Ada beberapa makanan yang dilarang untuk ibu hamil trimester pertama. Seperti diketahui, kehamilan trimester pertama adalah masa-masa yang membutuhkan perhatian khusus para Moms. Di masa ini, biasanya ibu hamil dianjurkan untuk tidak melakukan banyak pekerjaan berat. 

Disamping itu, calon ibu juga harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Ada makanan tertentu yang harus dihindari Moms saat trimester pertama untuk dikonsumsi. 

BACA JUGA: Ternyata Ini Buah yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil Moms

Pantangan Makanan untuk Ibu Hamil Di Trimester Pertama

 Beberapa makanan tertentu memang dilarang untuk ibu hamil saat trimester pertama. Namun sebenarnya bukan tidak boleh dikonsumsi sama sekali, ada baiknya dihindari atau dikurangi jumlah konsumsinya. Lalu makan apa saja yang wajib dihindari  pada kehamilan trimester pertama Moms? 

1. Olahan Daging Setengah Matang

Larangan ibu hamil trimester pertama yaitu untuk tidak mengkonsumsi daging yang diolah setengah matang. Daging yang matangnya tidak sempurna ini dikhawatirkan terdapat kandungan infeksi parasit berbahaya seperti toksoplasmosis. Parasit ini biasanya terdapat pada tanah, kotoran, air kotor, dan juga daging. 

Ibu hamil juga dilarang untuk mengkonsumsi daging dalam bentuk lembaran jika cara mengolahnya tidak benar-benar sempurna. Daging jenis ini dikhawatirkan membawa bakteri listeria yang bisa menembus plasenta. Dikhawatirkan bakteri ini nantinya bisa menginfeksi janin dalam kandungan. 

BACA JUGA: Moms Wajib Tahu! Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil 1 Bulan

2. Makanan Pedas

makanan yang dilarang untuk ibu hamil trimester pertama
makanan yang dilarang untuk ibu hamil trimester pertama

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil trimester pertama adalah makanan pedas. Sesungguhnya Moms tidak dilarang mengkonsumsi makanan pedas, namun sebaiknya hindari makanan dengan level sangat pedas. Saat  terlalu sering konsumsi makanan pedas dikhawatirkan Moms bisa terkena diare. 

Apalagi bagi Moms dengan kondisi morning sickness, tentu rasa mual, muntah, dan sakit perut.  Tentu akan tambah parah kondisinya saat mengalami diare.

3. Makanan Laut yang Mengandung Merkuri

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil 1 bulan adalah konsumsi makanan laut dengan kandungan merkuri tinggi. Beberapa makanan tersebut adalah kerang mentah, ikan kembung, ikan todak, sushi mentah, dan juga sashimi.  Apalagi untuk makanan laut mentah, ini akan mengakibatkan janin dalam rahim bisa mempengaruhi pertumbuhan anak. 

Belum lagi, pada kondisi tertentu adalah bisa mengakibatkan kerusakan pada otak. Jadi Moms sebaiknya hindari konsumsi makanan laut dengan merkuri tinggi dan olahan ikan mentah saat hamil.

BACA JUGA: Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda Agar Janin Tumbuh Sehat

4. Keju

Tidak semua jenis keju yang dilarang untuk ibu hamil trimester pertama. Ada beberapa keju lunak seperti keju brie, chevre, camembert, gorgonzola, atau keju biru Denmark. Beberapa jenis keju tersebut dibuat dengan jamur listeria. 

Infeksi listeria umumnya cukup jarang terjadi. Namun untuk kewaspadaan sebaiknya Moms menghindari makanan tersebut untuk dikonsumsi. Listeria yang menginfeksi janin bisa menyebabkan Moms mengalami keguguran. 

5. Kafein 

Minuman yang dilarang untuk ibu hamil  adalah minuman mengandung kafein. Kafein yang dikonsumsi secara berlebihan oleh ibu hamil bisa meningkatkan keguguran dua kali lipat. Moms masih bisa mengkonsumsi minuman dengan kandungan kafein tapi tidak lebih 300 mg sehari. 

Konsumsi kafein yang terlalu banyak juga bisa mengakibatkan ibu mulas dan mengalami insomnia.

6. Makanan yang Mengandung Vitamin A

Makanan yang mengandung vitamin A tentu sangat dibutuhkan oleh tubuh begitu pula pada kondisi ibu hamil. Namun, disarankan untuk tidak dikonsumsi secara berlebihan apalagi ibu yang hamil pada tahap trimester pertama. 

Beberapa contoh makanan dengan vitamin A adalah cabai merah, bayam, mangga, tomat, wortel, dan jenis umbi. Mengkonsumsi makanan mengandung vitamin A secara berlebih bisa menyebabkan resiko cacar pada bayi.

Demikian beberapa makanan yang dilarang untuk ibu hamil trimester pertama. Dikhawatirkan jenis-jenis makanan tersebut memiliki kandungan yang berbahaya tak hanya untuk janin tapi berpengaruh pada calon ibu. Selalu hati-hati dalam memilih makanan Moms!

Leave a Comment

%d bloggers like this: