Bayi yang sudah berusia 6 bulan sudah bisa Moms berikan makanan padat yang bergizi loh. Namun, tetap saja Moms harus berhati hati memberikan makanan kepada si kecil hal ini karena sistem pencernaan mereka belum berfungsi optimal. Moms sudah harus memilih berbagai makanan sehat bayi 6 bulan yang aman sehingga bisa dikonsumsi oleh si kecil dan tentunya memiliki gizi yang tinggi. 

Selain belajar mengunyah makanan dan mencernanya, pada usia 6 bulan bayi sudah mulai mengalami perkembangan dan pertumbuhan, Oleh karena itu, Moms harus tahu apa saja resep makanan bayi  6 bulan yang bergizi sehingga perkembangan si kecil bisa lebih optimal. Dengan memberikan makanan yang sehat dan bergizi, si kecil akan tumbuh menjadi anak yang sehat, aktif dan selalu ceria. 

BACA JUGA: 4 Menu Makanan MPASI Bayi 6 Bulan yang Simpel dan Menyehatkan

Daftar Makanan Sehat Bayi 6 Bulan yang Aman Dikonsumsi

Dari semua makanan yang dikonsumsi oleh orang dewasa, tentu tidak semua bisa dikonsumsi oleh anak bayi berusia 6 bulan. Bahkan, menu makanan bayi usia 1 tahun pun belum tentu bisa dikonsumsi dengan baik oleh bayi 6 bulan. Moms harus memperhatikan betul menu apa saja yang bisa moms berikan. Berikut ini adalah daftar makanan bayi yang disarankan dikonsumsi oleh bayi berusia 6 bulan. 

Buah Buahan

makanan sehat bayi 6 bulan
makanan sehat bayi 6 bulan

Pada awal pemberian makan, para ahli kesehatan merekomendasikan berbagai buah untuk dikonsumsi si kecil. Pilihan buah untuk bayi 6 bulan yang bisa dipilih diantaranya ialah pepaya, pisang, melon, alpukat dan pir. Buah buahan mengandung vitamin yang baik untuk kesehatan si kecil dan juga memiliki tekstur yang lembut. Moms bisa memberikan tambahan ASI lalu menghancurkan buah buahan sehingga teksturnya lebih lembut. 

Sayuran

Selain mengonsumsi buah, alangkah baiknya jika bayi 6 bulan juga diperkenalkan dengan berbagai menu sayuran yang bergizi. Sayuran memiliki zat besi yang tinggi sehingga dapat membantu pertumbuhan tulang sehingga tulang bayi menjadi kuat. Beragam sayuran untuk bayi 6 bulan yang bisa Moms berikan diantaranya wortel, brokoli, kol dan bayam. Moms bisa membuat sayuran tersebut menjadi bubur sehingga mudah dicerna.

BACA JUGA: Jangan Bingung Moms, Ini Dia Daftar Menu MPASI Pertama Bayi 6 Bulan

Daging

Selain memerlukan vitamin dan zat besi, bayi berusia 6 bulan juga membutuhkan protein yang bisa berasal dari daging. Karena tekstur daging yang keras dan cenderung berserat, Moms harus memastikan bahwa daging yang diberikan sudah dihaluskan. Daging juga merupakan salah satu bahan yang dibutuhkan sebagai resep makanan bayi 6 bulan penambah berat badan yang cocok diberikan untuk membuat bayi lebih gemuk. 

Ikan

Moms tentu ingin anak Moms tumbuh menjadi anak yang sehat dan memiliki kecerdasan yang tinggi. Oleh karena itu, Moms harus sudah memberikan makanan bayi 6 bulan untuk kecerdasan otak diantaranya ialah ikan. Seperti diketahui, berbagai ikan memiliki kandungan omega 3 yang tinggi yang berguna untuk perkembangan otak anak. Moms bisa menggunakan ikan kakap, ikan tuna serta ikan salmon. 

BACA JUGA: 6 Menu Mpasi 6 Bulan Favorit Buah Hati, Si Kecil Dijamin Suka

Kacang kacangan

Selain daging, buah dan sayur, Moms juga bisa memberikan bayi berusia 6 bulan kacang kacangan. Kacang kacangan mudah ditemukan dan mengandung kalsium dan mineral yang tinggi. Kalium dan magnesium dalam kacang bisa membuat jantung bayi semakin sehat. Moms bisa memilih berbagai jenis kacang mulai dari kacang hijau, kacang merah dan edamame.

Bagaimana, sekarang Moms sudah tidak bingung lagi dalam memilih makanan bayi 6 bulan yang bisa Moms berikan kepada si kecil? Satu hal yang Moms perlu perhatikan adalah teksturnya, untuk memudahkan bayi mengunyah Moms bisa menghancurkan makanan dengan menggunakan blender. Selamat Mencoba Moms!

Leave a Comment

%d bloggers like this: