HalloMoms, penyakit jantung saat ini masih menjadi salah satu jenis penyakit yang berbahaya dan mematikan, ya. Ada banyak kasus yang menyebabkan seseorang yang menderita penyakit jantung harus berakhir dengan tutup usia. Melihat fenomena ini, tentu lebih baiknya jika Moms mengonsumsi makanan sehat untuk jantung sebagai upaya pencegahan.

Sebenarnya, ada banyak sekali penyebab seseorang menderita penyakit jantung. Salah satu penyebabnya adalah karena faktor makanan. Setiap makanan yang Moms makan, ternyata akan berdampak pada kondisi kesehatan jantung. Maka dari itu, Moms tentu harus bijak dalam memilih-milih makanan yang baik untuk kesehatan jantung.

BACA JUGA: 5 Minuman dan Makanan Sehat Untuk Penderita Jantung Koroner

Daftar Makanan Sehat untuk Jantung

Berbagai bahan makanan yang ada sebagian memang ada yang memiliki dampak buruk bagi kesehatan jantung. Namun, ada juga makanan yang mampu memberikan dampak baik untuk kesehatan jantung. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat Moms pilih untuk menyehatkan jantung.

makanan sehat untuk jantung
makanan sehat untuk jantung

Sayuran hijau

Salah satu menu makanan sehat untuk penderita jantung adalah sayuran hijau. Umumnya, sayuran hijau ini kaya akan kandungan vitamin K yang berguna untuk melindungi arteri. Tak hanya itu, sayuran hijau juga baik untuk proses pembekuan darah. Sayuran hijau juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan nitrat yang ada pada sayuran hijau ini juga dapat membuat tekanan darah menurun dan kinerja fungsi sel pelapis pembuluh darah akan meningkat. Makanan yang tergolong ke dalam sayuran hijau ini di antaranya adalah sawi, kangkung, dan bayam.

Kacang hitam

Kacang hitam menjadi salah satu jenis kacang untuk kesehatan jantung. Kandungan antioksidan, folat, dan magnesium yang ada pada kacang hitam ini sangat bagus digunakan sebagai sumber nutrisi jantung.

Kandungan ini mampu menurunkan tekanan darah serta mengontrol kadar gula darah dan juga kolesterol. Kamu dapat mengonsumsi kacang hitam ini bersamaan dengan salad ataupun sup.

BACA JUGA: Sudah Terbukti! Ini Manfaat Buah Bit untuk Jantung dan Kesehatan

Tahu

Siapa yang menyangka jika ternyata tahu juga bagus untuk kesehatan jantung. Tahu memiliki kandungan protein nabati dalam jumlah yang besar. Tak hanya itu, tahu juga kaya akan kandungan mineral, lemak tak jenuh, dan juga serat yang dapat membuat jantung lebih sehat.

Kamu dapat mengonsumsinya dengan berbagai jenis olahan. Seperti misalnya, dikukus, ditumis, atau hanya digoreng. Salah satu keistimewaan tahu yang lainnya adalah ia mampu menyerap rempah-rempah dengan baik.

Almond

Sumber makanan lain yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit jantung secara alami adalah almond. Almond memiliki kandungan serat, sterol, dan juga lemak yang bagus untuk kesehatan jantung. Almond ini dapat dikonsumsi bersamaan dengan ayam, ikan, maupun makanan penutup yang lain.

Kandungan yang ada pada almond ini ternyata juga mampu menurunkan kolesterol jahat lo, Moms. Nah, untuk memperkuat rasanya, sebelum mengonsumsinya Moms dapat memanggangnya terlebih dahulu.

Ubi Jalar

Ubi jalar dapat kamu jadikan sebagai alternatif pengganti kentang nih, Moms. Ubi jalar ini memiliki kadar glikemik yang rendah sehingga tidak menimbulkan lonjakan gula darah.

Di samping itu, ubi jalar juga kaya akan vitamin A, serat, dan juga lycopene yang bagus untuk kesehatan jantung. Untuk memperkuat rasa manis yang ada pada ubi jalar, Moms dapat menambahkan kayu manis atau jeruk nipis pada daging ubi.

BACA JUGA: 5 Kebiasaan Kecil yang Dapat Membuat Jantung Anak Sehat

Jeruk

Jeruk menjadi salah satu buah yang baik untuk kesehatan jantung. Jeruk memiliki rasa yang manis serta juicy. Kandungan serat pektin yang ada pada jeruk ini berguna untuk melawan kolesterol dan membantu mengendalikan kadar tekanan darah.

Bahkan, dengan mengonsumsi 2 cangkir jus jeruk dalam sehari dipercaya dapat membuat kesehatan pembuluh darah meningkat dan tekanan darah menurun.

Seperti yang kita tahu, salah satu penyakit yang cukup mematikan adalah penyakit jantung. Penyakit ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah makanan. Maka dari itu, pilihlah makanan sehat untuk jantung agar resiko penyakit jantung dapat diminimalisir. Seperti kata sebuah pepatah, mencegah akan lebih baik dari pada mengobati.

Leave a Comment

%d bloggers like this: