Makanan ibu hamil muda memang menjadi menu paling dibutuhkan ya Moms. Apalagi masa awal kehamilan selalu dihantui mual dan muntah. Hal yang wajar jika Moms menjadi kehilangan selera makanan. Jangankan untuk mengonsumsi menu makanan sehat, menu makanan yang biasanya enak saja mungkin tidak tertelan. Namun, Moms tetap dituntut untuk makan agar mampu memenuhi kebutuhan nutrisi janin dan tubuh Moms sendiri.

BACA JUGA: Sudah Tahu Belum, Moms? Ini Makanan yang Sehat untuk Ibu Hamil

Daftar Menu Makanan Ibu Hamil Muda

Bahkan banyak orang berpendapat bahwa ibu hamil muda perlu makan 2 kali lebih banyak untuk dirinya dan janin. Padahal, mengonsumsi makanan berlebihan bisa memicu obesitas atau kegemukan. Akibatnya, Moms akan kesulitan menurunkan berat badan pasca melahirkan. Inilah beberapa menu makanan untuk ibu hamil muda yang sehat sekaligus enak untuk Moms coba terapkan di rumah.

Kombinasi Sayuran

Manfaat sayuran bagi ibu hamil memang sudah tidak diragukan lagi. Namun sayangnya, ibu hamil khususnya saat masa hamil muda akan kehilangan selera memakan sayur. Oleh karena itu, kombinasi sayuran menjadi menu yang penting. 

Kombinasi sayuran mampu memberikan perpaduan rasa sekaligus nutrisi yang lebih lengkap. Alhasil, Moms bisa mendapatkan multivitamin khususnya folic acid yang berfungsi mempersiapkan rahim agar lebih kuat.

Lebih Banyak Porsi Buah-Buahan

Makanan Ibu Hamil Muda
Makanan Ibu Hamil Muda

Buah-buahan sudah dikenal memiliki banyak kandungan vitamin. Rasanya yang segar juga membuat buah-buahan enak dikonsumsi kapan saja, termasuk ketika hamil muda. Buah mampu mengurangi rasa mual dan muntah. Bahkan mampu menambah energi karena kandungan glukosa alaminya. 

Moms bisa mengonsumsi buah dalam jumlah yang lebih banyak. Terlebih saat Moms kehilangan selera makan. Buah dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi agar tetap sehat.

Variasi Protein

Masa hamil muda menjadi trimester pertama kehamilan. Pada masa ini, tubuh Moms akan mengalami adaptasi terhadap kehadiran janin dalam rahim. Banyak hormon dalam tubuh juga mulai aktif menerima kehadiran janin. Kondisi tersebut membuat Moms membutuhkan menu variasi makanan yang menjadi sumber protein. Moms bisa membuat giliran menu variasi antara protein nabati dan hewani. Jadi, Moms selalu merasa mengonsumsi jenis makanan berbeda setiap hari. Meski demikian makanan ibu hamil muda tetap harus enak dikonsumsi.

BACA JUGA: 5 Makanan yang Bagus untuk Ibu Hamil, Konsumsi Sekarang Juga Moms!

Segala Produk Susu

Produk susu mempunyai kandungan kalsium tinggi. Kalsium sendiri sangat dibutuhkan untuk pembentukan tulang janin, terutama di awal fase kehamilan. Moms disarankan memilih produk susu yang sudah melewati proses pasteurisasi agar aman dari bakteri berbahaya. 

Ada banyak alternatif produk susu yang bisa Moms pilih. Mulai dari keju, yoghurt atau es krim susu. Moms bisa memilih produk susu sesuai selera selama kandungan kalsiumnya lebih tinggi.

Air Kelapa

Menu air kelapa selalu menjadi pilihan yang enak dan sehat untuk ibu hamil muda. Pasalnya, air kelapa mengandung ion yang mampu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Sehingga Moms tidak mengalami dehidrasi meskipun sedang dihantui mual dan muntah. Air kelapa juga banyak mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas agar daya tahan tubuh Moms lebih kuat.

Kelima makanan ibu hamil muda di atas tentu tidak sulit didapatkan. Moms bisa memasukkannya sebagai menu harian selama hamil muda. Terlebih makanan tersebut cukup enak dan sehat bagi janin dan Moms. Selain itu, Moms juga bisa menambahkan menu lain sebagai pelengkap seperti biji-bijian atau kacang-kacangan. Kebutuhan nutrisi Moms selama hamil akan mudah terpenuhi. Bahkan mampu memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan janin.

Leave a Comment

%d bloggers like this: