Diabetes menjadi salah satu penyakit berbahaya yang sekarang ini mudah menyerang semua usia. Moms yang usianya muda juga bisa mengidap penyakit kelebihan gula ini. Salah satu penyebabnya adalah makanan yang dikonsumsi. Jika gula darah Moms sudah tinggi, Moms wajib mengonsumsi makanan sehat untuk penderita diabetes.

Menu makanan sehari-hari penderita diabetes wajib untuk dijaga dan dipantau kandungan gizinya. Hal ini dilakukan agar kadar gula darah tidak naik. Berikut ini makanan sehat yang bagus untuk Moms yang menderita diabetes.

BACA JUGA: Inilah Gejala Diabetes Melitus Tipe 2

1. Gandum

Gandum merupakan jenis biji-bijian yang sangat bagus untuk para penderita diabetes. Jenis gandum terbaik yang bagus untuk mengatasi diabetes adalah gandum utuh. Kandungan glikemik yang ada pada gandum utuh sangat rendah tapi tinggi serat.

Serat yang tinggi dan glikemik yang rendah sangat bagus untuk memperlambat glukosa diserap oleh darah. Gandum yang sangat bagus untuk diabetes adalah gandum soba, beras hitam, beras merah, dan barley.

2. Jagung

Menu harian untuk penderita diabetes yang sangat disarankan adalah jagung. Moms perlu tahu bahwa jagung mengandung serat pati yang sangat mudah untuk diserap oleh tubuh. Sebuah penelitian menyatakan bahwa orang yang mengonsumsi rutin jagung kadar gula yang ada di dalam darahnya bisa turun.

Untuk penderita diabetes jagung sebaiknya diolah dengan cara direbus dan dimakan langsung. Jika Moms ingin membuat nasi jagung sebaiknya gunakan beras merah.

3. Sayuran Hijau

makanan sehat untuk penderita diabetes
makanan sehat untuk penderita diabetes

Sayur dan buah untuk penderita diabetes adalah sayuran berwarna hijau. Di dalam sayuran hijau mengandung antioksidan yang tinggi dan rendah kalori. Kandungan inilah yang dapat membantu menurunkan kadar gula di dalam darah.

Jenis sayuran terbaik untuk Moms yang menderita diabetes diantaranya bayam, kubis, sawi, brokoli, dan pakcoy. Moms bisa mengonsumsinya setiap hari dengan variasi yang berbeda-beda setiap harinya agar tidak bosan.

BACA JUGA: Mengejutkan! Ini Manfaat Bawang Dayak Untuk Diabetes dan Kesehatan

4. Ubi Jalar

Camilan untuk penderita diabetes yang sangat bagus adalah ubi jalar. Serat yang ada di dalam ubi jalar sangat tinggi sehingga bagus untuk mengontrol glukosa dalam darah. Ubi jalar juga mengandung vitamin C dan A yang baik bagi kesehatan. Rasa manis dari ubi jalar tetap aman dikonsumsi oleh penderita diabetes karena termasuk dalam glukosa alami.

Moms bisa memasak ubi jalar ini dengan cara dikukus ataupun dipanggang. Sebenarnya Moms bisa membuat kolak ubi jalar, namun pastikan jika gula yang digunakan adalah gula jagung. Hindari menggunakan gula pasir ataupun gula merah.

5. Ikan Laut Dalam

Sumber protein hewani yang sangat bagus untuk penderita diabetes adalah ikan dari laut dalam. Jenis ikan yang bagus untuk Moms yang menderita diabetes adalah ikan salmon, mackerel, tuna, herring, trout, dan sarden. Lemak yang ada di dalam ikan ini justru sangat bagus untuk penderita diabetes.

Moms bisa mengolahnya menjadi sup yang dicampur dengan sayuran hijau. Tentu saja perpaduan menu ini sangat bagus untuk mengontrol kadar gula yang ada di dalam darah.

6. Yoghurt

Salah satu pantangan makanan untuk penderita diabetes adalah susu dan yoghurt. Moms perlu tahu bahwa yoghurt justru bagus untuk penderita diabetes. Jenis yoghurt yang cocok untuk penderita diabetes adalah yoghurt tawar. Mengonsumsi yoghurt dapat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh dan mengontrol glukosa darah.

Yoghurt yang menjadi pantangan penderita diabetes adalah yoghurt dengan tambahan rasa buah. Moms bisa membeli yoghurt pelain jika kadar gula dalam darah mulai naik. Jika ingin menambahkan rasa, Moms bisa menambahkan buah segar pada yoghurt.

Untuk mencegah diabetes, Moms harus menjaga pola makan dan menghindari makanan yang tinggi gula. Biasakan untuk mengonsumsi makanan sehat setiap harinya tanpa tambahan gula. Moms juga bisa mengonsumsi makanan sehat untuk penderita diabetes ini setiap hari. Tidak hanya cocok untuk penderita diabetes, makanan ini bagus untuk mengontrol kadar gula di dalam darah.

Leave a Comment

%d bloggers like this: