Waktu berjalan sangat cepat ya, Moms. Tanpa terasa sang buah hati sudah berumur 6 bulan. Sudah waktunya Moms memberinya makanan. Tetapi, tidak boleh sembarangan. Moms, harus bisa mengatur jadwal menu mpasi 6 bulan pertama. Karena, berpengaruh besar pada pola makanannya di masa depan.

Kenapa harus 6 bulan baru diperbolehkan diberi makanan pendamping? Karena, di usia ini buah hati Moms sudah mulai bisa mencerna makanan dengan baik. Oleh karena itu, Moms harus bisa membuat jadwal makannya. Agar si anak mampu beradaptasi dengan makanan apa saja yang kelak harus dikonsumsi.

BACA JUGA: Yuk Moms, Penuhi Gizi Bayi dengan Menu MPASI 8 Bulan Sederhana

Jadwal Menu Mpasi 6 Bulan dan Ide Makanan

Usia 6 bulan adalah usia perkembangan bayi mulai dari lidah yang mempunyai refleks yang baik mulai dari mengunyah hingga mendorong makanan ke belakang. Sebenarnya, Kementerian Kesehatan dan WHO sudah memberikan pengarahan berupa contoh jadwal mpasi 6 bulan, berikut jadwalnya

Jadwal Mpasi Pagi Hari

Pagi hari dimulai saat bayi mulai bangun dari tidur sekitar pukul 6 pagi hingga 7 pagi. Moms, bisa berikan Asi sampai sang buah hati merasa kenyang. Masuk di jam 8 pagi atau 9 pagi, barulah Moms memberikan makanan selingan berupa ikan salmon. Atau semua jenis makanan yang mengandung protein.

Nutrisi di dalam protein diperlukan untuk memperbaiki jaringan tubuh yang mungkin rusak. Moms, bisa menggunakan resep makanan mpasi 6 bulan sederhana dengan mencincang halus ikan, kemudian dicampur dengan bubur agar mudah ditelan.

Jadwal Mpasi Siang Hari

 jadwal menu mpasi 6 bulan pertama menurut who
jadwal menu mpasi 6 bulan pertama

Waktu siang biasanya dimulai pukul 11.30. Moms, bisa memberikan Asi terlebih dahulu. Lalu, setelah dua jam kemudian, atau sore hari sekitar pukul 3, barulah membuat makanan pendamping seperti daging atau juga ikan yang mengandung lemak.

Kandungan lemak bisa berguna untuk energi dan tumbuh kembang sang anak. Campurkan dengan bubur lagi atau bisa membuat menu lainnya yang tidak kalah lembut dan halus.

BACA JUGA: Moms, Daftar Menu MPASI Bayi 8 Bulan Bagus untuk Pertumbuhan Buah Hati

Jadwal Mpasi Malam Hari

Jam malam bisa Moms mulai pukul 5 sore sampai 9 malam. Bila di siang hari sang buah hati sudah kenyang. Moms, bisa membuat menu pendampingnya saat pukul 5 sore. Gunakan resep makanan bayi 6 bulan yang bergizi dengan kandungan Karbohidrat, vitamin, dan mineral sebagai sumber energi utama.

Biasanya, sayur-sayuran seperti wortel, brokoli, tomat, dan buah-buahan bisa dijadikan sebagai menu makanan. Untuk bahan dan asupannya tidak harus sesuai dengan rekomendasi ini ya Moms. Tetapi, usahakan waktunya harus sesuai, agar sang anak tidak kekenyangan.

Tips dan Trik Memulai Mpasi

Moms, ada beberapa trik dan tips yang bisa dilakukan. Seperti, memberikannya perlahan dan jangan dipaksa. Tetapi, Moms perlu  bersabar dalam tahap awal ini. Ada beberapa bayi yang mau langsung makan ada yang tidak. Kalau sudah mau makan Moms, jangan langsung diganti ya.

Tunggu dahulu selama 3 atau 4 hari agar si buah hati terbiasa makan, baru ganti menu. Moms, juga bisa menambahkan air putih agar mudah untuk menelan makanan. Jangan berikan susu sapi dan madu ya, Moms. Karena, keduanya belum diperbolehkan.

Perhatikan pula asupannya ya, Moms. Bagaimana respons buah hati saat makan, terjadi alergi atau tidak. Karena, setiap bayi berbeda-beda. Biasanya tanda yang sering muncul adalah kulit kemerahan, diare, bengkak pada bagian tertentu.

BACA JUGA: Jangan Sembarangan! Ini Jadwal Makan Bayi 12 Bulan yang Benar

Kesimpulan

Jadwal menu mpasi 6 bulan pertama memang sangat penting Moms. Kalau bisa buat sendiri makanannya, usahakan jangan menggunakan makanan instan karena tidak baik untuk kedepannya. Pastikan menggunakan jumlah takaran gula dan garam yang pas dan jangan berlebihan. Selamat Mencoba!

Leave a Comment

%d bloggers like this: