Umur yang ideal untuk mulai memberikan MPASI pada bayi adalah pada saat berumur 6 bulan. Tapi ada juga beberapa orangtua yang mulai memberikan MPASI saat bayi umur 4 bulan. Keduanya sama-sama baik karena setiap bayi memiliki ketahanan tubuh yang berbeda dan agar lebih bagus lagi Moms bisa menyajikan daftar menu MPASI di bawah.

Tidak semua bayi siap untuk mulai makan makanan padat. Ingat makanan yang ditawarkan selama beberapa bulan pertama adalah tentang membantu bayi mempelajari rasa, tekstur, dan aroma baru.

Jika bayi terus menolak makanan, cobalah menawarkan makanan padat sebelum memberikan susu. Moms harus bersabar menunggu si kecil terbiasa mengkonsumsi makanan padat pertamanya. Untuk memudahkan memilih menu makanan yang baik Moms bisa lihat lanjutan artikel berikut.

Berikut adalah daftar lengkap opsi makanan yang dapat disertakan dalam menu harian si kecil.

BACA JUGA: Jangan Bingung Moms, Ini Dia Daftar Menu MPASI Pertama Bayi 6 Bulan

1. Buah-buahan

Menu buah-buahan yang dianjurkan adalah bubur apel, bubur alpukat, bubur pisang, bubur pir, bubur melon, bubur persik. Selain itu juga ada bubur plum, bubur buah naga, bubur semangka, bubur  pepaya, bubur blueberry, bubur ceri, kurma, bubur kiwi, dan bubur manga. Buah-buahan ini dianjurkan dikonsumsi karena bisa mencukupi kebutuhan vitamin si kecil.

2. Sayuran

Daftar Menu MPASI

Menu sayuran yang direkomendasikan adalah bubur wortel, bubur labu, bubur ubi jalar, bubur labu botol, bubur tomat. Selain itu juga ada bubur kacang hijau, bubur kacang polong, bubur kentang putih, bubur brokoli, bubur kembang kol. Sayuran mengandung banyak sekali manfaat seperti vitamin dan enzim.

3. Sereal

Untuk menu sereal direkomendasikan bubur beras dan bubur gandum. Bubur ini adalah menu yang wajib dihidangkan pada awal masa perkenalan dengan makanan padat. Hal ini karena nasi adalah bahan yang paling netral bagi perut bayi. Menu ini bisa digunakan untuk menu mpasi dini 5 bulan.

4. Produk olahan dari susu

Produk olahan dari susu yang boleh dikonsumsi meliputi keju, dan yogurt yang mengandung lemak baik. Jika Moms ingin menyajikan menu ini perlu menunggu hingga perut bayi benar-benar terbiasa. Ini guna menghindari penolakan perut si kecil.

BACA JUGA: Cuma 10 Menit, Cara Membuat Makanan MPASI Bayi 6 Bulan yang Simple

5. Non-Vegetarian

Menu yang dianjurkan adalah bubur kuning telur, bubur daging ayam, dan bubur daging sapi. Sama seperti produk olahan dari susu, menu dari daging juga perlu menyesuaikan sistem pencernaan bayi. Menu ini bisa digunakan untuk menu mpasi 7 bulan.

Untuk bayi di bawah satu tahun, Moms dapat menawarkan dua makanan dan camilan opsional untuk makanan sehari-hari. Saat pertama kali mengenalkan sebuah menu Moms jangan memberi si kecil terlalu banyak. Hal ini dilakukan guna menentukan makanan itu cocok atau tidak.

Pilih waktu untuk makan dan camilan sesuai dengan kebutuhan si kecil. Untuk jumlah makanan, selalu sesuaikan dengan rasa lapar bayi. Bayi memiliki selera makan bervariasi Berikut ini perkiraan jumlah:

  • Sayuran – 1/2 gelas
  • Buah – 1/2 gelas
  • Sereal – 1/2 gelas

Perkenalkan satu makanan terlebih dan amati selama beberapa hari akan membantu untuk mengetahui reaksi alergi terhadap makanan tertentu. Saat menyajikan makanan Moms perlu sterilkan mangkuk dan sendok yang digunakan. Hindari memperkenalkan lebih dari satu makanan pada awal mengkonsumsi makanan padat ya Moms.

Beberapa bahan yang tidak disarankan diberikan pada bayi dibawah 1 tahun adalah garam dan gula. Kedua bahan ini selain bisa menyebabkan metabolisme bayi terganggu juga masih belum terlalu dibutuhkan.

Daftar menu MPASI di atas adalah yang paling cocok dan ideal untuk bayi di bawah 1 tahun. Bahan-bahannya juga mudah didapatkan. Moms bisa coba memasak daftar menu MPASI tersebut di rumah. Selamat mencoba Moms.

Leave a Comment