Pada trimester pertama, Moms tentu membutuhkan makanan-makanan yang memiliki kandungan nutrisi tinggi. Hal ini disebabkan lantaran janin sedang mengalami pertumbuhan yang cukup pesat pada fase ini. Untuk menunjang kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh, sebaiknya Moms mengonsumsi makanan yang baik untuk ibu hamil muda.

Selain mendukung tumbuh kembang janin, makanan yang bernutrisi juga baik untuk kesehatan ibu hamil. Umumnya, makanan-makanan ini memiliki kandungan protein, karbohidrat, serat, vitamin, mineral, dan juga lemak sehat. Kira-kira apa saja makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu hamil muda?

BACA JUGA: Rekomendasi Makanan untuk Ibu Hamil Muda yang Kaya Akan Nutrisi

Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil Muda

Makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu hamil muda adalah makanan yang mengandung kadar nutrisi tinggi. Dengan mengonsumsi makanan ini, Moms dapat terhindar dari masalah janin kurang gizi. Untuk memperoleh kadar nutrisi tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh, sebaiknya Moms mengonsumsi beberapa makanan berikut.

Sayuran hijau

Ada beberapa jenis sayuran untuk ibu hamil muda yang baik untuk dikonsumsi. Sayuran tersebut di antaranya adalah sawi, kubis, kale, bayam, dan brokoli. Mengapa sayuran ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil muda? Sebab, sayuran-sayuran ini kaya akan kandungan nutrisi.

Ada zat besi, kalium, folat, kalsium, vitamin K, vitamin C, serat, dan antioksidan. Kadar nutrisi yang tinggi ini dapat membantu menurunkan resiko lahirnya bayi dengan berat badan yang rendah.

Susu

Makanan yang baik untuk ibu hamil muda
Makanan yang baik untuk ibu hamil muda

Susu dan beberapa jenis produk olahannya juga sangat disarankan untuk dikonsumsi ibu yang sedang hamil muda. Produk olahan susu itu apa saja? Produk olahan susu yang sering kita temui seperti misalnya keju dan yoghurt. Susu beserta produk-produk ini memiliki kandungan protein dan juga kalsium yang tinggi.

Kandungan protein dan kalsium yang tinggi ini sangat dibutuhkan oleh janin untuk membantu pertumbuhannya. Kadar kalsium dan protein yang tinggi juga dapat menjaga kesehatan tulang ibu hamil. Susu dan beberapa produk olahannya juga diperkaya dengan kandungan fosfor, magnesium, zinc, dan vitamin B yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Buah-buahan

Moms juga disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan karena mengandung banyak serat, vitamin, dan mineral. Kandungan nutrisi yang ada pada buah-buahan ini dapat mencegah terjadinya konstipasi dan juga menjaga kesehatan organ pencernaan. Jenis buah yang bagus untuk ibu hamil 2 bulan ini seperti misalnya mangga, pepaya, jeruk, melon, dan masih banyak lagi.

Mengingat nutrisi yang ada pada buah-buahan ini sangat berguna, sebaiknya Moms mengonsumsi lima jenis buah yang berbeda warna setiap harinya. Tapi ingat, Moms, selalu cuci buah-buahan hingga bersih sebelum mengolah atau memakannya. Selain itu, sebisa mungkin jangan tambahkan gula agar kadar gula darah tidak meningkat.

BACA JUGA: Menu Makanan Ibu Hamil Muda Paling Enak dan Sehat yang Bisa Moms Coba

Kacang-kacangan

Selain sayuran hijau, Moms juga disarankan untuk mengonsumsi kacang-kacangan. Kandungan folat yang ada pada kacang-kacangan ini sangat berguna untuk mencegah terjadinya bayi lahir dengan bobot rendah dan juga cacat tabung saraf. Adapun jenis kacang-kacangan yang dapat Moms konsumsi adalah kacang panjang, kedelai, kacang polong, lentil, dan kacang tanah.

Ikan, daging, dan telur

ikan, daging, dan telur juga menjadi lauk pauk yang sehat untuk ibu hamil. Kadar asam lemak omega 3 dan protein yang ada pada makanan ini dapat membantu perkembangan sistem saraf dan otak janin. Selain itu, makanan-makanan ini juga memiliki kandungan vitamin B dan zat besi yang dapat mencegah terjadinya anemia dan bayi lahir prematur.

Kandungan nutrisi pada masa awal kehamilan memang harus benar-benar diperhatikan dengan baik. Sebaiknya Moms mengonsumsi beberapa makanan yang baik untuk ibu hamil muda. Makanan-makanan tersebut di antaranya seperti sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, dan lain sebagainya.

Leave a Comment

%d bloggers like this: