Pada saat hamil kesehatan ibu hamil harus selalu terjaga termasuk menjaga tekanan darah tetap stabil. Kekurangan darah selama masa kehamilan kerap terjadi karena beberapa nutrisi tidak tercukupi. Agar asupan nutrisi tetap tercukupi Moms perlu makanan penambah HB ibu hamil.

Kekurangan Hemoglobin pada Ibu Hamil

Hemoglobin atau HB adalah merupakan protein yang terdapat pada sel darah merah dan sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Jika ibu hamil kekurangan HB pada masa kehamilan makan sangat mungkin terjadi kekurangan zat besi dan bisa menyebabkan anemia Moms.

Anemia merupakan penyakit yang sering terjadi ketika hamil. Ini merupakan bentuk kondisi ketika ibu hamil kekurangan sel darah merah. Penyebab anemia yang paling sering terjadi adalah kurangnya kadar hemoglobin dan juga zat besi.

Ketika tubuh tidak memiliki kadar hemoglobin dan zat besi yang cukup oksigen tidak dapat diedarkan ke seluruh tubuh dengan baik. Walaupun kekurangan darah selama masa kehamilan adalah wajar, tetap perlu penanganan sesegera mungkin. Anemia berat dapat membuat bayi berisiko mengalami kelahiran prematur dan berat badan rendah.

BACA JUGA: 6 Sumber Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil yang Aman & Sehat

Gejala Anemia

Gejala anemia selama kehamilan dapat meliputi:

  • Dada terasa sakit
  • Konsentrasi berkurang
  • Terlihat pucat 
  • Tangan terasa dingin
  • Kaki terasa dingin
  • Kelelahan
  • Lemas
  • Mengalami sakit kepala
  • Irama jantung cepat

Moms mungkin memiliki risiko lebih besar terkena anemia jika Moms hamil anak sebelumnya berdekatan dengan hamil saat ini. Moms harus banyak mengkonsumsi makanan yang bisa meningkatkan hemoglobin pada saat kehamilan.

Makanan yang Bisa Meningkatkan HB Selama Kehamilan

Makanan Penambah HB Ibu Hamil
Makanan Penambah HB Ibu Hamil

Jika Moms menduga sedang mengalami HB rendah saat hamil, penting untuk mengunjungi dokter sebelum mencoba untuk mendiagnosis diri sendiri. Overdosis pada obat bisa berbahaya serta berpotensi menyebabkan kerusakan hati dan masalah lain. Dan selama di rumah Moms bisa mengkonsumsi beberapa makanan ini. Berikut ini makanan penambah darah untuk ibu hamil.

1. Makanan yang mengandung zat besi

Moms dapat mencoba mengkonsumsi lebih banyak makanan kaya zat besi ke dalam makanan harian selama hamil. Makanan ini termasuk sayuran berdaun hijau misalnya bayam, daging merah, ayam, kacang, kacang polong, buah kering, roti yang diperkaya zat besi, sereal, dan pasta.

2. Makanan yang mengandung vitamin C

Moms juga bisa mengkonsumsi buah penambah HB yang mengandung vitamin C, seperti buah jeruk, strawberry, kiwi, dan melon.

3. Seafood

Seafood bagus untuk menaikkan HB saat hamil. Moms bisa mengkonsumsi seafood seperti tuna, salmon, dan kerang. Tapi sebelum mengkonsumsi seafood ada baiknya Moms cek alergi terlebih dahulu di rumah sakit.

4. Suplemen

Jika Moms mengalami anemia berat harus segera periksakan ke dokter, dokter akan meresepkan dosis suplemen yang tepat untuk Moms. Biasanya dokter akan memberikan rekomendasi obat penambah HB di apotek.

Perlu diingat, penting untuk mengonsumsi suplemen zat besi setidaknya dua jam sebelum atau empat jam setelah mengonsumsi antasid. Mengkonsumsi suplemen zat besi dan antasid dengan jarak berdekatan dapat mengganggu penyerapan zat besi.

Zat besi yang ditemukan dalam tanaman tidak mudah diserap seperti zat besi yang ditemukan dalam daging. Karena itu ketika makan makanan kaya zat besi harus disertai makan makanan yang mengandung vitamin C.

BACA JUGA: Moms, Makanan untuk Ibu Hamil Muda yang Baik dan Sehat

Kesimpulan

Jika mengkonsumsi makanan penambah HB tidak meningkatkan sel darah, mungkin ada penyebab anemia lainnya seperti gangguan penyerapan zat besi. Dalam kasus seperti ini dokter mungkin harus meresepkan antibiotik lain tergantung pada penyebabnya.

Itu dia beberapa informasi penting mengenai makanan penambah HB ibu hamil yang harus diketahui. Moms harus selalu menjaga asupan makanan demi kesehatan si kecil.

Leave a Comment

%d bloggers like this: