Ginjal adalah salah satu organ penting dalam tubuh yang berfungsi untuk menyaring zat zat yang sudah tidak berguna dan mengatur kadar sel darah merah. Rusaknya ginjal membuat kondisi tubuh tidak bisa sebaik dulu saat ginjal masih berfungsi normal. Untuk mencegah semakin rusaknya ginjal, maka Moms harus mengkonsumsi makanan sehat untuk penderita ginjal yang dapat perlahan mengembalikan fungsi ginjal. 

Moms harus berhati hati memilih makanan saat ginjal sudah mengalami kerusakan, jangan sampai makanan tersebut justru memperberat kerja ginjal.  Selain itu, Moms juga harus menghindari berbagai pantangan makanan penderita ginjal agar ginjal bisa tetap berfungsi. Pola hidup yang sehat dan mengurangi rokok dapat memperbaiki kinerja ginjal. 

Makanan Sehat Penderita Ginjal yang Mudah Ditemukan dan Murah

makanan sehat untuk penderita ginjal
makanan sehat untuk penderita ginjal

Kata siapa makanan sehat itu selalu mahal dan sulit ditemukan? Untuk menjaga kesehatan ginjal, Moms bisa mengonsumsi ragam menu sehat untuk penderita penyakit ginjal sehingga ginjal tetap sehat loh Moms. Tidak perlu mahal mahal, berbagai makanan yang Moms temukan sehari hari ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan ginjal. Berikut ini adalah daftar makanan yang bisa dikonsumsi demi memperbaiki kinerja ginjal.

  • Buah Naga

Pilihan buah untuk penderita ginjal  yang bisa Moms temukan dengan mudah ialah buah naga. Buah berwarna merah ini ternyata adalah  buah ‘ajaib’ yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit serta menetralkan racun dalam tubuh. Kandungan serat dalam buah ini juga dapat mengeluarkan asam empedu dan lemak dari dalam tubuh. Selain itu, buah naga juga mengandung betakaroten yang bermanfaat bagi proses metabolisme tubuh. 

  • Kayu Manis

Indonesia terkenal dengan berbagai rempah rempah yang  ternyata bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya ialah kayu manis yang ternyata dapat mengatur kadar glukosa dalam tubuh. Glukosa yang berlebihan dalam tubuh dalam memperberat kinerja ginjal sehingga menyebabkan kerusakan. Mengkonsumsi kayu manis secara rutin dapat membantu mengembalikan kinerja ginjal dan memperkuat sistem metabolisme. 

  • Nanas

Penderita ginjal pasti sangat hati hati dalam memilih makanan serta mencari tahu apa saja makanan yang boleh untuk penyakit ginjal. Makanan yang bisa dikonsumsi ialah nanas yang memiliki rasa sedikit asam. Buah ini memiliki potasium yang rendah sehingga bisa dikonsumsi oleh para penderita ginjal. Selain itu, buah berwarna kuning ini juga memiliki bromelain yang mampu mengurangi peradangan.

  • Bawang

Penderita ginjal disarankan untuk mengurangi mengkonsumsi garam pada setiap makanannya, sebagai pengganti Moms bisa menggunakan bawang. Dengan menggunakan bawang pada setiap hidangan, makanan tetap bisa terasa lezat dan menggugah selera. Selain itu bawang juga memiliki kalium dan fosfor yang rendah sehingga aman untuk dikonsumsi para penderita ginjal. 

  • Ikan 

Contoh menu sehari hari penyakit ginjal yang bisa dikonsumsi ialah ikan yang memiliki omega 3 yang tinggi. Pilihan ikan yang bisa dikonsumsi ialah ikan tuna, salmon, makarel serta kakap. Ikan ikan ini aman dikonsumsi setiap hari dan dapat membantu ginjal menjadi lebih sehat. Jika penderita tidak menyukai ikan, penderita bisa mengonsumsi kacang kacangan yang juga mengandung asam lemak dan omega 3 yang baik untuk ginjal. 

Menjaga kesehatan ginjal sangat penting ya Moms agar tetap dapat beraktivitas dengan baik. Bagi para penderita ginjal, hindari makanan yang dapat memperberat kinerja ginjal dan gantilah dengan makanan sehat untuk penderita ginjal. Menjalankan pola hidup yang sehat dan mengurangi makanan manis juga dapat memperkuat fungsi ginjal.

Leave a Comment

%d bloggers like this: