Bagi bayi, ASI dari seorang ibu memang menjadi sumber nutrisi terbaik. Sebelum akhirnya, bayi mulai diperbolehkan mengonsumsi makanan bayi 6 bulan atau disebut makanan pendamping ASI (MPASI).

Jenis makanan pendamping ini berguna sebagai pelengkap nutrisi yang mungkin tidak didapat dari ASI. Maka dari itu, bayi membutuhkan makanan yang mengandung nutrisi lengkap agar memberi dampak positif pada pertumbuhannya.

5 Makanan Bayi 6 Bulan yang Bergizi

Meski sudah boleh makan selain ASI, Moms perlu memperhatikan bahwa bayi hanya dianjurkan mengonsumsi makanan bertekstur halus saja. Selain itu, pilih bahan-bahan yang alami saja agar kualitas nutrisi untuk bayi selalu terjaga. Di bawah ini adalah rekomendasi 5 jenis MP ASI 6 bulan untuk Si Kecil.

1. Serealia

Serealia adalah sumber karbohidrat yang baik untuk mendukung pertumbuhan bayi. Makanan ini bisa Moms buat dari bahan-bahan seperti beras putih, beras merah atau gandum. 

Bahan tersebut dihaluskan sampai menjadi bubur agar mudah dicerna oleh bayi berusia 6 bulan. Khusus untuk bubur gandum, usahakan untuk tidak menggunakan gandum instan. Pilihlah bahan seperti steel cut oats atau rolled oats.

2. Pisang

Mengapa pisang adalah makanan bayi 6 bulan yang baik untuk pertumbuhan? Alasannya ada di dalam pisang itu sendiri, di mana buah berwarna kuning ini mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan si kecil.

Mulai dari vitamin A, serat, fosfor, kalium, dan asam folat, yang pastinya aman untuk bayi. Akan tetapi saat hendak memberi bayi pisang, pilih yang benar-benar matang dan diberikan dengan cara dilumat. Bila perlu tambahkan ASI agar mudah ditelan.

3. Wortel

Jenis sayuran ini seringkali ditemukan pada resep MPASI 6 bulan. Alasannya adalah karena wortel memiliki banyak vitamin dan mineral yang sangat baik untuk bayi. Salah satunya adalah sebagai sumber mineral dan vitamin A yang tinggi.

Tak heran jika sejak dulu wortel selalu dijadikan makanan pertama yang diberikan kepada bayi agar dia terbiasa dengan MPASI. Untuk memberikan kepada bayi, caranya adalah dengan mengolah wortel menjadi puree.

4. Kabocha (Labu Kuning)

Resep makanan bayi 6 bulan yang bergizi berikutnya bisa Moms buat dari kabocha atau labu kuning. Di dalam sayuran ini terkandung vitamin A, C, K, B3, dan niacin. Kabocha juga menjadi sumber mineral yang baik mulai dari zat besi, kalium, kalsium, dan fosfor. 

Kabocha akan mudah disukai oleh bayi karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis. Jadi mereka akan mudah melewati tahapan awal untuk menyesuaikan diri dengan MPASI.

5. Kuning Telur

Dari satu butir telur rebus, yang boleh menjadi makanan bayi 6 bulan hanya kuningnya saja. Sebab sebelum bayi menginjak usia 1 tahun, putih telur bisa berpotensi menjadi penyebab alergi. 

Tetapi kuning telur saja dinilai sudah cukup untuk memenuhi nutrisinya, karena makanan ini mengandung vitamin A, D dan E. Yang perlu Moms perhatikan adalah saat pengolahannya, di mana telur harus benar-benar matang. Anjuran lainnya adalah bayi 6 bulan sebaiknya mengonsumsi 1-2 butir telur saja per minggu.

Apabila Si Kecil tampak kurang tertarik dengan makanan bayi 6 bulan yang ia makan, jangan dipaksa, ya, Moms. Coba ganti menunya dengan bahan makanan lainnya. Tidak perlu khawatir, karena pada masa ini dia memang perlu waktu beradaptasi dengan makanan-makanan baru yang masuk ke mulut dan tubuhnya.

Leave a Comment

%d bloggers like this: