Ginjal menjadi salah satu organ yang harus benar-benar dijaga ya, Moms. Sebab, jika ginjal sudah mengalami kerusakan, sistem metabolisme tubuh akan terganggu. Nah, jika ginjal sudah terlanjur kurang berfungsi dengan baik, ada beberapa jenis makanan sehat untuk penderita ginjal yang dapat dikonsumsi.

Ginjal sendiri mempunyai peranan yang penting untuk kesehatan. Ginjal akan menyaring sisa-sisa metabolisme tubuh, kemudian mengeluarkannya melalui urine. Dengan mengonsumsi makanan-makanan yang baik untuk ginjal tentu berguna untuk menjaga agar ginjal tetap dapat berfungsi secara optimal.

BACA JUGA: Kenali 6 Gejala Infeksi Ginjal Sebelum Terkena Gagal Ginjal Ya Moms!

Makanan Sehat untuk Penderita Ginjal

Salah satu langkah penting yang dapat Moms lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal adalah dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Sebisa mungkin konsumsilah makanan yang mengandung garam, fosfor, kalium, dan kolesterol yang rendah. Berikut adalah beberapa makanan yang boleh dimakan penderita gagal ginjal.

Apel

Salah satu makanan yang boleh untuk penyakit ginjal adalah apel. Apel memiliki kandungan serat yang mampu membuat kadar glukosa darah dan kolesterol turun. Selain itu, apel juga memiliki kandungan kalium yang baik untuk kesehatan ginjal.

Untuk dapat memperoleh khasiat apel, Moms disarankan untuk mengkonsumsinya secara langsung bersama dengan kulitnya. Tapi ingat, cuci terlebih dahulu hingga bersih sebelum memakannya ya, Moms. Jika Moms ingin mengkombinasikan dengan buah-buahan lain, pilihlah buah-buahan yang juga memiliki kadar kalium rendah, seperti strawberry, anggur, blueberry, dan nanas.

Sayuran rendah kalium

makanan sehat untuk penderita ginjal
makanan sehat untuk penderita ginjal

Seseorang yang menderita penyakit ginjal, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kadar kalium rendah. Padahal, kalium banyak ditemukan dalam sayuran hijau. Apakah itu berarti seseorang yang menderita penyakit ginjal tidak diperbolehkan mengonsumsi sayur? Tentu saja boleh.

Akan tetapi, pilihlah jenis sayur yang memiliki kadar kalium yang rendah. Sayur dengan kadar kalium rendah ini dapat Moms temui pada kubis, kembang kol, lobak, terong, dan timun.

BACA JUGA: Inilah Makanan Sehat untuk Penderita Ginjal

Ikan

Nah, kira-kira, lauk pauk untuk penderita gagal ginjal yang baik itu apa, ya? Jawabannya adalah ikan dengan kadar omega 3 dan asam lemak yang tinggi. Ikan dengan kandungan seperti ini sangat baik untuk kesehatan jantung. Ikan-ikan seperti ini dapat Moms temui pada ikan sarden, ikan kakap, tuna, dan salmon.

Lalu, bagaimana jika tidak menyukai ikan? Jika tidak menyukai ikan, Moms dapat menggantinya dengan minyak atau kacang-kacangan yang juga kaya akan kandungan omega 3 dan asam lemak.

Buah ceri

Siapa yang menyangka jika buah ceri ternyata juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan ginjal. Buah ceri sendiri diperkaya dengan kandungan vitamin K, vitamin C, vitamin B6, folat, sitrat, dan magnesium. Kadar sitrat yang ada pada buah ini akan sebanding dengan rasa asam yang dimilikinya.

Nah, kandungan sitrat ini dapat mengurangi asam urat yang ada pada aliran darah. Dengan begitu, ginjal akan lebih mudah dalam mengendalikan kadar keasaman dalam tubuh. Buah ceri juga memiliki kandungan kalium dengan kadar yang rendah. Kandungan kalium yang rendah juga baik untuk menjaga kesehatan ginjal.

BACA JUGA: Kenali Gejala Penyakit Ginjal yang Sebenarnya

Putih telur

Resep untuk penderita penderita penyakit ginjal selanjutnya adalah putih telur. Putih telur ini memiliki kandungan fosfor rendah. Kandungan fosfor yang rendah ini tentu baik untuk kesehatan ginjal. Namun, saat mengonsumsi telur, jangan makan banyak-banyak bagian kuning telurnya, ya. Sebab, bagian yang satu ini memiliki kandungan fosfor dalam jumlah yang banyak.

Kesehatan ginjal menjadi salah satu hal yang penting untuk kita perhatikan. Sebab, jika ginjal sudah rusak, sistem metabolisme tubuh pasti akan terganggu. Nah, untuk menjaga kesehatan ginjal, Moms dapat mengkonsumsi beberapa makanan sehat untuk penderita ginjal. Bagaimana? Sudah siap untuk lebih memperhatikan kesehatan ginjal, Moms?

Leave a Comment

%d bloggers like this: