Setelah melahirkan buah hati, Moms akan disibukkan lagi dengan kegiatan menyenangkan yakni menyusui bayi. Proses menyusui bayi ini tidak hanya sekedar memberikan nutrisi kepada si kecil melainkan proses pendekatan ibu dan anak. Perhatikan pula cara menyusui bayi yang baik sehingga Moms dan si kecil sama sama merasa nyaman. 

Sampai usia 6 bulan, si kecil tidak mengonsumsi makanan lain selain ASI dari sang ibu maupun susu formula. Kandungan pada ASI sangat baik untuk menunjang tumbuh si kecil sehingga lebih sehat. Kenyamanan Moms juga harus diperhatikan saat menyusui sehingga tidak mengalami masalah kesehatan seperti pegal pegal dan nyeri punggung yang menyakitkan.

BACA JUGA: Pengetahuan Wajib Moms, Ini Cara Menyusui Bayi agar Tidak Gumoh

Cara Menyusui Bayi yang Baik untuk Kenyamanan Ibu dan Anak

Posisi saat menyusui harus diperhatikan sehingga Moms bisa lebih mudah menyusui si kecil dan membuat Moms nyaman. Ternyata cara menyusui bayi yang baru lahir dengan benar juga bisa mempercepat keluarnya ASI. Posisi yang benar dapat membuat menyusui menjadi lebih mudah. Berikut ini adalah cara menyusui si kecil dengan tepat yang bisa Moms lakukan mulai dari sekarang. 

Cara Bersandar yang Nyaman

cara menyusui bayi yang baik
cara menyusui bayi yang baik

Setiap ibu memilih bersandar untuk membuat proses menyusui lebih nyaman dan juga santai. Posisi yang harus Moms perhatikan saat bersandar diantaranya ialah menggunakan bantal saat bersandar. Pastikan perut bayi berada dibawah dada Moms dan kepala bayi sejajar dengan dada, jangan sampai hidung bayi tertekan dan membuat mereka tidak nyaman. 

Posisi Berbaring

Setelah melakukan berbagai aktivitas lain yang melelahkan Moms ingin menyusui si kecil dengan posisi berbaring. Tidak ada masalah asalkan Moms mengetahui posisi menyusui bayi tiduran yang benar. Pastikan Moms berbaring dengan posisi menghadap bayi dan posisikan si kecil untuk mendekat ke payudara. Posisikan tubuh bayi dalam keadaan miring sehingga lebih mudah untuk si kecil mencapai payudara Moms.

BACA JUGA: Moms, Ini Cara Menyusui Bayi Kembar Baru Lahir yang Benar

Posisi Cradle Hold

Salah satu posisi yang paling sering digunakan oleh ibu ialah posisi cradle hold dimana ibu menggunakan satu lengan. Untuk membuat si kecil lebih nyaman sebaiknya Moms menggunakan kursi yang memiliki sandaran tangan sehingga lebih aman. Hal ini juga diperuntukan untuk bayi sehingga leher mereka aman dan nyaman saat sedang mengonsumsi ASI. 

Letakan Kepala Si Kecil Lebih Tinggi dari Kaki

Salah satu masalah yang sering dialami saat menyusui si kecil ialah mereka menjadi gumoh dan muntah. Cara menyusui bayi yang benar agar tidak muntah adalah dengan memperhatikan posisi si kecil dalam keadaan yang benar. Usahakan saat sedang menyusui si kecil bayi berada dalam posisi miring dan kepala lebih tinggi dari kaki sehingga cairan lebih mudah turun ke bawah. 

Clutch Hold

Posisi menyusui yang disarankan adalah clutch hold yang membuat ibu dan si kecil menjadi lebih nyaman. Clutch Hold ini juga cocok diaplikasikan pada ibu yang baru saja melahirkan dengan operasi caesar. Pastikan bahwa lengan yang Moms gunakan berada pada sisi yang sama di sisi Moms menggunakan payudara untuk menyusui si kecil.

Itulah beberapa cara menyusui yang baik sehingga Moms harus memperhatikan posisi yang tepat dan benar. Dengan posisi yang tepat dan benar menyusui akan menjadi lebih menyenangkan baik untuk Moms dan juga si kecil. Pastikan juga si kecil mendapat asupan ASI yang cukup sehingga dirinya bisa tumbuh dengan baik dan sehat selalu.

Leave a Comment

%d bloggers like this: