Ada banyak makanan yang baik untuk ibu hamil pada trimester pertama. Tapi, mencari daftar yang pas pastinya memang susah-susah gampang. Pasalnya, pada trimester pertama kebanyakan Moms akan mengalami muntah dan mual. Proses yang disebut ngidam ini terkadang justru menurunkan nafsu makan Moms semua. Benar, kan?

Padahal, lazim diketahui bahwa trimester pertama termasuk fase penting kehamilan. Di trimester ini, janin yang Moms kandung mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang signifikan. Ditambah lagi, pada trimester inilah pembentukan organ pada janin terjadi. Moms yakin mau asal-asalan makan?

Untuk itu, berikut dibuat daftar makanan yang baik untuk ibu hamil trimester pertama.

BACA JUGA: Trimester Pertama Kehamilan, Periode Penting dalam Siklus Hamil

Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Ini merupakan makanan pokok yang wajib untuk Moms konsumsi. Karbohidrat merupakan salah satu unsur penting dalam pembentukan organ pada janin yang dikandung, loh, Moms. Selain itu, Moms tentu membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi bagi aktivitas sehari-hari. 

Jika Moms tipe wanita hamil yang mual setiap melihat nasi, Moms bisa mengakali dengan mengonsumsi sumber karbohidrat lain. Misalnya kentang, singkong, pisang, ataupun roti. 

Sayuran Hijau

Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil Trimester Pertama
Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Moms yang mengalami kehamilan di trimester awal, pasti mengalami fase sembelit. Untuk mengatasi hal ini, Moms bisa memperbanyak konsumsi sayuran hijau. Beberapa sayur yang direkomendasikan untuk ibu hamil adalah kubis, brokoli, bayam, dan lain sebagainya.

Yang perlu Moms tahu, ada manfaat lain dari sayuran hijau, loh. Nah, sayur hijau ini bisa banget, loh, mencegah risiko bayi lahir dengan berat badan rendah. Lagipula, sayuran mengandung banyak sekali vitamin yang berpengaruh pada kesehatan Moms dan si buah hati. Oleh karena itu sayur hijau termasuk ke dalam makanan sehat ibu hamil trimester pertama.

BACA JUGA: 5 Makanan yang Bagus untuk Ibu Hamil, Konsumsi Sekarang Juga Moms!

Buah-buahan

Daftar menu untuk ibu hamil selanjutnya adalah buah. Nah, kalau yang ini Moms pasti senang memakannya. Buah memang merupakan makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil. Kesegaran buah dapat menular kepada kesegaran dari Moms yang sedang hamil muda, loh.

Selain itu, buah mengandung banyak sekali vitamin. Vitamin ini baik untuk memelihara kesehatan pencernaan Moms yang terganggu oleh proses kehamilan. Jenis buah yang direkomendasikan untuk ibu hamil di trimester pertama adalah kiwi, mangga, pepaya, jeruk, alpukat, dan melon.

Ikan, Telur, dan Daging

Makanan untuk ibu hamil muda selanjutnya adalah bagian protein. Sumber protein yang baik untuk Moms adalah ikan, telur, dan daging. Moms perlu mengonsumsi ikan lebih banyak, loh. Ini karena ikan mengandung omega 3 yang baik untuk janin.

Selain itu, konsumsi protein dapat mencegah Moms terkena anemia. Protein juga dapat mencegah bayi yang lahir dengan berat badan rendah. Bahkan juga mampu mencegah kelahiran yang prematur. Banyak sekali, ya, manfaatnya? Ayo, perbanyak makan protein, Moms!

Susu dan Produk yang Mengandung Susu

Susu banyak mengandung kalsium yang cocok untuk Moms konsumsi di trimester pertama. Susu berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang Moms yang pasti bekerja lebih keras. Juga untuk pertumbuhan janin yang ada di dalam perut Moms.

Untuk konsumsi buah-buahan, Moms harus mengonsumsi 5 buah dengan warna yang berbeda, ya. Ini berlaku setiap hari. Jangan lupa juga untuk mencuci semua buah itu sebelum dimakan. Sedangkan untuk ikan, disarankan untuk mengonsumsi ikan dengan kandungan merkuri yang sedikit. Beberapa ikan yang direkomendasikan adalah lele, mujair, salmon, mas, dan kembung.

Nah, itulah daftar makanan yang baik untuk ibu hamil trimester pertama yang perlu Moms ketahui. Jika Moms tidak memiliki selera makan, tetaplah paksakan untuk makan. Demi kesehatan Moms dan si Buah Hati juga, kan?

Leave a Comment

%d bloggers like this: