Hallo, Moms. Kiwi yang memiliki nama latin Actinidia deliciosa ini adalah buah yang berasal dari daratan Cina utara. Baru pada abad ke-20, pohon buah kiwi mulai dibudidayakan di Selandia Baru. Manfaat buah kiwi sendiri ternyata sangat banyak, terlebih bagi kesehatan tubuh.

Buah kiwi memiliki ciri khas yang unik lo, Moms. Daging buah kiwi ini memiliki warna emas cerah atau hijau dengan biji-biji berwarna hitam yang lunak. Buah kiwi ini dapat dikonsumsi bersama dengan daging buahnya. Tekstur yang dimiliki buah ini sangatlah lembut. Rasa buah kiwi juga manis dan sedikit masam yang membuat buah ini digemari berbagai kalangan usia.

Berbagai Manfaat Buah Kiwi

Moms dapat mengkonsumsi buah kiwi secara langsung maupun diolah terlebih dahulu menjadi berbagai jenis minuman dan makanan. Selain rasanya yang lezat, buah yang identik dengan New Zealand ini ternyata memiliki segudang manfaat lo, Moms. apa saja manfaatnya? Berikut ini adalah manfaat buah kiwi yang wajib Moms ketahui.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Perlu Moms ketahui, bahwasannya pada setiap 180 gram kiwi, ternyata sudah mencukupi kebutuhan vitamin C bagi tubuh dalam sehari, lo. Vitamin C sendiri menjadi unsur yang paling penting untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Jika daya tubuh sedang berada pada kondisi yang baik, tubuh akan mudah melawan penyakit, seperti misalnya flu.

Menjaga kesehatan mata

Ternyata buah kiwi juga bermanfaat bagi kesehatan mata, lo. Kiwi bermanfaat dalam melindungi mata dan mencegah timbulnya kebutaan secara alami. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan lutein dan zeaxanthin yang terdapat pada buah kiwi.

Mengencangkan kulit

Salah satu manfaat buah kiwi untuk kecantikan yaitu dapat mengencangkan kulit. Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah kiwi ini berfungsi untuk meningkatkan kandungan kolagen pada kulit. Selain kolagen, kandungan vitamin C yang terdapat pada buah kiwi juga bisa menjadi anti-aging yang dapat mencegah penuaan kulit.

Selain itu, buah kiwi ternyata juga dapat menjaga kulit tetap kenyal, lembab, dan lembut meski terkena paparan udara bebas. Hal ini disebabkan lantaran adanya kandungan vitamin C dan E yang terdapat pada buah kiwi.

Membantu melancarkan proses pencernaan

Tahu nggak Moms? ternyata jika kesehatan pencernaan terganggu, dapat menimbulkan berbagai penyakit, lo. Misalnya saja seperti sembelit, diare, hingga peradangan yang terjadi pada bagian organ pencernaan. Nah, sebagai solusinya, ternyata buah kiwi juga dapat membantu memperlancar pencernaan.

Setiap satu buah kiwi yang memiliki ukuran relatif sedang, rata-rata terdapat kandungan 2,1 gram serat. Serat ini bermanfaat untuk memperlancar pencernaan dan membuat buang air besar menjadi lebih teratur. Selain itu, kandungan enzim actinidin yang dimilikinya juga berfungsi mempercepat pemecahan protein sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh.

Membantu menurunkan berat badan

Ternyata, nih, Moms buah kiwi tidak hanya bermanfaat untuk mengencangkan kulit saja. Buah kiwi juga bermanfaat dalam membantu menurunkan berat badan. Manfaat buah kiwi untuk diet ini disebabkan karena kandungan kalori dan indeks glikemik buah kiwi yang terbilang rendah.

Kadar glikemik yang rendah ini dapat membantu proses pembakaran lemak. Akibatnya, buah ini cocok untuk dikonsumsi ketika melakukan program diet.

Baca Juga : Moms, Pastikan Vitamin untuk Bayi dan Anak Ini Ada di Makanan Mereka!

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, buah kiwi menjadi salah satu buah yang kaya akan manfaat. Kiwi tidak hanya baik untuk kesehatan saja, melainkan juga bermanfaat untuk kecantikan. Bahkan, buah ini juga cukup recomended untuk diet lo, Moms.

Sekian dulu ulasan singkat mengenai manfaat buah kiwi yang harus Moms ketahui, mudah-mudahan informasi ini dapat menambah pengetahuan dan referensi Moms, ya. Jangan lupa juga buat share informasi ini, siapa tahu ada orang lain yang membutuhkannya. Selamat beraktivitas kembali.

Leave a Comment