Makanan ibu hamil 7 bulan memang harus dipersiapkan Moms sejak dini. Terlebih apabila Moms ingin mengonsumsi makanan yang baik untuk ibu hamil 7 bulan. Di fase ini, semua anggota tubuh janin sudah terbentuk. Sehingga pertumbuhan dan perkembangan lebih fokus pada tahapan kematangan fungsi anggota tubuhnya. Akibatnya, Moms perlu ekstra waspada terhadap asupan nutrisi karena pada fase ini bayi rentan lahir prematur.

BACA JUGA: Menu Makanan Ibu Hamil Muda Paling Enak dan Sehat yang Bisa Moms Coba

Daftar Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil 7 Bulan

Memasuki bulan ke-7 kehamilan, Moms membutuhkan tambahan kalori dari 350 kalori per hari menjadi 450 kalori per hari. Hal ini berkaitan dengan tubuh janin yang sudah mulai aktif bergerak. 

Selain itu, sistem metabolisme janin juga mulai aktif bekerja. Wajar saja jika Moms menjadi lebih cepat lapar. Kondisi ini sangat wajar terjadi tetapi Moms tetap harus perhatikan porsi makanan yang masuk agar tidak mengalami obesitas. Makanan ibu hamil 7 bulan juga harus berpedoman pada beberapa nutrisi sebagai berikut.

Mengandung Yogurt atau Produk Olahan Susu

Makanan Ibu Hamil 7 Bulan
Makanan Ibu Hamil 7 Bulan

Jika di awal kehamilan Moms mengalami morning sickness maka bulan ke-7 ini Moms akan sering mengalami sembelit. Sembelit sering memicu konstipasi atau susah buang air besar. 

Umumnya, konstipasi semakin parah menjelang masa persalinan. Hal tersebut karena janin semakin membesar membuat tekanan pada sistem pencernaan terutama bagian perut. Oleh karena itu, pilihlah makanan yang mengandung yogurt atau produk olahan susu lainnya.

Moms bisa memakan yogurt atau produk olahan susu lainnya setiap hari untuk memperlancar buang air besar. Selain itu, kandungan kalsium di dalamnya bisa memperkuat struktur tulang janin dan Moms. Di samping itu, perbanyak minum air dan mulai berlatih untuk berjalan kaki sejauh yang Moms bisa. Hal ini akan berguna untuk mempersiapkan diri menjelang persalinan. 

Makanan untuk Mengatasi Heartburn

Selain konstipasi, Moms juga akan sering mengalami heartburn pada usia hamil 7 bulan. Heartburn merupakan kondisi lambung yang mengalami panas atau perih. 

Umumnya, kondisi ini diakibatkan oleh perut yang terus membesar. Moms bisa memilih makanan yang tidak terlalu pedas dan asam. Selain itu, sebaiknya Moms juga menghindari makanan ibu hamil yang berkaitan dengan produk olahan coklat dan kopi. Moms dapat memperbanyak konsumsi buah pepaya.

Buah pepaya memiliki kandungan zat yang dapat membuat lambung berada pada kondisi netral. Buah pepaya juga mampu memperbanyak jumlah ASI setelah proses melahirkan. Selain itu, buah pepaya mempunyai kandungan vitamin dan mineral tinggi untuk memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan janin. Terakhir, buah pepaya sangat kaya antioksidan alami yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit janin.

BACA JUGA: 5 Makanan yang Bagus untuk Ibu Hamil, Konsumsi Sekarang Juga Moms!

Makanan Omega 3

Makanan omega 3 berperan penting dalam sistem saraf janin. Lemak omega 3 sendiri mampu membantu produksi neuron sehingga meningkatkan kecerdasan janin. Semakin banyak jumlah neuron maka semakin cepat transfer pesan melalui impuls listrik.

Makanan mengandung omega 3 banyak diperoleh dari telur, tahu, kacang-kacangan, bayam dan daging merah. Moms perlu memastikan bisa mengonsumsi minimal 300 miligram omega 3 DHA setiap hari untuk memenuhi asupan nutrisi janin dan Moms.

Makanan ibu hamil 7 bulan memang berpedoman pada kebutuhan nutrisi janin dan Moms. Setidaknya, Moms dapat memperhatikan tiga nutrisi penting di atas dalam makanan yang dikonsumsi. Alhasil, pertumbuhan, perkembangan dan kesehatan janin berlangsung optimal. Selain itu, Moms juga terhindar dari persalinan bayi prematur yang membahayakan keselamatan janin dan Moms. Jadi, jangan lupa untuk tetap mengonsumsi makanan yang baik untuk ibu hamil 7 bulan ya Moms.

Leave a Comment

%d bloggers like this: