HalloMoms! Moms pastinya selalu mendambakan memiliki anak yang cerdas dan pintar, bukan? Kecerdasan anak ini bukan hanya disebabkan oleh faktor keturunan saja. Ada juga pengaruh dari segi nutrisi yang terserap oleh tubuh. Untuk itu, Moms perlu makanan MPASI agar bayi cerdas.

Perlu Moms ketahui, ada banyak cara agar anak tumbuh cerdas dan sehat yang dapat dilakukan secara alami. Moms dapat mengajak anak untuk mendengarkan musik-musik klasik sejak dalam kandungan. Moms juga bisa memperbanyak asupan makanan yang mengandung asam folat.

BACA JUGA: 7 Bahan Makanan MPASI Penambah Berat Badan Anak Terbaik

Daftar Makanan MPASI Agar Bayi Cerdas

Meski kecerdasan seorang anak banyak dipengaruhi oleh faktor genetik, bukan berarti asupan makanan yang masuk tidak diperhatikan. Moms juga tetap perlu memberi si kecil makanan yang memiliki kandungan gizi tinggi guna mendukung perkembangan otak si kecil. Nah, berikut adalah beberapa makanan untuk kecerdasan otak bayi yang disarankan.

Yoghurt

Siapa sih yang tidak mengenal jenis makanan yang satu ini? Yoghurt menjadi makanan yang paling populer dan disukai oleh banyak orang. Kandungan gizi yang ada pada makanan ini juga sangat banyak. Ada protein, kalsium, dan juga lemak sehat. Kandungan gizi ini sangat bagus untuk mengembangkan sel-sel yang ada pada otak si kecil lo, Moms.

Selain beberapa kandungan di atas, yoghurt juga kaya akan probiotik yang dapat berfungsi untuk membangun microbiome. Namun, pemberian makanan ini tetap harus dibatasi ya, Moms. Sebab, makanan yang satu ini memberikan efek samping pada pencernaan si kecil. Kebanyakan mengkonsumsi yoghurt dapat menyebabkan terjadinya diare.

BACA JUGA: Ingin Menu MPASI Baru? Moms bisa Buat Menu MPASI Macaroni

Alpukat

Salah satu buah yang bagus untuk kecerdasan anak adalah alpukat. Buah ini mengandung berbagai nutrisi, seperti vitamin, lemak, dan juga mineral. Kandungan-kandungan ini tentu sangat baik untuk mendukung perkembangan sel pada otak anak. Buah alpukat juga memiliki tekstur yang lembut sehingga memudahkan si kecil untuk memakannya.

Keju

Moms pasti sudah mengerti jika keju ini kaya akan kandungan nutrisi dan bermanfaat bagi tubuh. Namun, tahukah, Moms? Ternyata, keju juga baik untuk perkembangan otak si kecil, lo. Hal ini disebabkan lantaran keju memiliki kandungan lemak linolenat dan juga linoleat. Moms dapat mencampurkan keju dengan sayur dan buah sebagai MPASI si kecil.

BACA JUGA: Penuhi Gizi Si Kecil dengan 5 Menu MPASI Homemade yang Gampang Banget Dibuat

Kuning Telur

Kuning telur menjadi salah satu makanan agar bayi cerdas dan gemuk lHo, Moms. Kandungan omega 3 pada kuning telur ini sangat baik untuk dijadikan sebagai sumber nutrisi otak. Moms dapat menyajikan kuning telur dengan cara dikukus dan menjadikannya sebagai lauk bersama nasi tim.

Namun, sebelum memberikan makanan ini, Moms harus pastikan jika si kecil tidak memiliki alergi terhadap makanan ini, ya. Sebab, jika si kecil ternyata alergi terhadap kuning telur itu justru menjadi tidak baik.

Salmon

Salmon memang terkenal akan kandungan nutrisinya yang baik untuk kecerdasan anak. Salmon dilengkapi dengan kandungan omega 3 dan juga DHA yang menjadi nutrisi terpenting bagi otak. Salmon juga menjadi salah satu MPASI yang paling disukai bayi karena memiliki rasa yang gurih. Biasanya, salmon akan disajikan dengan cara dikukus.

Seperti yang kita tahu, setiap orang tua pasti akan mendambakan memiliki anak yang cerdas. Sayangnya, tidak semua anak dibekali dengan otak yang cerdas. Namun, Moms tak perlu khawatir. Moms tetap dapat mendukung pertumbuhan otak si kecil dengan cara memberi makanan MPASI agar bayi cerdas. Bagaimana? Apakah Moms sudah siap untuk mencobanya?

Leave a Comment

%d bloggers like this: