Tidak hanya mitos nanas yang terlarang untuk ibu hamil, buah rambutan juga sempat dituding sebagai salah satu buah yang tidak baik dimakan ibu hamil. Moms apa tidak penasaran dengan fakta di balik pertanyaan bolehkah ibu hamil makan rambutan? Apakah Moms yakin bahwa buah yang satu ini sama sekali tidak boleh dimakan bumil?

Apabila Moms belum yakin dengan fakta sesungguhnya, maka alangkah baiknya Moms berpikir netral dahulu. Moms perlu mencari fakta apakah ada manfaat nutrisi dalam rambutan untuk ibu hamil.

BACA JUGA: Enak sih, Tapi Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan?

Fakta Makan Rambutan bagi Ibu Hamil

Untuk bisa mengerti lebih lanjut, maka Moms perlu untuk menyimak pembahasan artikel ini sampai selesai.

1. Membantu Mengurangi Morning Sickness

Setiap ibu hamil pada trimester awal pasti akan mengalami mual maupun pusing yang sangat tidak nyaman. Adakalanya juga hal tersebut berujung muntah tiap kali habis makan. Moms yang juga sedang hamil trimester awal ini perlu untuk mengetahui cara mengurangi gejala morning sickness.

Caranya mudah yaitu dengan mengkonsumsi buah rambutan dalam takaran yang cukup. Jangan berlebihan juga Moms dalam makan buah rambutan. Buah ini diketahui mengandung banyak sekali zat yang bermanfaat bagi tubuh, seperti serat, kalsium, zinc, vitamin, maupun natrium. Seluruh kandungan tersebut membantu mengurangi mual.

2. Mencegah Anemia

Pada saat Moms hamil dan periksa ke dokter kandungan, biasanya Moms akan mendapatkan suplemen yang mengandung penambah darah juga. Walaupun sudah mendapatkan suplemen penambah darah, tetapi Moms juga harus tetap untuk menjaga pola makan sehat yang juga membantu pembentuk darah merah.

Hal ini sangat berguna untuk nanti saat akan mempersiapkan persalinan. Salah satu cara yang paling mudah untuk memasok nutrisi pembentuk darah merah adalah rambutan. Alhasil ibu hamil makan rambutan itu juga disarankan, karena buah yang satu ini bisa membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah.

Vitamin C dapat bekerja untuk membantu tubuh dalam menyerap zat besi dengan kemampuan yang lebih baik. Dengan konsumsi rambutan dalam tahap yang wajar, maka Moms bisa mencegah terjadinya kekurangan darah alias anemia selama masa kehamilan.

BACA JUGA: Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda Agar Janin Tumbuh Sehat

3. Rambutan Matang Bisa Sebabkan Diabetes Gestasional

Bolehkah Ibu Hamil Makan Rambutan
Bolehkah Ibu Hamil Makan Rambutan

Moms harus mengetahui bahwa ibu hamil itu rentan mengalami diabetes gestasional. Itukah mengapa Moms perlu untuk selalu menjaga pola makan tinggi nutrisi dan rendah kalium maupun rendah gula. Rambutan yang sudah matang memiliki kandungan kalium yang tinggi yaitu 104,2 mg per 100 gram. 

Apabila Moms memang sudah memiliki kadar gula darah yang tinggi sebelum hamil, maka konsumsi rambutan tidak disarankan. Dalam hal ini mitos ibu hamil makan rambutan bisa berbahaya itu benar, karena sudah terdapat bukti penelitiannya. Rambutan juga terlarang bagi ibu dengan penyakit diabetes.

Saat kadar gula tinggi maupun ibu hamil mengidap diabetes, maka kontrol makanan mengandung gula perlu diperketat alias dijaga. Hal ini ditujukan untuk menjaga keselamatan bayi yang ada dalam kandungan. 

4. Rambutan Dapat Menangkal Radikal Bebas

Moms mengkonsumsi rambutan dalam jumlah yang wajar juga bisa membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas. Bagi Moms yang tidak memiliki masalah dalam hal kadar gula tinggi dan diabetes, maka konsumsi rambutan bisa menjadi hal yang sangat baik. 

Kandungan antioksidan dan juga flavonoid dalam rambutan dapat membantu tubuh dalam melawan kanker juga. Kedua zat tersebut juga sangat baik untuk mencegah terjadinya inflamasi pada tubuh. Pertanyaan akan amankah ibu hamil makan rambutan dalam hal ini adalah aman dan justru sangat baik.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Rambutan?

Moms sekarang sudah mengerti bahwa rambutan mengandung banyak sekali serat, kalsium, zinc, vitamin C, vitamin E, dan natrium. Seluruh kandungan tersebut sudah pasti sangat berguna bagi tubuh. Bisa disimpulkan bahwa dengan kondisi ibu hamil yang sehat, maka makan rambutan dalam batas wajar, diperbolehkan.

Sekarang Moms sudah tahu, bolehkah ibu hamil makan rambutan. Tetap perhatikan jumlah yang dikonsumsi ya Moms, ada baiknya juga untuk selalu berkonsultasi dengan dokter. Moms bisa membagikan artikel ini kepada ibu hamil lainnya.

Leave a Comment

%d bloggers like this: