Ketika anak berusia 10 bulan Moms wajib memperhatikan makanan yang dikonsumsinya. Menu mpasi 10 bulan haruslah mengandung nutrisi yang lengkap. Hal ini dilakukan agar pertumbuhan bayi semakin maksimal.

Tekstur mpasi 10 bulan juga harus diperhatikan. Bayi usia 10 bulan harus Moms berikan makanan yang padat dan agak kasar. Pada usianya yang memasuki 10 bulan bayi mulai belajar menggigit dan menggenggam. Bahkan beberapa bayi sudah mulai tumbuh gigi pada usia ini.

BACA JUGA: Dari Sarapan Sampai Makan Malam, Ini Jadwal Menu MPASI 6 Bulan yang Ideal untuk Si Kecil

Menu Mpasi  10 Bulan yang Dapat Menaikkan Berat Badan

Jika Moms ingin berat badan bayi cepat bertambah maka Moms ada baiknya memberikan makanan yang kaya akan protein dan lemak. Berikut ini beberapa menu mpasi 10 bulan penambah berat badan yang sederhana:

1. Bubur Daging Keju

Menu ini merupakan menu untuk anak yang akan memasuki usia 10 bulan. Bisa dikatakan menu ini mpasi 9 bulan akhir. Untuk membuat menu bubur daging keju ini sangat sederhana, Moms hanya perlu mencampurkan daging sapi yang sudah digiling dan parutan keju ke dalam bubur.

Moms juga bisa menambahkan sayuran seperti bayam dan wortel. Dalam membuat bubur ini pastikan teksturnya jangan terlalu lembut agar anak mulai belajar mengunyah.

2. Pepes Ikan Patin dan Nasi Tim

Moms yang ingin berat badan anak bertambah dengan cepat bisa mencoba menu pepes ikan patin dengan nasi tim. Ikan patin yang akan dijadikan mpasi harus ikan yang masih segar dan dibuang durinya. Bumbu yang digunakan juga tidak boleh menggunakan cabe. Pastikan jika rasanya nyaman untuk dikonsumsi bayi 10 bulan.

BACA JUGA: Moms, Rekomendasi Menu MPASI Daging Giling Ini Pasti Disukai Si Kecil

3. Schotel  Nasi dan Sayur

Untuk membuat menu ini Moms hanya membutuhkan nasi, brokoli, wortel, dan kacang hijau. Semua bahan dihaluskan secara terpisah. Kemudian oleskan minyak zaitun pada wadah berbentuk kotak lalu tuangkan nasi ke dalamnya dan tata semua bahan yang sudah dihaluskan tadi di atas nasi.

Moms bisa menyusunnya sesuai dengan selera ya. Setelah tertata tinggal panggang sampai matang. Jika tidak ada alat pemanggang, Moms bisa mengukusnya.

4. Ayam Bihun Wortel

Menu mpasi 10 bulan 4 bintang yang bisa Moms coba selanjutnya adalah ayam bihun wortel. Ini merupakan menu variasi agar anak tidak bosan dengan nasi. Untuk membuatnya juga mudah, Moms hanya perlu memasak bihun sampai lembut. Kemudian campurkan daging ayam dan wortel yang sudah diiris kecil.

Untuk memasaknya Moms bisa menumisnya dengan menggunakan minyak zaitun. Bumbu yang digunakan cukup bawang putih dan bawang merah yang sudah ditumbuk halus. Semua bahan ditumis sampai matang. Ingat ya Moms bihun yang digunakan harus sudah direbus atau direndam air hangat terlebih dahulu dan dihaluskan.

BACA JUGA: Menu MPASI Itu-itu Aja? Coba Kreasi Menu Mpasi 1 Tahun Ini

Camilan Sehat Bayi 10 Bulan

Moms juga perlu memberikan camilan pada anak usia 10 bulan. Selain dapat menambah asupan nutrisi, anak juga belajar untuk menggenggam. Ada beberapa resep makanan bayi 10 bulan yang dapat dijadikan camilan sehat, yaitu:

1. Agar Labu Kuning

Camilan untuk bayi 10 bulan yang paling mudah adalah agar labu kuning. Untuk membuatnya sama dengan membuat agar pada umumnya. Moms hanya perlu menambahkan labu kuning yang sudah dihaluskan ke dalam agar. Ingat ya Moms tidak perlu menambah gula karena labu kuning juga sudah manis.

2. Cake Choco Cheese

Menu camilan ini sebenarnya cukup mudah untuk dibuat. Moms bisa membuatnya dalam jumlah yang cukup banyak sehingga bisa disimpan. Bahan yang diperlukan yaitu: 125 ml susu coklat cair,  4 sendok makan 8 buah biskuit, 6 sendok makan keju parut, 2 sendok makan margarin yang dilelehkan, 2 sendok makan gula pasir

Moms cukup mencampurkan semua bahan dalam sebuah wadah lalu masak sampai susu mendidih. Selanjutnya masukkan dalam cup kecil dan simpan dalam kulkas sampai beku atau kurang lebih 2 jam. Sebelum memberikan kepada si kecil pastikan cake tidak terlalu dingin.

Moms bisa membuat camilan ini dalam jumlah yang cukup banyak agar dapat disimpan. Pastikan Moms menyimpannya dengan baik dan benar agar makanan tidak mudah rusak. Selamat mencoba menu mpasi 10 bulan ini ya Moms!

Leave a Comment

%d bloggers like this: