Harus diakui bahwa jadi ibu hamil banyak pantangan. Contohnya Moms, ada beberapa jenis buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil. Beberapa buah ini jadi pantangan buah ibu hamil, beragam alasannya. Mulai dari terlalu asam sampai bahaya buat janin.

Mau tahu apa saja jenis buahnya? Dan alasan mengapa itu jadi makanan yang dilarang untuk ibu hamil 1 bulan. Mari lihat selengkapnya di sini. Supaya Moms bisa hindari secepat mungkin ya. 

BACA JUGA: Moms Wajib Tahu 9 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil dan Janin

Nanas

Ini dia pantangan buah paling utama bagi bumil, Moms. Apa alasan yang mendasarinya? Nanas ini kandungan bromelainnya tinggi.

Apa yang dimaksud bromelain di nanas? Bromelain adalah zat yang bisa melemahkan janin. Bromelain bisa menghambat protein ke janin.

Meski begitu, kalau cuma makan sedikit, pengaruhnya tidak signifikan, Moms. Hanya saja lebih baik hindari daripada berlebihan.

Karena, sudah ada banyak kisah. Tentang daerah sekitar rahim yang mendadak sakit usai makan nanas. Mencegah itu tidak salah kan?

Durian

Buah yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil
Buah yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil

Buah berduri ini memang sudah tersohor punya kandungan alkohol tinggi. Hal ini bisa berpengaruh Moms buat ibu hamil.

Ibu hamil, misalnya, bisa merasa sakit tiba-tiba. Dan satu lagi, makan durian buat Moms rentan mual. Apalagi memang aromanya cukup menusuk.

Jadi, kalau Moms suka sama durian, tunda dulu ya Moms sampai melahirkan dan kondusif. Atau cicipi dalam kadar sedikit.

Lagipula, Moms, kebanyakan durian juga kurang baik jika aktivitas tidak banyak. Soalnya, kalorinya lumayan tinggi Moms.

BACA JUGA: Enak dan Manis, Tapi Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian?

Pare

Konsumsi pare ini sering jadi momok buat ibu hamil. Katanya, pare bisa buat kontraksi saat hamil dan ini bisa menjadi pemicu prematur.

Namun, itu sebetulnya belum dibuktikan lho Moms dalam penelitian. Hanya Moms, masih ada satu bahayanya.

Apakah itu? Pare ternyata bisa buat gula darah naik. Jadi, kalau Moms punya riwayat diabetes dan lagi hamil, konsumsi makanan lain saja.

Lagipula, pare juga rasanya getir, tak terlalu enak di lidah. Ibu hamil lidahnya sensitif. Konsumsi pare cenderung buat mual.

Nangka

Betulkah nangka itu buat bayi lahir dalam kondisi cacat? Mitos yang turun-temurun memang begitu. Namun, tak berarti mitosnya benar.

Hanya saja, layaknya buah pare, Moms. Kalau Moms diabetes. Sebaiknya hindari makan nangka.

Alasannya apa? Kadar gula nangka lumayan tinggi, Moms. Jangan sampai diabetes kambuh saat hamil. Karena ini berbahaya sekali.

BACA JUGA: Buah dan Sayur untuk Ibu Hamil yang Wajib Dikonsumsi

Pepaya

Ibu hamil, sangat dilarang buat makan buah oranye ini. Karena, katanya membuat kontraksi datangnya lebih cepat.  Selain itu, pepaya juga bisa bertanggung jawab dalam kejadian nyeri rahim. Apakah itu benar?

Ya, ini sudah dibuktikan di penelitian. Nyatanya memang buah pepaya itu mengandung dua zat. Yakni, zat papain, lalu zat lateks.

Mari kenalan dengan dua zat ini. Lateks buat rahim jadi kontraksi. Papain, bisa memicu persalinan yang prematur. Tentu Moms tak mau hal ini terjadi pada janin dan Moms. Hindari dulu pepaya, ya.

Bagaimana jika sedang mengalami sembelit? Tak usah khawatir ya Moms, konsumsi saja buah jeruk. Jeruk kaya vitamin, buat kulit cerah. Selain itu, vitamin C juga bagus buat pencernaan. Sembelit jadi hilang.

Pilih sayuran dan buah untuk ibu hamil. Jangan nekat buat makan buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil. Sayangi janin Moms dengan selalu memberikan asupan makanan terbaik dan menghindari makanan berbahaya. Semoga sehat selalu Moms!

Leave a Comment

%d bloggers like this: