bayi. Pada waktu yang bersamaan juga mampu mencegah potensi sembelit pada di kecil. Komposisi dari menu MPASI ini harus tepat ya Moms. Karena untuk si kecil yang masih tetap dalam fase adaptasi, komposisi yang salah justru kadang  menjadi penyebab utama masalah pada pencernaannya.

Leave a Comment

%d bloggers like this: