Si kecil sudah memasuki usia 6 bulan? Wah, siap-siap untuk putar otak untuk memberinya menu MPASI ya, Moms. Umumnya, pada usia ini nutrisi yang diperoleh dari ASI saja tidak mencukupi kebutuhan nutrisi harian si kecil. Maka dari itu, Moms wajib memberikan menu makanan MPASI bayi 6 bulan yang aman dan menyehatkan.

Saat memasuki usia 6 bulan, bayi baru mulai diperkenalkan dengan makanan-makanan yang padat. Nah, dalam pemberian menu MPASI ini haruslah bervariasi dan memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan bagi si kecil. Mengapa harus bervariasi? Hal ini bertujuan agar si kecil tidak merasa bosan dan berujung ogah-ogahan untuk memakannya.

BACA JUGA: Dari Sarapan Sampai Makan Malam, Ini Jadwal Menu MPASI 6 Bulan yang Ideal untuk Si Kecil

Inspirasi Menu Makanan MPASI Bayi 6 bulan

Menu Makanan MPASI Bayi 6 Bulan
Menu Makanan MPASI Bayi 6 Bulan

Tekstur MPASI pada bayi yang berusia 6 bulan ini tidak jauh berbeda dengan tekstur pada menu MPASI 7 bulan. Pada usia-usia ini bayi membutuhkan makanan yang memiliki tekstur semi padat yang mudah untuk dicerna. Sebelum Moms memberinya menu MPASI dari beberapa kombinasi bahan, sebaiknya Moms berikan dahulu MPASI 6 bulan menu tunggal.

Hal ini bertujuan untuk mengetahui bahan makanan apa saja yang dapat menimbulkan alergi pada si kecil. Jika sudah, barulah Moms dapat memberikan menu-menu kombinasi dari beberapa bahan. Berikut adalah beberapa resep MPASI 6 bulan pertama terbaik yang dapat Moms coba.

Puree pisang dan alpukat

Salah satu resep MPASI 6 bulan sederhana yang dapat Moms coba adalah puree pisang dan alpukat. Moms hanya perlu menyiapkan buah pisang, alpukat, dan susu formula untuk membuat puree pisang dan alpukat.

Proses pembuatannya pun cukup mudah. Pertama-tama, cuci bersih buah alpukat dan pisang, lalu kupas dan ambil daging buahnya. Jika sudah, dihaluskan dengan menggunakan blender. Jangan lupa untuk menambahkan susu formula dan aduk hingga tercampur merata.

Nasi tim ikan tuna

Moms juga dapat menyajikan nasi tim ikan tuna sebagai referensi menu MPASI pertama. Pembuatan nasi tim ikan tuna ini membutuhkan beberapa bahan, seperti ikan tuna, bawang bombay, seledri, jahe, dan beras putih.

Masaklah beras putih hingga menjadi nasi setengah lembek. Setelah itu, masukkan bawang putih dan ikan tuna yang sudah dicincang dan tambahkan sedikit jahe untuk menghilangkan bau amis. Jika sudah, aduklah hingga nasi dan ikan tercampur secara merata. Moms dapat menambahkan seledri untuk menambahkan aroma.

BACA JUGA:

Makanan MPASI Bayi 6 Bulan Terbaik untuk Tumbuh Kembang si Kecil

Puree jagung manis dan bayam

Salah satu resep MPASI 6 bulan sayuran yang dapat Moms coba adalah puree jagung manis dan bayam. Untuk membuat puree jagung manis dan bayam ini tidak diperlukan proses yang ribet lo, Moms. Moms hanya perlu merebus jagung manis hingga matang, kemudian menyerutnya.

Selanjutnya, masaklah bayam dalam air yang mendidih sekitar 10 menit. Kemudian, haluskan bayam dan juga serutan jagung dengan menggunakan blender. Selepas itu, saring bayam dan jagung manis yang sudah dihaluskan agar serat yang masih kasar tidak ikut tersajikan.

Puree kacang hijau

Puree ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi. Proses pembuatannya pun terbilang cukup mudah. Untuk membuat puree kacang hijau, Moms perlu merebus kacang hijau selama 20 menit hingga tekstur kacang hijau berubah menjadi empuk.

Selanjutnya, haluskan kacang hijau yang sudah matang dengan blender dan kemudian saring. Untuk memperkaya nutrisi, Moms dapat menambahkannya dengan susu formula atau ekstrak virgin olive oil.

Nah, saat si kecil sudah memasuki usia 6 bulan, siap-siap Moms harus memberinya MPASI, ya. Menu MPASI yang diberikan pada anak usia ini umumnya memiliki tekstur yang lembek dan mudah untuk dicerna. Pemberian menu makanan MPASI bayi 6 bulan ini sebaiknya juga bervariasi ya, Moms. Hal ini bertujuan agar si anak tidak merasa bosan. 

Leave a Comment

%d bloggers like this: