Perut terasa perih dan mual? Mungkin asam lambung Moms naik. Penyakit asam lambung memang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah makanan yang dikonsumsi. Moms harus mengonsumsi makanan sehat untuk lambung yang akan di bahas di sini.

Ada 6 anjuran makanan penderita asam lambung yang sangat bagus. Keenam makanan tersebut adalah berikut ini.

BACA JUGA: Kenali Gejala Infeksi Usus dan Pengobatan nya Sedini Mungkin Moms

1. Lidah Buaya

Tumbuhan lidah buaya lebih dikenal sebagai tumbuhan untuk kecantikan. Namun perlu Moms tahu bahwa lidah buaya mengandung bahan yang dapat menstabilkan asam lambung. Lidah buaya juga mempunyai rasa yang enak untuk dijadikan campuran minuman.

Moms yang ingin menurunkan asam lambung dengan lidah buaya cukup mudah dan sederhana. Lidah buaya bisa dikonsumsi secara langsung ataupun dibuat jus. Namun Moms harus mencampur lidah buaya dengan buah lainnya agar lebih enak rasanya.

2. Oatmeal

Makanan untuk asam lambung yang sangat bagus adalah oatmeal yang terbuat dari gandum utuh. Kandungan serat yang ada di dalam oatmeal sangat tinggi dan dapat mengatasi asam lambung. Penderita asam lambung wajib mengonsumsi oatmeal sebagai menu sarapan.

Gandum utuh yang ada di dalam oatmeal bagus untuk menyerap kelebihan asam dalam lambung. Seratnya juga bagus untuk membuat Moms kenyang dalam waktu yang lama. Untuk Moms yang sedang diet dan menderita asam lambung sangat disarankan untuk mengonsumsi oatmeal.

BACA JUGA: 4 Gejala Infeksi Lambung dan Usus yang Kadang Disepelekan

3. Jahe

Healthy ginger and lemon drink, natural cold remedy

Rempah yang mempunyai rasa pedas dan dapat menghangatkan tubuh ini masuk dalam menu makanan untuk penderita asam lambung yang bagus. Kandungan antiradang yang ada di dalam jahe dapat mengurangi asam lambung dan pembengkakan pada lambung.

Untuk mengatasi asam lambung, sebaiknya Moms minum air rebusan jahe dua kali sehari. Moms bisa meminumnya bersama dengan camilan roti gandum pada saat bersantai. Pada hakikatnya orang yang menderita asam lambung harus sering makan dalam jumlah yang sedikit. Hindari untuk makan dalam jumlah banyak sekaligus.

4. Daging yang Tak Berlemak

Kebanyakan orang yang menderita asam lambung sangat menghindari untuk mengonsumsi daging. Moms perlu tahu daging juga bisa dikonsumsi oleh penderita asam lambung syaratnya tidak berlemak. Daging yang tidak berlemak ini sangat bagus untuk mengatasi asam lambung.

Semua jenis daging sangat bagus untuk kesehatan lambung. Jika Moms suka dengan daging ayam, Moms harus memisahkan daging ayam dengan kulitnya. Dalam mengolah daging sebaiknya Moms hindari untuk menggorengnya atau memasak dengan menggunakan banyak minyak.

BACA JUGA: Moms, Kenali 6 Ciri-Ciri Asam Lambung dan Cara Pengobatannya dengan Bahan Alami

5. Sayuran Berwarna Hijau

Sayuran hijau bisa dijadikan camilan untuk penderita asam lambung  ya Moms. Jenis sayuran yang direkomendasikan untuk kesehatan lambung adalah brokoli. Kandungan yang ada di dalam brokoli sangat bagus untuk mengatasi asam lambung. Moms bisa merebus brokoli dengan sedikit garam kemudian dicocol mayonaise tawar.

Perlu Moms tahu mayonaise juga bagus untuk mengatasi asam lambung. Perpaduan brokoli dengan mayonaise sangat bagus untuk lambung. Moms juga bisa menambahkan parutan bawang putih untuk memperkaya rasa.

6. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah untuk lambung perih yang sangat recommended. Buah pisang kaya akan serat yang bagus untuk lambung. Jika perut Moms perih akibat asam lambung naik, Moms bisa mengonsumsi pisang untuk mengatasinya.

Tidak hanya mengatasi asam lambung, pisang juga bagus untuk pencernaan Moms. Buah ini bisa dijadikan sebagai menu utama pada saat Moms diet dan asam lambung naik. Semua jenis pisang bagus untuk lambung.

Selain mengonsumsi makanan sehat untuk lambung di atas, Moms juga perlu untuk menghindari makanan pemicu asam lambung naik. Makanan yang bisa memicu asam lambung naik diantaranya yaitu makanan berlemak, makanan pedas, dan makanan yang terlalu asam. Asupan makanan harus diperhatikan ya Moms agar lambung tetap sehat.

Leave a Comment