Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka? Ini Jawabannya!

Kita butuh banyak nutrisi untuk membuat tubuh kita tetap sehat. Saat hamil, kebutuhan akan nutrisi ini meningkat tajam karena bukan hanya sang ibu yang membutuhkan, namun juga si calon adik. Diantara banyak makanan dan buah, Moms mungkin berpikir, bolehkah ibu hamil makan nangka?

Mitosnya, buah berwarna kuning ini kerap disangka kurang aman untuk dikonsumsi seorang ibu hamil. Padahal, jika nangka dimakan dengan wajar dan tidak berlebihan, buah ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh Moms. Nah, supaya lebih jelas, kali ini kita akan mencari tahu ada apa dibalik mitos ini, mengapa nangka dianggap tidak aman untuk ibu hamil.

BACA JUGA: Suka Mie Ayam, Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Ayam?

Manfaat Buah Nangka

Secara umum, buah yang rasanya manis ini punya segudang manfaat. Termasuk untuk ibu hamil. Karena nangka, dengan zat-zat yang terkandung di dalamnya mampu untuk membantu tubuh memenuhi akan kebutuhan nutrisinya. Misalnya vitamin dan mineral. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Moms dapatkan dari memakan buah nangka.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka
Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka

1. Mengurangi Tekanan Darah

Mengetahui tekanan darah penting dilakukan saat Moms sedang dalam keadaan hamil. Sebab, ini bisa menjadi hal yang membahayakan janin bila tekanan darah terlalu tinggi. Dengan mengkonsumsi buah nangka secara wajar, maka tekanan darah ibu hamil bisa menjadi normal kembali.

2. Memperkuat pencernaan

Tahukah Moms bahwa serat yang ada di dalam nangka mampu memenuhi sepuluh persen keperluan asupan harian orang dewasa? Ya, bener banget. Nangka memiliki kandungan serat yang banyak, artinya, setiap Moms makan nangka, sembelit hilang dan pencernaan akan semakin optimal.

3. Bisa Menjadi Sumber Tenaga

Sering letih dan lesu saat hamil? Itu normal, Moms. sebab di masa kehamilan, tubuh kita memerlukan lebih banyak energi. Buah nangka yang berasa manis sangat cocok untuk mengembalikan tenaga agar bisa beraktifitas kembali. Salah satunya adalah buah nangka.

4. Menyuplai keperluan vitamin untuk calon bayi

Tak hanya ibu, janin juga memiliki banyak kebutuhan zat-zat bergizi, salah satunya vitamin. Dengan kandungan zat besi, folat, vitamin C dan vitamin A, buah nangka mampu memenuhi keperluan janin, khususnya soal asupan gizi.

5. Menguatkan sistem pertahanan tubuh

Berkat kandungan vitamin C di dalam nangka, buah ini bisa memperkuat sistem pertahanan tubuh Moms. Inilah salah satu kegunaan buah nangka untuk ibu hamil tua.

BACA JUGA: Enak dan Manis, Tapi Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian?

Jadi Ibu Hamil Boleh Makan Nangka Nggak Sih?

Nah, sekarang kita sampai di bagian inti nya. Kalau memang buah ini mengandung banyak sekali manfaat, mengapa banyak rumor yang mengatakan kalau buah ini tidak cocok dimakan ibu saat hamil?

Ternyata, kabar ini tidak sepenuhnya benar, tapi juga tidak sepenuhnya salah. Bila Moms, suka buah nangka, atau ingin memakan buah ini, ada baiknya melihat riwayat kesehatan Moms terlebih dahulu.

Misalnya Moms pernah operasi transplantasi jaringan ketika masa kehamilan, sebaiknya hindari memakan buah nangka. Karena kandungan gula yang banyak pada buah ini bisa berakibat buruk pada tubuh, pasca operasi.

Moms pernah dengar istilah mabuk nangka? Kalau mabuk durian mungkin nggak asing ya. Mabuk nangka ini mirip dengan mabuk durian. Kalau mabuk durian mengakibatkan si penderitanya pusing, mual dan muntah, kalau mabuk nangka bisa bikin Moms diare.

Mengapa ini bisa terjadi? Sebab buah nangka memiliki fungsi lain sebagai pencahar yang alami. Jadi, kalau Moms berani makan buah nangka banyak-banyak, siap-siap berlama-lama di toilet ya! Hehehe!

Kesimpulan

Sejatinya, nangka bukanlah buah yang dilarang untuk ibu hamil. Semua yang baik, bila dikonsumsi berlebihan, hasilnya akan kurang baik. Begitu juga dengan nangka. Jadi, bolehkah ibu hamil makan nangka? Tentu saja boleh. Namun jangan berlebihan, dan khusus untuk yang baru saja operasi, jangan makan nangka dulu ya Moms!

Leave a Comment

%d bloggers like this: