Memiliki anak bayi memang sebuah hal yang cukup membahagiakan sekaligus menantang ya, Moms. Salah satu hal yang patut diperhatikan adalah tentang menyusui anak bayi secara optimal. ASI memegang peranan penting dalam pertumbuhan anak, salah satunya adalah untuk menjaga kekebalan tubuhnya. Untuk itu, Moms juga harus memahami apa saja makanan sehat buat ibu menyusui.

Apa yang Moms makan akan menjadi gizi bagi anak tercinta. Jadi, apa saja sih makanan sehat buat ibu menyusui yang direkomendasikan buat meningkatkan kualitas ASI? Yuk kita simak, Moms!

BACA JUGA: Makanan untuk Ibu Menyusui Agar Bayi Sehat dan Cerdas

Sayur-Sayuran Hijau

Sayuran hijau memang merupakan superfood alias makanan yang memiliki banyak kandungan gizi. Panganan ini tidak hanya bisa membuat pencernaan kita menjadi lancar dan juga memberikan manfaat untuk peredaran darah.

Sayur-sayuran hijau juga dapat melancarkan ASI serta membuat ASI semakin berkualitas. Makanya, ini selalu jadi contoh menu makanan ibu menyusui yang utama.

Jika ingin anak memiliki daya tahan tubuh kuat, pencernaan yang sehat dan tentu saja pertumbuhan yang optimal, jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi sayur-sayuran hijau seperti bayam, sawi, kangkung dan lain sebagainya. Bukan hanya untuk bayi, untuk ibu pun makanan ini sangat bermanfaat kok. Tidak perlu diet-dietan lagi!

Salmon

makanan sehat buat ibu menyusui
makanan sehat buat ibu menyusui

Bisakah menyangsikan rasa salmon yang enak? Hmm, sulit. Lagipula, ikan yang sering ditemui di negara-negara Skandinavia ini memang merupakan ikan berkualitas tinggi.

Kandungan DHA-nya sangat besar, begitu pula proteinnya. Maka dari itu, salmon tidak hanya direkomendasikan sebagai makanan untuk ibu menyusui saja, tetapi juga makanannya pendamping ASI bagi anak.

Konsumsi salmon minimal sekali dalam seminggu untuk meningkatkan kualitas ASI dan mencerdaskan anak ya Moms. Sebaiknya Moms konsumsi salmon yang sudah matang karena salmon yang mentah berpotensi untuk menimbulkan beberapa penyakit pencernaan.

BACA JUGA: Asupan Vitamin untuk Ibu Menyusui Ini Mampu Buat Bayi Sehat

Produk Susu dan Olahannya

Jika Moms ingin memberikan air susu ibu yang berkualitas bagi anak sudah tentu juga harus mengkonsumsi produk olahan susu yang bermutu.

Contohnya, seperti susu rendah lemak tinggi kalsium, yoghurt, keju dan lain sebagainya. Susu mengandung kalsium yang tidak hanya menyehatkan Moms saja tetapi juga bisa memperkuat tulang bayi. Ingat, Moms. Bayi masih berada dalam masa pertumbuhan sehingga optimalkan hal tersebut guna mencegah risiko stunting.

Beras Coklat

Apa yang membedakan beras coklat dengan beras putih reguler yang biasa kita makan? Usut punya usut beras warna coklat kandungan seratnya tinggi sekali lho.

Maka dari itu bila Moms mengkonsumsi beras coklat, perut akan  kenyang dalam waktu yang lebih lama daripada ketika mengonsumsi nasi putih. Cocok sekali bukan untuk diet? Selain itu beras coklat ternyata memiliki dampak baik untuk kadar gula di dalam tubuh.

Moms tidak perlu takut kadar gula melonjak naik ketika mengkonsumsi makanan sehat buat ibu menyusui ini. Jika rutin mengkonsumsi beras coklat, maka Moms bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat anak bayi tanpa harus takut akan risiko diabetes.

Telur

Bolehkah ibu menyusui makan telur? Jawabannya, sangat direkomendasikan!

Telur merupakan salah satu sumber protein yang paling terjangkau dan juga mudah didapatkan di mana saja.

Moms bisa mengkonsumsi telur dalam bentuk apapun  baik telur goreng atau telur rebus. Telur juga dapat meningkatkan kadar asam lemak esensial untuk air susu ibu. Jadi, sudah pasti ini akan sangat berguna untuk buah hati tercinta.

Meski begitu, jangan juga berlebihan dalam mengkonsumsi telur ya Moms, karena bisa meningkatkan risiko hipertensi dan juga menyebabkan obesitas.

Olahan Camilan Sehat untuk Ibu Menyusui 

Tidak ada salahnya lho, mengkonsumsi cemilan olahan yang dijual di drugstore. Bahkan, banyak yang terbukti bisa melancarkan ASI lho.

Namun, perhatikan komposisi dan kandungan gizi pada kemasan. Pilih yang kandungannya benar-benar seimbang ya Moms.

Nah, Moms, demi anak tersayang, senantiasa sempatkan untuk konsumsi makanan sehat buat ibu menyusui, ya. Jadi sehat bersama anak itu mudah!

Leave a Comment

%d bloggers like this: