Moms pasti sangat bahagia saat mengetahui Moms sedang hamil. Biasanya Moms akan mulai mencari tahu mengenai apa-apa saja yang boleh dan tidak untuk dikonsumsi pada masa-masa kehamilan. Salah satu buah yang banyak disarankan untuk konsumsi adalah semangka. Namun, Bolehkah ibu hamil makan semangka?

Makan Semangka Bagi Ibu Hamil

Moms perlu menelusuri fakta ibu hamil dan semangka ini berdasarkan fakta ilmiah yang ada. Tidak hanya sekedar mitos akan kebolehan makan semangka pada saat hamil. Moms pasti sekarang sudah sangat penasaran akan boleh atau tidaknya konsumsi semangka saat hamil. Simak faktanya berikut ini tentang ibu hamil makan semangka.

BACA JUGA: Moms, Makanan untuk Ibu Hamil Muda yang Baik dan Sehat

1. Semangka Bisa Turunkan Morning Sickness

Setiap Moms yang berada pada trimester awal kehamilan biasanya mengalami morning sickness yang ditandai dengan mual dan muntah-muntah. Gejala ini biasa terjadi pada trimester awal, karena rahim semakin besar untuk mempersiapkan tempat perkembangan bayi. 

Perkembangan tersebut mendesak bagian perut dan hal ini yang menyebabkan ibu hamil muda mengalami morning sickness. Adakalanya morning sickness ini akan terus berlanjut sampai dengan 4 bulan, meskipun sebagian besar hanya 3 bulan saja. Saat Moms mengalami kasus morning sickness, maka Moms bisa makan semangka.

Buah yang satu ini sangat menolong untuk mengurangi gejala morning sickness. Efek yang menyejukkan ini akan membuat pencernaan Moms plong. Moms bisa makan buahnya secara langsung maupun menjadikannya jus untuk diminum. Buah ini sudah banyak para Moms yang mencobanya untuk menghilangkan efek mual dan muntah.

2. Menurunkan Heartburn Saat Hamil

Bolehkah Ibu Hamil Makan Semangka
Bolehkah Ibu Hamil Makan Semangka

Saat Moms berada di trimester awal, seringkali Moms merasa perut dan pencernaan menjadi lebih bermasalah. Adakalanya juga Moms ingin memuntahkan kembali makanan yang jumlahnya lebih sedikit dari biasanya. Hal ini membuat Moms menjadi semakin sebal harus makan bukan.

Namun, Moms harus tetap berusaha untuk makan, agar calon bayi dalam kandungan bisa berkembang dengan sehat dan normal. Perasaan seperti asam lambung naik dan keinginan untuk muntah meningkat, sehingga menyebabkan keinginan untuk muntah biasa disebut dengan heartburn.

Masalah pencernaan yang satu ini akan disertai dengan gejala adanya perasaan dada terbakar maupun kerongkongan menjadi panas. Moms bisa saja mencegah hal tersebut dengan jalan makan semangka. Ibu hamil makan semangka merah akan mendapatkan sensasi yang bersifat mendinginkan dan meredakan heartburn.

3. Mencegah atau Mengurangi Efek Pembengkakan Kaki

Pertanyaan seperti Ibu hamil makan semangka boleh tidak, memang sudah sangat populer. Moms pasti kembali penasaran apakah semangka memiliki manfaat selain dari poin pertama dan kedua dari yang sudah dijelaskan. Pastinya ada keunggulan lain yang bisa Moms dapatkan dari buah yang satu ini.

Salah satu manfaat buah semangka adalah mengurangi terjadinya pembengkakan pada kaki, terutama ibu hamil. Pembengkakan kaki pada ibu hamil yang banyak terjadi disebabkan oleh adanya penyumbatan pembuluh darah maupun otot. Buah semangka dapat mengurangi dan mencegah terjadinya penyumbatan tersebut sebanyak 92%.

4. Membantu Perkembangan Janin

Moms yang memiliki hobi makan semangat dalam batas wajar sangat beruntung, karena buah yang satu ini memang sangat baik untuk ibu hamil juga. Buah merah ini memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat kaya. Beberapa contoh vitamin yang dimiliki oleh buah ini adalah vitamin C, vitamin E, dan vitamin B6.

Sedangkan beberapa mineral yang ada pada semangka adalah kalium dan magnesium. Seluruh komposisi senyawa tersebut sangat baik untuk perkembangan janin. Semangka juga mengandung kalsium dan kalium yang terbukti baik untuk pembentukan tulang calon bayi Moms.

BACA JUGA: Enak sih, Tapi Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan?

Kesimpulan

Sekarang Moms sudah mengetahui manfaat makan semangka saat hamil. Moms bisa mengurangi efek morning sickness, heartburn, dan lain sebagainya. Bahkan, semangka juga sudah terbukti membantu pertumbuhan tulang janin. Namun, semua itu bisa terjadi saat Moms makan semangka dalam jumlah wajar. 

Berdasarkan ulasan tersebut, Moms juga sudah mengetahui jawaban dari bolehkan ibu hamil makan semangka? yang mana jawabannya adalah BOLEH. Namun, jika Moms masih ragu, sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan pilihan Moms.

Leave a Comment

%d bloggers like this: