Apakah Moms pernah mengalami sulit tidur, sakit kepala, atau berat badan terus bertambah? Jika iya, itu berarti tubuh Moms sedang banyak racun. Nah, racun ini berasal dari kebiasaan gaya hidup dan pola makan yang buruk. Untuk dapat menghilangkan racun-racun tersebut, disarankan mengkonsumsi berbagai jenis makanan sehat untuk hati.

Dengan kondisi racun tubuh yang berkurang, hati tentu akan dapat bekerja secara optimal. Berbagai manfaat juga akan Moms dapatkan, seperti energi yang semakin meningkat, napas tidak bau, kulit menjadi lebih cerah, dan lain sebagainya.

Daftar Makanan Sehat untuk Hati

makanan sehat untuk hati

Ada berbagai jenis yang dapat Moms jadikan sebagai makanan pembersih hati. Makanan-makanan tersebut di antaranya adalah:

Sayuran hijau

Beberapa jenis sayuran hijau, seperti kol, kale, dan juga brussels sprouts memiliki kandungan sulfur yang baik untuk membersihkan hati dari racun. Moms dapat mengonsumsi berbagai jenis sayuran ini dengan berbagai cara. Ada juga jenis sayuran bernama dandelion yang sangat direkomendasikan bagi kesehatan hati.

Selain dapat membersihkan hati dari berbagai jenis racun, sayuran jenis ini juga mampu menstimulasi untuk memproduksi kantung empedu dan empedu hati. Nah, cairan ini juga dapat berfungsi untuk mendukung penyerapan lemak dan proses pencernaan.

Buah-buahan

Buah-buahan, seperti raspberry, stroberi, cranberry menjadi jenis buah-buahan super yang memiliki khasiat tinggi untuk kesehatan. Kandungan polyphenois dan anthocyanin yang ada pada jenis buah-buahan ini juga dipercaya mampu untuk menghambat terjadinya perkembangan sel kanker pada organ hati.

Di samping itu, aneka jenis buah untuk hati ini juga diperkaya dengan antioksidan. Kandungan antioksidan ini berfungsi untuk mengurangi rasa sakit. Bahkan, kandungan antioksidan ini juga baik untuk jerawat dan menghindarkan diri dari penuaan dini.

Rempah-rempah

Salah satu bahan makanan yang dapat menyerap racun dalam tubuh adalah rempah-rempah. Rempah-rempah ini dapat digunakan sebagai bumbu masakan yang dapat menambah cita rasa.

Selain itu, rempah-rempah juga memiliki zat antimikroba, antiviral, dan anti peradangan yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain kaya akan manfaat, rempah-rempah juga memiliki harga yang murah dan mudah untuk ditemukan di pasaran.

Makanan yang kaya akan kandungan sulfur

Sulfur menjadi salah satu zat yang bagus untuk mendetoksifikasi racun dalam tubuh. Berbagai jenis merkuri dan zat-zat tambahan yang masuk dalam tubuh akan dikeluarkan oleh zat ini. Tak hanya itu, sulfur juga dapat berfungsi sebagai zat anti peradangan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Meskipun sulfur ini sangat penting bagi tubuh, sayangnya tidak semua orang dapat mencukupi kebutuhan sulfur. Nah, makanan-makanan yang kaya akan sulfur di antaranya adalah bawang bombay, bawang putih, bawang merah, dan telur.

Makanan berserat prebiotik

Jenis makanan lain yang baik untuk kesehatan hati adalah makanan berserat prebiotik. Serat prebiotik itu apa sih? Serat prebiotik ini merupakan salah satu jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna.

Namun, serat prebiotik ini dapat membantu dalam proses pencernaan. Kandungan serat prebiotik juga mampu menghasilkan lemak dan mengurangi resiko terjadinya hati berlemak.

Makanan fermentasi

Makanan yang baik untuk hati selanjutnya adalah makanan-makanan yang sudah difermentasi, seperti acar, tofu, sup, atau kimchi. Makanan ini mampu menambahkan mikroorganisme yang ada pada perut untuk membantu proses pencernaan.

Selain itu, senyawa kimia yang ada makanan fermentasi ini juga sulit untuk dipecah. Nah, senyawa ini mudah untuk dicerna bagi orang yang memiliki penyakit hati.

Tubuh yang sedang tercemar oleh racun tentu tidak baik untuk kesehatan. Untuk dapat mendetoksifikasi berbagai racun tersebut, Moms disarankan untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat untuk hati. Dengan kondisi hati yang bersih dari racun, hati tentu akan dapat bekerja secara optimal.

Leave a Comment