HalloMoms, apakah si kecil sudah mulai memperoleh MPASI? Jika sudah, kini Moms pasti sibuk untuk menyiapkan menu MPASI untuk si kecil, ya? Padahal, Moms membutuhkan banyak waktu untuk bekerja atau mengurus kerjaan yang lain. Tenang, Moms. Kini Moms dapat menyimpan menu MPASI di kulkas, asal cara menyimpan makanan MPASI di kulkas ini benar.

Adanya kendala waktu memang sering membuat para ibu harus membuat menu MPASI dalam jumlah banyak kemudian menyimpannya. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar lebih praktis. Namun masalahnya, kandungan nutrisi pada MPASI ternyata berkaitan erat dengan cara penyimpanannya. Jika cara penyimpanannya benar, kandungan nutrisi pada MPASI ini akan tetap baik.

BACA JUGA: Moms, Pastikan Kandungan Ini Ada di Menu MPASI 4 Bintang

Cara Menyimpan Makanan MPASI di Kulkas yang Baik dan Benar

Salah satu tips MPASI ibu bekerja adalah dengan membuat MPASI dalam jumlah yang banyak lalu kemudian menyimpannya. Namun, usahakan setelah proses memasak selesai Moms tidak langsung menyimpan MPASI tersebut.

Lebih baik jika MPASI ditiriskan terlebih dahulu hingga memiliki temperatur dingin. Setelah itu, barulah MPASI disimpan dalam wadah, lalu masukkan ke dalam freezer. Nah, berikut adalah cara menyimpan MPASI untuk sore hari di kulkas yang baik dan benar.

Segera Bekukan Makanan Jika Sudah Dingin

Cara Menyimpan Makanan MPASI di Kulkas
Cara Menyimpan Makanan MPASI di Kulkas

Saat makanan yang Moms siapkan untuk menu MPASI si kecil seharian sudah dingin, jangan tunda untuk segera memasukkannya ke dalam kulkas. Letakkan makanan tersebut dalam freezer dengan suhu yang ideal. Hal ini bertujuan agar makanan dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama.

Pilihlah Wadah yang Bagus dan Berkualitas

Pemilihan wadah MPASI yang bagus ini harus benar-benar Moms perhatikan. Pilihlah wadah yang aman, berkualitas, dan memenuhi standar food grade. Moms dapat menggunakan wadah yang terbuat dari plastik BPA free yang sudah dilengkapi dengan tutup sekaligus.

Sebaiknya, hindari penggunaan wadah berbentuk kaca. Sebab, wadah jenis ini jika disimpan di dalam freezer akan rentan untuk pecah.

BACA JUGA: Cuma 10 Menit, Cara Membuat Makanan MPASI Bayi 6 Bulan yang Simple

Simpan MPASI dalam Wadah dengan Ukuran yang Sesuai

Usahakan untuk selalu menyimpan MPASI dalam wadah yang sesuai untuk ukuran satu porsi makan si kecil. Pemberian wadah yang hanya muat untuk satu porsi makan ini bertujuan agar MPASI rumahan ini bisa langsung habis, tanpa tersisa.

Dengan begitu, bakteri jahat dari luar tidak akan bertambah banyak. Sebab, wadah untuk menyimpan MPASI yang keluar masuk secara berkala akan menyebabkan bakteri dari luar akan semakin bertambah banyak.

Jangan Masukkan Kembali Makanan Sisa

Apakah Moms akan memasukkan kembali wadah tersebut ke dalam freezer jika MPASI tidak habis? Padahal, hal ini jelas tidak dianjurkan. Kenapa? Sebab, risiko kandungan bakteri yang berasal dari air liur akan lebih tinggi. Hal ini tentu akan mengontaminasi makanan-makanan lain yang ada di freezer.

Perhatikan Lama Waktu Penyimpanan

Saat menyimpan MPASI di kulkas jangan lupa perhatikan lama waktu penyimpanannya ya, Moms. Sebisa mungkin makanan yang disimpan di dalam kulkas ini tidak lewat dalam satu hari. Jadi, Moms harus tetap menyiapkan MPASI untuk si kecil setiap hari.

Jangan lupa juga untuk selalu menutup MPASI secara sempurna pada saat dimasukkan ke dalam kulkas. Hal ini bertujuan agar bakteri dari luar tidak masuk dan mengkontaminasi makanan tersebut.

Jadi, menyiapkan makanan MPASI dalam jumlah banyak kemudian menyimpannya di kulkas itu tidak masalah, Moms. Asal, cara menyimpan makanan MPASI di kulkas tersebut baik dan benar. Hal ini bertujuan agar kandungan nutrisi MPASI yang sudah disimpan tidak akan hilang. Selamat mencoba ya, Moms!

Leave a Comment

%d bloggers like this: