Saat mengandung, Moms tentu perlu memperhatikan menu makanan yang sehat untuk ibu hamil. Hal ini bertujuan agar kandungan nutrisi yang diperlukan selama masa kehamilan dapat tercukupi dengan baik. Moms dan bayi juga akan tumbuh dengan sehat tanpa kekurangan nutrisi sedikit pun.

Nah, makanan-makanan yang sehat ini tentu bukanlah makanan-makanan sembarangan. Makanan yang sehat setidaknya mengandung vitamin, mineral, protein, dan berbagai nutrisi lain yang diperlukan oleh tubuh. Untuk mengetahui makanan apa saja yang  disarankan bagi ibu hamil, simak ulasan selanjutnya.

BACA JUGA: Biar Janin Sehat, Berikut Makanan untuk Ibu Hamil Muda

Makanan yang Sehat untuk Ibu Hamil

Tidak hanya memperhatikan makanan yang dilarang untuk ibu hamil saja, Moms juga perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang baik untuk ibu dan janin. Berikut adalah beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi ibu yang sedang hamil.

Air kelapa

Mungkin Moms pernah disuruh orang tua untuk mengonsumsi air kelapa agar bayi terlahir dengan bersih. Namun, apakah Moms tahu? Meski mitos mengonsumsi air kelapa dapat membuat bayi terlahir dengan bersih belum terbukti kebenarannya, mengonsumsi air kelapa ini banyak mengandung khasiat.

Peredaran menjadi lebih lancar hanya dengan mengonsumsi air kelapa. Moms juga akan merasa tidak mudah lelah. Air kelapa juga bagus untuk menjadi antioksidan bagi tubuh. So, tunggu apa lagi? Jangan lupa untuk mengonsumsi air kelapa ya, Moms.

Buah-buahan

Makanan yang Sehat untuk Ibu Hamil
Makanan yang Sehat untuk Ibu Hamil

Selain air kelapa, buah-buahan juga dapat membuat ibu hamil sehat. Kandungan buahan-buahan yang tinggi serat memang sangat dibutuhkan selama masa kehamilan. Tak hanya itu, buah-buahan, seperti pisang dan alpukat juga dapat menyembuhkan Moms saat terkena diare.

Susu ibu hamil

Susu ibu hamil sejatinya perlu dan tidak perlu. Kok bisa begitu? Iya, jika kandungan nutrisi yang dibutuhkan sudah terpenuhi dengan baik, Moms tidak perlu lagi mengonsumsi susu. Jadi, untuk Moms yang tidak terlalu suka dengan susu, usahakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dengan baik agar tidak perlu minum susu.

Sementara itu, jika Moms merasa kesulitan untuk memenuhi semua kebutuhan nutrisi yang diperlukan, sebaiknya jangan malas-malas untuk minum susu. Susu memiliki kandungan yang kaya akan asam folat. Kandungan ini tentunya sangat baik untuk membantu tumbuh kembang si kecil.

Makanan yang mengandung kalsium

Saat Moms sedang hamil, jangan lupa untuk mengonsumsi menu makanan sehat yang memiliki kandungan kalsium tinggi. Kandungan kalsium yang tinggi ini sangat baik untuk pembentukan organ-organ tubuh janin. Tak hanya itu, kalsium juga bagus untuk memperkuat tulang ibu dan juga janin.

Ibu yang sedang hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi. Sebisa mungkin setiap hari minimal ada 1000 mg kalsium yang masuk dalam tubuh agar kebutuhan nutrisi yang satu ini dapat terpenuhi dengan baik.

Vitamin

Asupan lain yang wajib dikonsumsi Moms saat hamil adalah vitamin. Umumnya, saat hamil Moms akan diberikan vitamin asam folat. Vitamin ini sangat penting untuk membantu tumbuh kembang janin selama masa kehamilan.

Selain itu, asam folat juga dapat membantu untuk memproduksi ASI. Jadi, Moms tetap dapat mengkonsumsinya hingga setelah melahirkan.

Seperti yang kita tahu, saat kehamilan Moms tentu membutuhkan nutrisi yang tinggi untuk membantu tumbuh kembang janin. Nutrisi yang tinggi ini dapat diperoleh dari makanan yang sehat untuk ibu hamil. Moms dapat mengonsumsi makanan yang sehat untuk ibu hamil seperti buah, susu, air kelapa, dan lain sebagainya.

Leave a Comment

%d bloggers like this: