Membuat makanan MPASI 6 bulan buat si kecil memang suka bikin deg-degan. Ada rasa khawatir tidak cocok dengan perut si bayi. Ada juga rasa takut kalau si bayi bakal menolak karena tidak suka rasa.

Usia 6 bulan memang krusial untuk bayi dalam hal asupan. Karena bayi baru  lepas dari ASI eksklusif, tapi belum cukup siap untuk mencerna yang berat-berat.

Terkadang, yang jadi masalah adalah bayi bosan dengan MPASI yang itu-itu saja. Nah, kali ini, Moms bisa mendapati 7 resep makanan MPASI untuk bayi 6 bulan.

Puree Buah

Puree buah sangat baik untuk dikenalkan pada si  kecil yang masuk usia 6 bulan. Rasanya tidak hambar, cenderung manis karena ada fruktosa. Seratnya pun tidak se-liat sayuran. Begitu juga dengan teksturnya.

Cara membuat makanan mpasi pertama yang berbentuk puree buah dapat berbeda tergantung jenis buahnya. Perbedaan ini cenderung karena tekstur buah yang berbeda-beda.

1. Puree Pisang

  • Siapkan pisang ambon yang sudah matang dan susu secukupnya (ASI lebih baik).
  • Iris pisang kecil-kecil lalu massukkan ke dalam blender dan tambahkan sedikit air.
  • Blender pisang dan air sampai halus lalu saring hingga serat yang agak kasar dapat terpisah.
  • Campurkan dengan susu/ASI secukupnya dan aduk hingga rata.

2. Puree Alpukat

Siapkan 1 atau 2 buah alpukat yang sudah masak dan susu secukupnya  (ASI lebih baik). Iris alpukat kecil-kecil dan masukkan ke dalam blender lalu tambahkan air secukupnya.

Bender alpukat dan air lalu saring hingga serat yang agak kasar dapat terpisah. Campurkan dengan susu/ASI secukupnya dan aduk hingga rata.

3. Puree Buah Naga

makanan mpasi 6 bulan
makanan mpasi 6 bulan

Siapkan buah naga yang sudah masak dan susu secukupnya (ASI lebh baik) Masukkan buah naga ke dalam blender tanpa menambahkan air. Karena kandungan air dalam buah naga sudah cukup tinggi.

Blender buah naga sampai halus lalu saring agar biji dan serat kasarnya terpisah. Campurkan dengan susu/ASI secukupnya dan aduk hingga rata.

4. Puree Apel

Apel memiliki tekstur yang agak keras, karena itu meski sudah matang tetap harus dimasak dulu. Potong apel bentuk dadu atau lainnya (yang penting ukuran kecil) lalu buang bagian bijinya.

Kukus apel selama lebih kurang 15 menit. Lebih baik mengukus, bukan memasak apel dalam air, agar kandungan vitamin pada apel tidak larut ke dalam air. Masukkan apel kukus ke dalam blender dan tambahkan air seperlunya.

Blender apel kukus dan air tersebut sampai halus lalu saring untuk membuang sisa serat yang masih kasar. Campurkan dengan susu/ASI secukupnya dan aduk hingga rata.

BACA JUGA: Rekomendasi Menu MPASI dr. Tiwi dan Cara Penyajiannya untuk Si Kecil

5. Puree Buah Campuran

Cara membuat makanan mpasi 6 bulan berbentuk puree buah campuran tak jauh berbeda dengan buah satuan.

Yang penting adalah, jika tekstur buah lunak, bisa langsung diblender. Jika tekstur cukup keras, perlu dikukus terlebih dahulu. Jika kandungan air cukup tinggi (contoh pir dan buah naga) bisa langsung diblender tanpa tambahan air.

Puree Sayuran

Sayuran yang dapat dibuat puree biasanya yang berbentuk buah atau umbi, bukan dedaunan. Dengan demikian, seratnya tidak terlalu banyak dan kasar. Contohnya adalah antara lain labu, wortel, brokoli, dan semacamnya.

Sayuran yang akan di-puree perlu dipotong dan dikukus terlebi dahulu agar lunak dan masak. Baru setelah itu diblender dengan tambahan air secukupnya. Hasil blenderan perlu disaring agar makin halus. Baru ditambah susu/ASI sesuai  selera.

BACA JUGA: Cuma 10 Menit, Cara Membuat Makanan MPASI Bayi 6 Bulan yang Simple

Puree Bubur

Puree buah dan sayur sering tidak mencukupi untuk gizi si kecil. Untuk makanan MPASI bayi 6 bulan, Moms perlu menyelingi juga dengan puree dari bubur.

Bahan yang dibubur dapat berasal dari serealia (nasi) atau kacang-kacangan (kacang hijau, kedelai, dll). Saat memasak, harus ditambahkan air  cukup banyak dan dimasak cukup lama, agar buburnya lebih halus.

Bubur dapat  dicampur dengan hati atau daging merah yang sudah digiling untuk melengkapi gizi dalam puree. Setelah matang, bubur dapat ditambahi lagi dengan susu/ASI agar lebih halus dan mudah dicerna.

Nah, sekarang, Moms tidak perlu  bingung lagi untuk membuat makanan MPASI 6 bulan. Dari variasi di atas, Moms bisa mengembangkan lagi dengan kreativitas sendiri.

Leave a Comment

%d bloggers like this: