Jadwal makan bayi 12 bulan masih sangat perlu diperhatikan oleh orang tua untuk memenuhi gizi hariannya. Ini sangat penting supaya kecil dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Bukan sekadar jadwal makan lho Moms, tetapi menu makanannya pun harus dipilah-pilah.

Bayi belum bisa berkomunikasi dengan lancar untuk mengatakan bahwa dia lapar. Oleh karenanya, tentu ini menjadi tugas buat orang tua untuk mengatur jadwal makan bayi 1 tahun. Jika Moms masih bingung dan sering tidak teratur memberi makan si kecil, coba simak sedikit tips berikut ini.

BACA JUGA: 5 Gangguan Makan Pada Anak Ini Bisa Membahayakan!

Cara Mengatur Jadwal Makan Bayi 12 Bulan

Biasanya, bayi berusia 12 bulan sudah terbiasa tidur dan bangun secara teratur. Nah, coba Moms perhatikan contoh jadwal kegiatan anak 1 tahun di bawah ini agar tidak telat memberi makanan dan minum buat si kecil.

Pukul 07.00-08.00

Di pagi hari setelah bangun tidur mulailah dengan memberikan anak susu. Bisa ASI atau susu formula, karena usia 12 bulan dibilang sebagai waktu paling aman untuk memberi susu formula.

Pukul 08.00-09.00

Jadwal makan bayi 12 bulan selanjutnya adalah pukul 08.00-09.00. Temani dia sebentar, minimal ajak keluar untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi. Tidak ada salahnya juga untuk memberinya camilan sehat. Tapi itu juga tidak boleh sembarangan ya, karena tekstur makanan bayi 12 bulan belum boleh terlalu kasar.

Pukul 09.00-10.00

Sehabis makan camilan, bayi mungkin sudah merasa lelah dan mengantuk lagi. Berikan ASI sambil menemaninya tidur, tetapi jangan terlalu banyak agar tidak gumoh.

Pukul 11.00-12.00

Setelah si kecil bangun, ajak dia bermain dan berkomunikasi. Sebelum makan siang, coba latih dia untuk makan buah dan sayuran karena teksturnya semi padat. Selain dapat membantu menambah nafsu makan, cara ini juga dapat mengurangi risiko gangguan pencernaan.

Pukul 12.00-15.00

Baru setelah itu buatlah resep makanan bayi 12 bulan ke atas. Porsinya harus pas ya Moms. Jangan sampai anak kekenyangan karena biasanya si kecil akan minta ASI atau susu formula lagi setelahnya.

Pukul 16.00-18.00

Jangan lupa mandikan si kecil. Jika dia rewel, berikan makan malam sekitar setelah magrib.

Pukul 19.00-20.00

Ini adalah waktunya tidur buat si anak. Ajak dia ke tempat tidur, pastikan Moms sudah menggosok giginya dan membersihkan tempat tidurnya. Lalu temani dia tidur sambil memberinya susu.

BACA JUGA: Kebutuhan Vitamin untuk Perkembangan Otak Anak, Rahasia Cerdas Dambaan Orang Tua

Perhatikan Jenis Makanan untuk Bayi 12 Bulan

Setelah Moms tahu jam berapa saja sebaiknya si anak makan dan diberi ASI, berikutnya coba perhatikan menunya. Makanan apa yang sebaiknya dimakan oleh bayi berusia 12 bulan?

  1. Penuhi kebutuhan nutrisinya dengan memberi menu campuran yang sehat, misalnya sereal, buah-buahan dan sayuran.
  2. Protein penting buat anak lho. Jadi setidaknya dia harus makan telur, ikan atau kacang-kacangan (yang dihaluskan). Kalau takut anak tidak doyan, Moms bisa mencari resep-resep menarik dan lezat.
  3. Bayi lebih membutuhkan jenis makanan yang segar daripada yang sudah dimasak. Sebab, makanan olahan biasanya sudah terlalu banyak mengandung garam dan berbagai bahan lainnya.
  4. Usahakan jangan terlalu sering memberikan gula atau makanan manis dan berlemak. Ingat Moms, ini tidak sehat buat si kecil karena giginya pasti akan rusak.
  5. Susu formula memang boleh dikonsumsi bayi 12 bulan (tergantung merek dan kualitas), tetapi ASI lebih direkomendasikan. Jangan berusaha menggantikan ASI secara permanen dengan susu formula jika kondisinya masih memungkinkan.

Moms, merawat bayi itu harus penuh dengan perhatian, ketulusan dan tidak sembarangan. Tubuh bayi masih sangat rentan terhadap penyakit, termasuk yang terpapar melalui makanannya.

Mengatur jadwal makan bayi 12 bulan juga bukan hanya penting bagi anak, melainkan juga untuk orang tua. Sebab ini sekaligus menjadi cara manajemen waktu agar semua pekerjaan bisa diselesaikan sambil tetap memperhatikan si kecil.

Leave a Comment

%d bloggers like this: