Buat Moms, hamil itu momen yang paling dinanti. Apalagi, kehamilan pertama, pastinya berbagai persiapan dilakukan untuk menyambut kehadiran si kecil. Sebelum berpikir jauh melahirkan, ketika si jabang bayi masih dalam kandungan, Moms mesti memperhatikan banget makanan baik untuk ibu hamil untuk menunjang pertumbuhan si buah hati. 

Mengonsumsi makanan baik untuk ibu hamil itu sangat penting. Makanan itu tidak hanya berguna buat diri Moms, namun juga buat si bayi dalam kandungan. Apa saja makanannya?

BACA JUGA: Menu Makanan Ibu Hamil Muda Paling Enak dan Sehat yang Bisa Moms Coba

Gandum 

Buat Moms yang lagi hamil, penting banget untuk melengkapi asupan karbohidrat dengan gandum atau beras merah. Gandum mengandung serat dan dan selenium yang sangat baik membantu perkembangan bayi dalam kandungan.

Moms harus mengonsumsi gandum. Kalau tidak, gantilah dengan nasi merah. Gandum wajib ada di samping Moms, karena merupakan sumber makanan sehat untuk ibu hamil dan sangat baik untuk pertumbuhan si kecil. 

Ubi

Ubi menjadi menu wajib kedua buat Moms setelah gandum. Ubi merupakan menu makanan baik buat ibu hamil, karena mengandung banyak serat bergizi. Kandungan lainnya dari ubi, yaitu vitamin B6, potasium, vitamin C, zat besi, dan beta-karoten. 

Buat si kecil dalam kandungan, ubi sangat bermanfaat untuk perkembangan mata, tulang, dan kulit. Jadi, tunggu apalagi Moms, saatnya mengonsumsi ubi untuk pertumbuhan janin dan bayi. 

Kacang-kacangan

Makanan Baik untuk Ibu Hamil
Makanan Baik untuk Ibu Hamil

Saat hamil, Moms pernah mengalami masalah dengan pencernaan, misalnya wasir atau susah BAB? Jika pernah mengalami itu tandanya Moms perlu banyak mengonsumsi kacang-kacangan. Ibu hamil disarankan untuk lebih banyak makan kacang-kacangan. 

Makanan ini, selain mengandung serat yang baik untuk pencernaan, juga diperkaya dengan zat yang bermanfaat untuk tubuh. Nah, ternyata banyak banget manfaat biji kacang-kacangan untuk Moms yang sedang mengandung si buah hati. 

Daging Tanpa Lemak

Ibu hamil wajib mengonsumsi daging, karena daging merupakan sumber protein yang baik untuk ibu hamil, yang membantu tumbuh kembangnya jaringan dan otak bayi. 

Moms sangat membutuhkan asupan makanan berprotein tinggi untuk memastikan otot-otot si kecil dalam kandungan berkembang dengan baik. Daging tanpa lemak juga terdapat kandungan vitamin B12 yang membantu menjaga kesehatan syaraf dan darah merah.

BACA JUGA: Moms, Makanan untuk Ibu Hamil Muda yang Baik dan Sehat

Telur

Selain dari daging, asupan protein juga bisa diperoleh dari telur. Kalau kandungan sudah memasuki usia trimester kedua dan ketiga, Moms sebaiknya mengonsumsi makanan lain yang mengandung protein. 

Telur adalah makanan bernutrisi untuk ibu hamil yang mengandung zat kolin. Telur berfungsi membantu mengurangi risiko cacat saraf pada bayi. Agar si kecil tetap sehat dalam kandungan, Moms harus rutin makan telur setiap hari. 

Brokoli

Brokoli memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungan. Ibu hamil yang rajin mengonsumsi brokoli umumnya akan terhindar dari penyakit anemia yang sering terjadi pada ibu.

Kandungan gizi pada brokoli juga dapat melindungi bayi dari terjadinya masalah tulang belakang dan cacat saraf.

Pisang 

Pisang menjadi salah satu buah yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Pisang yang mengandung vitamin B6 bermanfaat bagi perkembangan saraf dan pembentukan sel darah merah ibu hamil. 

Selain itu, pisang juga mengandung kalium yang bermanfaat untuk mengurangi risiko kaki bengkak yang umumnya dialami ibu hamil pada usia kehamilan trisemester ketiga.

Enam jenis makanan diatas adalah makanan baik untuk ibu hamil yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil karena manfaatnya yang sangat besar buat pertumbuhan si buah hati dalam kandungan. Moms tentu ingin si kecil dalam kandungan tumbuh sehat. Ayo, jadikan makanan diatas menu harian demi si jabang bayi.

Leave a Comment

%d bloggers like this: