Apa yang buat Moms butuh makanan penambah darah untuk ibu hamil? Ada perubahan tubuh signifikan saat hamil. Ketika membawa janin, ibu hamil harus membagi nutrisinya. Bahkan, nutrisi banyak diserap oleh janin.

Kondisi ini membuat ibu hamil jadi rentan kurang gizi dan juga kurang darah. Asupan zat besi untuk ibu hamil padahal penting. Dampak kekurangan zat besi, ibu hamil bakal merasa lelah. Dan juga terkena preeklampsia.

Jadi, mari Moms konsumsi makanan penambah darah HB buat ibu hamil ya. Makanan-makanan ini mudah ditemukan, kok.

BACA JUGA: Inilah Tips Mencegah Anemia dengan Makanan Penambah Darah

Sayur-Sayuran Berwarna Hijau

Sayur-sayuran hijau adalah panganan terbaik buat siapa saja. Tentu, termasuk buat ibu yang sedang hamil. Apa manfaatnya? Pertama, sayuran hijau melancarkan pencernaan. Sembelit adalah hal yang rentan terjadi pada ibu hamil.

Kedua, sayuran hijau juga memberikan asupan vitamin. Vitamin penting untuk kekebalan tubuh. Dan juga, vitamin dapat mengoptimalkan pertumbuhan janin. Sehingga, janin akan lahir dengan kondisi tubuh kuat.

Ketiga, panganan super ini begitu kuat zat besinya. Maka dari itu, ini cocok sebagai makanan penambah darah. Selalu ingat ya Moms untuk mencuci sayuran hijau sampai bersih sekali. Supaya, ulat dan kotoran hilang dari sana.

Hati Sapi

Makanan ini tidak cuma lezat lho Moms. Makanan ini juga amat bermanfaat dalam menambah zat besi, meningkatkan HB. Moms bisa makan hati sapi yang digoreng dengan tepung. Atau, Moms suka masakan pedas? Bisa juga lho Moms buat sambal goreng ati. Asal, Moms tidak memiliki riwayat asam lambung atau maag. Jika iya, maka hindari sambal goreng ati.

BACA JUGA: Cepat Langsing dengan 7 Makanan Sehat untuk Golongan Darah A Ini!

Tiram

Tiram adalah makanan favorit banyak orang dan mungkin juga Moms. Selain itu, tiram juga rasa gurihnya alami. Selain lezat, tiram juga rupanya dapat meningkatkan zat besi dalam tubuh.Konsumsi tiram yang sudah matang baik buat janin, Moms. 

Kacang Merah

Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil
Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil

Makanan yang satu ini juga kaya dengan kandungan zat besi bermanfaat. Ya, jumlahnya bahkan mencapai 5,2 mg per cangkir. Kacang merah sebaiknya tidak direbus atau dimasak terlalu lama Moms. Jaga kandungan iron alias zat besinya.

Moms bisa mengonsumsinya dalam bentuk es kacang merah. Atau, dalam bentuk sup kacang merah. Keduanya sangat lezat Moms.

BACA JUGA: Moms, Yuk Kenali 7 Manfaat Buah Manggis untuk Kehamilan

Tahu

Makanan dari kedelai ini punya kadar zat besi yang baik. Selain itu, tahu juga baik buat Moms yang memiliki alergi dan darah tinggi.

Berbeda dengan daging merah, Moms. Tahu tidak menyebabkan hipertensi. Namun, kandungan zat besinya tak perlu diragukan.

Konsumsi tahu dalam bentuk rebus adalah yang terbaik. Namun, Moms juga bisa menggorengnya sebentar bila suka.

Kentang

Selain kaya akan kandungan karbohidrat, kentang juga kaya zat besi. Makanya, kentang dianjurkan sekali buat ibu hamil.

Untuk hasil terbaik, Moms bisa konsumsi kentang  rebus. Atau, baked potato. Tambahkan keju dan merica, sangat menggoyang lidah.

Namun, cuci bersih dulu ya kentang yang mau dikonsumsi. Pastikan kulitnya bersih dari debu.

Dark Chocolate

Dark chocolate? Ini juga bisa jadi makanan penambah darah untuk ibu hamil 8 bulan. Dark chocolate mengandung zat besi banyak. Jadi, baik buat mengurangi risiko anemia di tubuh ibu hamil. Selain itu, cokelat gelap juga bisa mengurangi stress. Jadi, suasana hati Moms juga bisa lebih stabil.

Sudah tahu kan Moms berbagai makanan yang bisa mengurangi risiko anemia buat ibu hamil? Makanan-makanan itu juga lezat. Setidaknya dua hari sekali, makan makanan penambah darah untuk ibu hamil ini ya. Jadi, proses kehamilan pun bisa berjalan lancar.

Leave a Comment

%d bloggers like this: