Moms sudah tahu belum bagaimana cara membuat mpasi yang benar? Memasak mpasi untuk bayi memang terlihat mudah, namun sebenarnya hal ini tidaklah mudah. Moms harus membuat menu mpasi yang aman untuk dikonsumsi bayi dan kandungan gizinya tidak hilang.

Kesulitan membuat mpasi 6 bulan pertama terbaik sebenarnya bukan dalam pemilihan bahannya tapi dalam proses membuatnya. Bahan untuk membuat resep mpasi 6 bulan cukup banyak ditemukan, namun apakah Moms tahu bagaimana cara membuatnya dengan benar?

Cara membuat mpasi bayi 6 bulan yang benar harus mengikuti langkah-langkah berikut ini ya Moms. Makanan tetap enak untuk si kecil dan nutrisinya tetap terjaga.

BACA JUGA: 5 Resep Praktis Makanan Bayi 9 Bulan

1. Pilih Bahan yang Segar

Langkah pertama untuk membuat mpasi adalah memilih bahan yang segar. Pastikan jika Moms membeli bahan yang masih benar-benar segar. Untuk menjaga kesegaran bahan, Moms sangat dianjurkan untuk membelinya secara rutin.

Hindari untuk membeli bahan mpasi dalam jumlah yang terlalu banyak. Jika Moms terpaksa harus belanja dalam jumlah banyak karena kesibukan Moms maka Moms harus menyimpannya dengan benar. Pastikan cara bahan disimpan dalam kulkas dengan cara yang benar agar bahan tidak mudah rusak.

2. Bersihkan dari Kotoran dan Kulit Kerasnya

Selanjutnya yang perlu Moms lakukan untuk membuat resep mpasi 8 bulan atau usia lainnya adalah membersihkan dari kotoran dan kulit luarnya. Bahan seperti daging harus dicuci sampai bersih dan buang tulangnya. Sedangkan untuk buah dan sayur pastikan kulit luarnya yang kotor dibersihkan dan dibuang.

Dalam membuat kulit luar Moms harus melakukannya dengan hati-hati. Pastikan tidak banyak daging buah yang terbuang.

3. Cuci dengan Menggunakan Air yang Mengalir

cara membuat mpasi yang benar
cara membuat mpasi yang benar

Setelah kulit luar dan bagian kotornya dibuang maka langkah selanjutnya adalah mencuci semua bahan. Moms wajib mencuci semua bahan ini dengan menggunakan air bersih yang mengalir. Tujuannya agar kotoran bisa mengalir dan tidak mengendap sehingga membuat bahan menjadi kotor kembali.

Air yang digunakan juga harus air bersih yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Kualitas air untuk mencuci harus Moms jaga agar bahannya tetap berkualitas dan menyehatkan.

BACA JUGA: Rekomendasi 6 Menu Mpasi 10 bulan Agar Anak Gemuk dan Sehat!

4. Masak dengan Suhu yang Stabil

Langkah selanjutnya dalam membuat menu mpasi yang benar adalah memasaknya dengan menggunakan suhu yang stabil. Suhu yang stabil akan membuat makanan matang dengan merata dan gizinya tetap terjaga.

Hindari untuk memasak mpasi dalam waktu yang lama karena dapat menghilangkan nilai gizi di dalamnya. Jika bahan yang digunakan adalah sayur maka masak selama 3-5 menit saja atau sampai agak layu. Waktu pengolahan ini harus disesuaikan dengan bahan yang dimasak.

5. Haluskan Sesuai dengan Tekstur yang Diinginkan

Menu yang sudah dimasak selanjutnya adalah dihaluskan. Untuk menghaluskan menu mpasi Moms bisa menggunakan alat penghancur makanan. Hindari untuk menggunakan blender pada saat menghancurkan makanan karena tekstur yang dihasilkan akan terlalu lembek.

Tekstur mpasi harus disesuaikan dengan usianya, usia 6 sampai 8 bulan harus memberikan mpasi bertekstur sangat halus. Jika bayi sudah memasuki usia 9 bulan ke atas sebaiknya berikan tekstur makanan yang agak kasar. Di usia 1 tahun Moms sudah mulai bisa memberikan menu yang kasar.

Langkah di atas juga termasuk langkah untuk membuat resep mpasi 7 bulan dan seterusnya. Moms harus memastikan bahan mpasi yang dipilih adalah mpasi yang berkualitas dan terbaik. Perpaduan pemilihan bahan dan cara membuat mpasi yang benar akan menghasilkan mpasi terbaik dengan nilai gizi tinggi. Selamat memasak makanan untuk si kecil Moms!

Leave a Comment

%d bloggers like this: