Bagi ibu yang sedang hamil muda, apalagi usia kandungannya baru 1 bulan, menjaga kesehatan kehamilan wajib dilakukan. Di usia kandungan itu adalah fase yang sangat rentan. Moms sedang menyesuaikan diri dengan kondisi kehamilannya. Untuk itu, Moms mesti memperhatikan betul makanan yang dilarang untuk ibu hamil 1 bulan.

Makanan yang dikonsumsi berpengaruh terhadap ibu dan juga  bayi dalam kandungan. Tentu, Moms harus tahu makanan yang dilarang untuk ibu hamil 1 bulan itu termasuk apa saja. 

BACA JUGA: Moms, Makanan untuk Ibu Hamil Muda yang Baik dan Sehat

Nanas

Buat Moms yang usia kandungannya baru 1 bulan wajib hukumnya tidak makan buah nanas. Kenapa? Karena buah ini mengandung bromelain – enzim yang bisa melunakkan dinding rahim dan bisa memicu gangguan kehamilan. Buah nanas juga dapat menyebabkan keguguran pada hamil muda atau kelahiran prematur.

Ikan 

Meski disarankan untuk mengonsumsi ikan laut selama masa kehamilan karena ikan laut mengandung banyak nutrisi. Namun, buat Moms yang sedang memiliki kandungan 1 bulan tidak boleh sembarangan makan ikan laut. 

Ada jenis ikan laut yang mengandung merkuri dan itu sangat berbahaya karena bisa memicu gangguan pertumbuhan otak dan motorik pada janin. Beberapa jenis ikan yang mengandung merkuri, antara lain ikan hiu, ikan marlin, ikan tenggiri, dan ikan pari. 

Anggur

Makanan yang Dilarang Untuk Ibu Hamil 1 Bulan
Makanan yang Dilarang Untuk Ibu Hamil 1 Bulan

Untuk ibu yang sedang hamil 1 bulan sebaiknya tidak makan buah anggur. Menurut pakar kesehatan, anggur menjadi pantangan makanan ibu hamil 1 bulan, karena bisa membuat kandungan memiliki suhu yang cenderung panas.

Buat Moms jangan makan anggur ya, soalnya buah anggur memiliki sifat panas. Takutnya, tubuh Moms maupun janin yang dikandungnya ikut terpengaruh sifat panas anggur ini. Jadi, untuk amannya, sebaiknya tidak mengkonsumsi buah anggur terlebih dahulu.

Makanan Mentah

Makanan mentah atau setengah matang sebaiknya juga Moms hindari saat usia kandungan baru memasuki 1 bulan. Makanan mentah, khususnya dari sumber makanan hewani, seperti telur, sangat tidak aman dengan bakteri, kuman, dan virus, yang bisa memicu terjadinya gangguan kehamilan.

Makin tidak aman dikonsumsi dalam keadaan mentah atau setengah matang jika makanan tersebut sudah disimpan dalam waktu yang lama. Meskipun kondisinya masih baik (belum basi), namun makanan tersebut kemungkinan besar sudah terkontaminasi bakteri dan virus berbahaya buat ibu hamil.

BACA JUGA: Biar Janin Sehat, Berikut Makanan untuk Ibu Hamil Muda

Sushi 

Siapa yang tidak kenal Sushi, makanan khas Jepang yang sangat terkenal dan mudah didapatkan di berbagai tempat. Untuk Moms yang hobi makan sushi, tapi jika sekarang sedang mengandung 1 bulan, sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan mentah itu. 

Sushi berisiko tinggi mengandung bakteri seperti salmonella dan toxoplasma yang bisa berbahaya bagi ibu hamil, apalagi usia kandungannya baru 1 bulan. Namun, jika Moms lagi “ngidam” sushi, maka perlu dipastikan bahwa sushi yang ingin dikonsumsi higienis dan berkualitas.  

Nangka

Nangka termasuk buah yang dilarang dikonsumsi ibu hamil usia 1 bulan. Buah ini bisa menimbulkan gas yang berpotensi menyebabkan lambung Moms menjadi tidak nyaman. Untuk ibu hamil muda, apalagi sedang mengalami morning sickness, sebaiknya hindari makan buah nangka.

Durian

Bolehkah ibu hamil makan durian? Satu lagi buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil adalah durian. Salah satu buah tropis ini mengandung asam arachidonat dan alkohol yang terbentuk secara alami, yang bisa menyebabkan gangguan kehamilan. Kandungan yang ada pada durian bisa memicu keguguran dan menyebabkan penurunan berat badan rendah. 

Demi si buah hati yang masih dalam kandungan, sebaiknya Moms menghindari makanan yang dilarang untuk ibu hamil 1 bulan, seperti tersebut diatas. Kalaupun memaksakan ingin tetap mengonsumsinya, sebaiknya dalam batas yang wajar atau berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Semangat terus ya Moms.

Leave a Comment

%d bloggers like this: