Seorang Ibu yang baru saja hamil pasti akan mencari makanan yang baik untuk ibu hamil muda. Hal itu dilakukan semata-mata agar janin dalam kandungan bisa tumbuh sehat. 

Bagaimana dengan Moms? Pastinya akan berpikir sama. Jika tidak mendapat asupan makanan yang baik dan bergizi, akan berisiko tidak baik bagi si buah hati dalam kandungan.  Berikut ada beberapa jenis makanan sehat untuk ibu hamil muda.

Susu 

Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda
Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda

Susu adalah makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil muda. Kandungan vitamin dan mineral dalam susu bisa membantu pertumbuhan jaringan pada janin serta membentuk otot janin. 

Demikian juga makanan dari bahan susu baik dikonsumsi ibu hamil di usia muda, karena dapat memenuhi kebutuhan gizi janin. Susu olahan juga mengandung kalsium, vitamin D, dan protein, yang dibutuhkan bagi pertumbuhan janin.

Gandum

Untuk melengkapi asupan karbohidrat, Moms bisa mengkonsumsi gandum. Gandum adalah sumber makanan bernutrisi untuk ibu hamil yang memiliki kandungan serat, vitamin E, dan selenium. Makanan ini sangat bagus dan berfungsi mengembangkan janin dalam perut.

Selain itu, gandum juga dapat mengurangi risiko kegemukan dan diabetes. Manfaat lain, kandungan serat pada gandum dapat membantu proses pencernaan. 

BACA JUGA: 5 Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil! Bikin Janin dan Ibu jadi Lebih Sehat

Telur dan Daging

Telur adalah bahan makanan serba guna. Hampir semua makanan olahan menggunakan telur, baik sebagai bahan utama ataupun sekadar pelengkap. Telur adalah makanan bergizi untuk ibu hamil muda yang mengandung zat kolin. Fungsinya, bisa membantu mengurangi cacat saraf pada bayi.

Selain telur, daging unggas seperti ayam dan bebek juga cocok dikonsumsi ibu hamil muda. Seperti telur, daging unggas juga dapat meningkatkan asupan gizi yang dibutuhkan ibu hamil untuk membantu perkembangan janin. 

Ikan Salmon

Ikan adalah makanan yang dibutuhkan bagi ibu hamil muda. Ikan mengandung protein dan asam lemak omega 3 yang dapat membantu membentuk otak janin dalam kandungan. Selain itu, ikan salmon juga mengandung vitamin D yang baik janin. 

Namun, ibu hamil muda agar tidak sembarangan makan ikan. Karena, tidak sedikit ikan yang sudah tercemar dan berbahaya bagi janin. Sebut saja, ikan hiu, king makarel, dan ikan kodak mengandung merkuri tinggi. 

Daging Sapi & Kambing

Daging juga termasuk makanan sehat untuk ibu hamil muda karena mengandung protein bagi tumbuh-kembangnya janin. Daging – sapi dan kambing – juga mengandung zat besi yang bisa mengatasi penyakit anemia. 

Mengkonsumsi daging juga berfungsi menjaga kekebalan tubuh. Namun, Moms mesti memilih daging segar dan bermutu untuk dikonsumsi. Hindari daging tetelan/jeroan karena mengandung kolesterol tinggi.

BACA JUGA: Ini Cemilan Sehat Ibu Hamil Bagi Perut Keroncongan!

Sayur-Sayuran

Sayur-sayuran berfungsi memenuhi nutrisi janin dalam tubuh. Ada banyak jenis sayur yang bisa dikonsumsi ibu hamil, seperti tomat, wortel, jagung, terong, bayam dan kangkung. 

Sayuran hijau mengandung vitamin C, vitamin A, kalsium, zat besi, dan antioksidan. Manfaatnya sangat besar bagi ibu hamil muda, antara lain dapat memperbaiki pencernaan dan sistem kekebalan tubuh.

Buah-Buahan

Buah-buahan adalah makanan yang baik dikonsumsi ibu hamil. Makanlah buah yang mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan dan berfungsi meningkatkan pertumbuhan bayi. Jeruk juga baik untuk ibu hamil muda, karena berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh. 

Itulah beberapa beberapa jenis makanan yang baik untuk ibu hamil muda. Awal kehamilan adalah masa-masa kritis yang harus mendapat perhatian serius, termasuk dalam hal memilih makanan. Karena, pada awal kehamilan dimulailah proses pertumbuhan janin dan pembentukan organ. Jadi, mesti selektif memilih makanan, ya Moms.

Leave a Comment

%d bloggers like this: