Hai Moms, masa kehamilan merupakan saat dimana berat badan calon ibu biasanya naik drastis. Hal ini memang wajar, tapi apa salahnya menghindari kelebihan berat badan saat mengandung dengan mengurangi nasi. Berat badan berlebih bisa memicu timbulnya diabetes. Makanya Moms, perlu mengonsumsi makanan pengganti nasi ibu hamil.

Nasi mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Untuk itu, baik menggantinya dengan jenis makanan lain yang karbohidratnya rendah. Kira-kira apa saja makanan buat ibu hamil, Moms? Simak berikut ini.

BACA JUGA: Ingin Moms dan Janin sehat? Cobalah Diet Sehat Ibu Hamil Ini!

1. Singkong

Singkong mengandung karbohidrat lebih rendah daripada nasi dan  yang cukup aman bagi tubuh ibu hamil. Jenis makanan satu ini mampu membuat kenyang lebih lama di perut. Apalagi singkong sangat mudah didapatkan dan harganya cukup murah. 

Singkong bisa diolah menjadi berbagai makanan nikmat mulai dari dikukus, digoreng, dan dipanggang sesuai selera. Manfaat lain singkong selain untuk mengurangi karbohidrat adalah mampu menghindarkan sembelit yang sering terjadi pada ibu hamil. 

2. Talas

Talas merupakan makanan pengganti nasi untuk ibu hamil yang berasal dari umbi-umbian. Selain mengandung karbohidrat yang rendah, talas kaya akan protein untuk perkembangan tulang dan otot pada bayi semasa dalam kandungan. Untuk Moms yang sedang kurang nafsu makan, talas bisa menjadi pilihan pengganti nasi yang nikmat dan mudah dicerna. 

Jenis makanan ini mampu memenuhi 20% kebutuhan asupan serat per hari bagi tubuh. Belum lagi, talas sangat baik bagi tubuh karena mampu mengurangi resiko tekanan darah tinggi dan mencegah kanker.

3. Roti Gandum Utuh

Roti gandum memiliki beberapa mineral yang baik bagi tubuh terutama kalsium, zinc, dan magnesium. Kalsium sangat diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi semasa kandungan. Sehingga ibu hamil harus meningkatkan asupan makanannya Moms.  

Sementara zinc baik untuk perkembangan otak janin dan membantu menghasilkan energi bagi sang ibu. Kandungan karbohidrat pada roti gandum utuh cukup rendah sehingga bisa menekan gula darah dalam tubuh. 

4. Pasta

Makanan yang berasal dari Italia ini sudah sangat populer di Indonesia. Moms bisa menemukan pasta dimana saja, bahkan di mini market juga ada dari harga murah hingga yang mahal. Selain mengandung karbohidrat rendah, pada pasta terdapat asam folat untuk kekebalan tubuh janin dan mengurangi resiko cacat otak. 

Pasta bisa menjadi makanan enak dan mewah jika para Moms mampu mengolahnya dengan baik. Maka dari itu Moms bisa berkreasi dengan makanan satu ini.

BACA JUGA: Moms, Yuk Kenali 7 Manfaat Buah Manggis untuk Kehamilan

5. Sereal

Jenis makanan satu ini biasa dikonsumsi pada pagi hari sebagai menu sarapan. Tapi tak ada salahnya menjadikan sereal sebagai pengganti nasi untuk ibu yang sedang mengandung. Dalam semangkuk sereal terdiri dari karbohidrat kompleks yang rendah dan mampu menghasilkan energi bagi tubuh. 

Di dalam sereal mengandung susu sehingga kalsium yang dibutuhkan sang ibu dan calon bayi terpenuhi. Sereal juga mudah ditemukan bahkan di warung-warung juga tersedia. 

6. Apel

Apel mengandung karbohidrat rendah dan serat tinggi sehingga cocok untuk menggantikan nasi bagi ibu hamil. Sehingga banyak pelaku diet mengkonsumsi apel untuk mengurangi nasi. Selain itu apel bisa memberikan efek mengenyangkan lebih lama. 

Belum lagi kandungan vitamin pada apel yang baik bagi tubuh ya Moms. Disarankan mengkonsumsi apel utuh sebagai cemilan dibanding mengolahnya sebagai makanan. 

Nah, itu tadi beberapa makanan pengganti nasi  ibu hamil yang bisa dijadikan referensi Moms. Boleh jadi, salah satu dari daftar makanan tersebut adalah favorit ibu hamil. Namun tetap harus diperhatikan bahwa ibu hamil membutuhkan kalori yang lebih tinggi, jadi tetap perhatikan asupan makanan yang masuk ke tubuh ya Moms.

Leave a Comment