Kehamilan adalah sebuah kejutan yang menggembirakan ya Moms. Nah, jagalah berkah ini dengan mengonsumsi makanan yang bagus untuk ibu hamil. Jenis panganan seperti apa yang sesuai buat ibu hamil? Mengapa makanan-makanan ini direkomendasikan sekali? Mari lihat lebih jelas daftar makanan untuk ibu hamil.

BACA JUGA: Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda Agar Janin Tumbuh Sehat

Kacang Hijau

Kacang hijau merupakan makanan yang paling direkomendasikan buat ibu yang sedang hamil. Ada banyak lho kebaikan kacang hijau buat janin.   

Kacang hijau mengandung asam folat. Asam folat berfungsi buat memperkuat janin. Asam folat juga membantu buat pembentukan sel-sel tubuh bagi janin. Konsumsi kacang hijau dalam bentuk yang Moms sukai ya. Misalnya, es kacang hijau, sup kacang hijau, bakpia kacang hijau, dan sebagainya.

Daging Merah

Makanan yang Bagus untuk Ibu Hamil
Makanan yang Bagus untuk Ibu Hamil

Ibu hamil sangat membutuhkan protein. Protein bermanfaat untuk memperkuat janin dan membuat pertumbuhan ototnya jadi maksimal.

Daging merah adalah daging-dagingan yang terdapat pada daging sapi, daging domba, dan sebagainya. Pastikan daging sudah dimasak matang. Moms suka dengan daging rare alias sedikit mentah? Hindari dulu ya saat hamil. Karena daging semacam ini belum benar-benar bersih dari bakteri.

Bakteri bisa menimbulkan komplikasi pada janin dan tubuh ibu. Jadi, ketika hamil dan menyusui, sebaiknya tunda dulu ya kesukaan Moms ini.

Susu

Bukan rahasia lagi, produk ini memang menu makanan sehat untuk ibu hamil. Maklum, ibu hamil memang butuh tenaga lebih dan tulang yang kuat.

Dengan rajin mengonsumsi susu, maka tulang akan kuat. Tidak mudah rapuh walaupun janin berat. Selain itu, susu juga bisa mengoptimalkan pertumbuhan tulang janin, Moms. Tulang buah hati pun akan lebih kuat.

Pertumbuhan otak pun akan cepat berkat susu. Sudah jelas, produk satu ini masuk dalam makanan ibu hamil muda agar anak cerdas. Kalau Moms kurang suka dengan rasa susu, Moms bisa coba produk turunannya. Misalnya, yoghurt, keju, dan sebagainya.

Atau, Moma juga bisa mengonsumsi susu dari sumber lain. Misalnya, susu kacang kedelai yang punya manfaat banyak dan cocok buat penderita alergi laktosa.

BACA JUGA: Ini Aturan Minum Susu Ibu Hamil 4 Minggu yang Benar Moms

Sayur-sayuran Hijau

Moms, sayuran adalah menu wajib buat ibu hamil. Pasalnya, sayuran ini memberikan Moms berbagai vitamin sehat dan zat besi.

Apa manfaat zat besi? Inilah zat yang merupakan hal penting buat pembentukan darah. Ibu hamil rentan terkena darah rendah dan preeklamsia. Ibu hamil juga mudah lelah. Maka dari itu, asupan zat besi ini krusial sekali.

Moms bisa mengonsunsi sayuran hijau dalam bentuk apa saja. Salad, sop, tergantung kesukaan Moms. Namun, jangan lupa ya Moms. Pastikan sayuran sudah dicuci bersih. Jangan sampai ada ulat atau kotoran yang tersisa di sayuran tersebut. Apa alasannya? Kotoran dan hewan kecil bisa membahayakan janin.

Oatmeal

Inilah makanan yang ideal dan bersahabat bagi ibu hamil. Karbohidrat dalam oatmeal memberikan tenaga. Namun, kalorinya tidak sebesar nasi.

Jika Moms merasa mual konsumsi nasi saat hamil, maka oatmeal ini adalah pilihan yang bijak. Oatmeal punya rasa ringan.  Serat tinggi pada oatmeal membantu membereskan masalah sembelit. Sembelit sendiri merupakan problema yang sering kali ditemui ibu hamil.

Sembelit ini membuat ibu hamil mual dan beban di perut bertambah berat. Jadi, selain buah dan sayuran, konsumsi oatmeal juga ya untuk melancarkan pencernaan. Itulah Moms sederet makanan yang bagus untuk ibu hamil, terutama hamil muda. Tidak sulit lho Moms menjadikannya sajian rutin.

Jika Moms bekerja, maka jadikan makanan yang bagus untuk ibu hamil itu sebagai bekal. Beraktivitas boleh, jaga kesehatan diri dan janin tidak boleh lupa, ya.

Leave a Comment

%d bloggers like this: