Jantung merupakan salah satu organ yang penting untuk menunjang kehidupan seseorang. Saat pola makan tidak lagi terurus akibat kesibukan sehari-hari, maka orang tersebut bisa mengalami penyakit jantung sejak usia muda. Moms sudah pasti harus peduli dengan menu makanan sehat untuk penderita jantung iskemik.

Penerapan pola makan seperti itu tidak hanya perlu ditujukan bagi orang yang sudah menderita penyakit jantung iskemik. Moms bisa menerapkan untuk tujuan mencegah adanya anggota keluarga yang sakit akibat kesalahan pola makan. Penasaran dengan apa saja makanan tersebut, maka moms bisa lihat berikut ini.

Daftar Makanan yang Cocok untuk Pendrita jantung Iskemik

makanan sehat untuk penderita jantung iskemik

1. Bermacam-macam Ikan

Salah satu makanan untuk penderita jantung yang baik dikonsumsi adalah beraneka ragam ikan. Ikan memiliki kandungan omega 3 yang dapat membantu tubuh dalam menjaga kesehatan jantung. Ikan yang dikonsumsi juga tidak harus selalu ikan impor, seperti tuna dan salmon.

Moms bisa saja mencoba untuk membeli berbagai macam ikan asal Indonesia yang juga dikenal memiliki kandungan omega 3 yang tinggi. Beberapa ikan asal Indonesia dengan kandungan protein dan omega 3 yang tinggi adalah ikan cakalang, ikan kembung, dan juga ikan patin.

Selain kandungan omega 3 yang baik untuk jantung, biasanya ikan laut juga mengandung selenium. Senyawa selenium juga sudah terbukti dapat membantu dalam melindungi sistem kardiovaskular orang yang rajin mengkonsumsinya. Usahakan paling tidak mengkonsumsi ikan sebanyak 2 kali dalam waktu seminggu.

2. Blueberry

Penyakit jantung iskemik juga bisa dicegah dengan konsumsi blueberry dalam bentuk buahnya. Moms jangan terlalu mengandalkan berbagai produk turunan dari buah blueberry, seperti selai. Biasanya produk turunan tersebut sudah dicampur dengan bahan lainnya yang kemungkinan besar juga terdapat pewarna sintetis maupun pengawet.

Buah blueberry ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi berupa anthocyanin, flavonoid, dan juga resveratrol. Seluruh antioksidan tersebut sangat membantu tubuh dalam mencegah berbagai macam penyakit jantung mendadak. Moms bisa mencampurkannya dengan roti, smoothies, maupun salad untuk variasi menu.

3. Green Tea

Sebagian besar masyarakat yang ada di Jepang selalu mengkonsumsi teh hijau setiap harinya. Bahkan, ada banyak sekali produk makanan yang menggunakan campuran daun teh hijau di Jepang. Teh hijau ini ternyata mengandung senyawa katekin dan juga flavonoid yang dapat membantu menyerap kelebihan kolesterol dalam tubuh.

Kolesterol diketahui sebagai salah satu penyebab dari penyumbatan pembuluh darah yang dapat berakhir pada penyakit jantung. Kedua senyawa tersebut juga membantu mencegah terjadinya penggumpalan darah dalam aliran darah.

4. Susu Kedelai

Moms memiliki kebiasaan mengkonsumsi susu kedelai. Itu hal yang baik, karena susu kedelai ini sangat bagus dalam mencegah terjangkitnya penyakit jantung seseorang. Senyawa yang berguna untuk mencegah penyakit jantung dalam susu kedelai yaitu isoflavon organik.

Kandungan tersebut telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Susu kedelai juga mengandung lemak dalam kadar yang rendah. Senyawa lain juga berpengaruh dalam mencegah penyakit jantung adalah niacin. Kandungan tersebut membantu memperlancar sirkulasi darah di seluruh tubuh.   

5. Alpukat

Buah yang juga dikenal baik untuk jantung adalah alpukat. Buah ini mengandung lemak yang tidak jenuh dengan rantai ganda tunggal. Konsumsi alpukat secara rutin akan membantu tubuh dalam mengurangi kadar kolesterol dalam darah yang berlebihan. Alpukat juga dikenal sebagai buah yang mencegah terjadinya penggumpalan darah.

Buah ini juga sudah terbukti mampu mengurangi penderita penyakit jantung iskemik di Indonesia. Bahkan, saat ini alpukat diambil minyaknya dengan tujuan untuk mengurangi pengerasan pada pembuluh darah.

Moms sudah paham akan semua makanan sehat untuk penderita jantung iskemik. Konsumsi menu tersebut bagi orang yang sehat juga membantu untuk mengurangi potensi terserang penyakit jantung mendadak.

Leave a Comment

%d bloggers like this: