Ingin Si Kecil cerdas dari kecil? Moms harus pandai dalam memilih menu makanan MPASI. Pilihan menu yang tepat bisa memaksimalkan tumbuh kembang anak terutama perkembangan otaknya.

Ada beberapa menu MPASI yang sangat direkomendasikan untuk mencerdaskan anak sejak dini. Berikut ini daftarnya:

1. Alpukat

Alpukat wajib Moms masukkan dalam resep makanan MPASI untuk mencerdaskan anak sejak dini. Hal ini dikarenakan alpukat mengandung lemak yang baik untuk melancarkan aliran darah ke otak. Tidak hanya itu, buah yang satu ini juga mengandung asam lemak oleat.

Moms perlu tahu lemak oleat ini sangat bagus untuk memaksimalkan kerja otak terutama dalam menyalurkan informasi. Alpukat juga mengandung vitamin B kompleks yang dapat menstabilkan aliran darah pada anak. Jadi Moms wajib memasukkan alpukat dalam menu MPASI.

BACA JUGA: Dijamin Enak! Ini Daftar Menu Makanan Sehat untuk 1 Minggu

2. Telur

Resep MPASI yang bagus untuk mencerdaskan otak anak wajib terdapat menu telurnya. Seperti yang Moms ketahui, telur merupakan sumber protein hewani yang baik untuk pertumbuhan anak. Di dalam telur mengandung omega 3 yang sangat bagus untuk otak.

Omega 3 bagus untuk menjaga daya ingat anak. Di dalam telur juga mengandung kolin dan lutein yang dapat membantu meningkatkan konsentrasi anak. Untuk menu MPASI dengan telur, Moms bisa merebusnya atau menggorengnya dengan minyak zaitun. Pastikan jika telur dihancurkan terlebih dahulu agar mudah untuk dicerna.

3. Yoghurt

Olahan susu yang berbentuk yoghurt cocok untuk dijadikan menu MPASI. Tekstur yoghurt yang lembut membuatnya cocok untuk dicampur dengan menu lainnya. Kandungan yang ada di dalam yoghurt ini sangat cocok untuk meningkatkan kecerdasan otak anak.

Tidak hanya dapat mencerdaskan otak anak, yoghurt juga bagus untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Lemak dan kalsium dalam yoghurt juga sangat baik untuk  pertumbuhan tulang anak.

4. Ikan Salmon

Moms tentu tahu bukan bahwa ikan salmon sangat tinggi kandungan lemak DHA nya? DHA inilah yang sangat bagus untuk perkembangan otak anak. Moms bisa menambahkan ikan salmon rebus ke dalam menu makanan MPASI yang akan diberikan kepada anak.

Ikan salmon tidak hanya dapat mencerdaskan otak anak saja tapi juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Moms wajib memasukkan menu ikan salmon untuk MPASI agar anak lebih cerdas.

BACA JUGA: Pilihan Resep Bubur MPASI Bayi 6 Bulan yang Bergizi dan Disukai si Kecil

5. Kacang-Kacangan

Jenis kacang yang paling bagus untuk menu makanan MPASI adalah kacang almond. Di dalam kacang almond ini mengandung protein dan lemak jenuh yang mampu meningkatkan daya ingat otak. Moms bisa menggunakan kacang almond sebagai campuran bubur MPASI.

Kacang bisa dijadikan menu MPASI untuk pertama kali pada saat anak usia 6 bulan. Tentu saja kacang ini harus ditumbuk sampai lembut agar mudah untuk dicerna. Tumbukan kacang ini dicampurkan dengan bahan lainnya seperti pisang atau gandum.

6. Pisang

Buah yang satu ini mengandung banyak sekali vitamin dan nutrisi yang bagus untuk perkembangan otak. Tidak salah jika orang zaman dahulu memberikan pisang sebagai makanan pertama untuk anaknya. Moms juga harus memberikan pisang kepada buah hatinya agar otaknya tumbuh optimal dan cerdas pada menu makanan MPASI.

Pisang yang sangat disarankan adalah jenis pisang hijau dan pisang susu. Pastikan jika pisang yang dipilih tidak terasa terlalu manis ataupun asam. Hal ini akan sangat membantu pengenalan rasa pada anak ya, Moms.

BACA JUGA: Moms Harus Tahu Makanan MPASI Pertama yang Baik untuk Bayi

7. Sayuran Hijau

Semua jenis sayuran hijau sangat bagus untuk perkembangan otak anak. Moms bisa membuat jadwal menu MPASI dengan sayuran hijau yang berbeda-beda. Sayuran hijau yang sangat bagus untuk perkembangan otak adalah brokoli dan bayam.

Itulah 7 menu makanan MPASI di atas wajib Moms berikan kepada buah hati tercinta. Asupan gizi yang terjaga akan membuat tumbuh kembang anak menjadi maksimal. Kecerdasan anak juga akan berkembang dengan maksimal.

Leave a Comment

%d bloggers like this: