Salah satu penyakit yang sering diderita adalah tipes atau demam tifoid, penyakit ini disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi. Bakteri ini biasanya menyebar di berbagai makanan dan minuman, saat seseorang mengkonsumsi makanan terkontaminasi ini maka tipes bisa terjadi. Saat Moms mengalami tipes, Moms harus mengonsumsi makanan sehat untuk penderita tipes.

Seperti penyakit pada umumnya, para penderita tipes juga disarankan untuk mengonsumsi berbagai makanan khusus agar cepat pulih. Berbagai resep makanan penderita tipes bisa Moms buat jika si kecil menderita tipes. Namun disamping itu, Moms juga harus membawa si kecil berobat sehingga proses penyembuhan bisa lebih cepat. Penderita tipes di Indonesia juga cukup tinggi loh Moms, menyentuh angka 100 ribu setiap tahunnya.

BACA JUGA: Kenali Penyakit Tipes dan Cara Pencegahannya Sebelum Terlambat!

Lekas Sembuh dengan Mengonsumsi Makanan Sehat untuk Penderita Tipes

Seseorang dapat terkena tipes karena makanan yang terkontaminasi, sebab itu saat menderita tipes Moms harus memperhatikan makanan. Hindari mengkonsumsi segala pantangan makanan penderita tipes agar lekas sembuh dan bisa beraktifitas kembali. Berikut ini adalah rekomendasi berbagai makanan sehat yang bisa dikonsumsi untuk mengembalikan keadaan fisik yang sehat. 

  • Bubur

Ternyata terdapat berbagai makanan pemicu tipes yang bisa saja dikonsumsi sehingga menimbulkan penyakit ini. Saat sudah terkena tipes, lebih baik penderita mengonsumsi berbagai makanan sehat. Salah satu makanan yang bisa dikonsumsi adalah bubur, penderita tipes memiliki pencernaan yang melemah. Untuk mengatasi hal ini, mengonsumsi bubur adalah salah satu langkah tepat yang tidak mempersulit kinerja sistem pencernaan. 

  • Kentang Tumbuk
makanan sehat untuk penderita tipes
makanan sehat untuk penderita tipes

Saat sakit, seseorang membutuhkan gizi yang lebih baik lagi sehingga kondisi kesehatan cepat membaik. Salah satu makanan yang baik dikonsumsi penderita tipes adalah kentang tumbuh. Mengandung karbohidrat yang tinggi, kentang tumbuk memiliki tekstur yang lembut. Karena tekstur yang lembut, makanan ini bisa dicerna dengan lebih mudah oleh sistem pencernaan. 

  • Telur

Resep menu makanan penderita tipes yang mudah untuk dibuat adalah telur, telur memiliki protein yang tinggi yang baik untuk penderita tipes. Kandungan lainnya dalam telur seperti asam lemak amino, zat besi dan kalsium mampu mempercepat proses penyembuhan penyakit tipes. Telur rebus yang tidak ditambahkan apapun adalah menu telur terbaik yang bisa dikonsumsi oleh penderita tipes. 

  • Alpukat

Alpukat adalah buah yang sering dikonsumsi saat seseorang mengalami sakit, termasuk tipes. Hal ini karena alpukat memiliki banyak kandungan vitamin dan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Mengonsumsi alpukat ternyata dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit tipes, tentu Moms tidak ingin terlalu lama menderita penyakit ini. Pilihan untuk mengonsumsi alpukat pun bebas sesuai dengan keinginan, bisa langsung dimakan ataupun dibuat jus. 

  • Puding

Pilihan cemilan untuk penderita tipes yang bisa dikonsumsi adalah puding karena memiliki tekstur yang lembut dan mudah dicerna oleh pencernaan. Selain itu, puding mengandung glukosa yang baik untuk tubuh dan menghasilkan energi. Alangkah baiknya mengkonsumsi puding buah buahan yang selain memiliki rasa yang lezat juga mengandung kandungan nutrisi yang tinggi. Menambahkan fla juga bisa dilakukan sehingga menggugah selera. 

Bagaimana, kini Moms sudah tahu makanan sehat untuk penderita tipes yang bisa dikonsumsi saat menderita tipes. Moms harus memperhatikan setiap makanan yang dikonsumsi oleh keluarga, sehingga semua anggota keluarga bisa selalu sehat dan aktif. Jangan sampai, karena mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri anggota keluarga menjadi terkena tipes dan tidak bisa beraktifitas seperti biasa.

Leave a Comment

%d bloggers like this: