Beras merah memang menjadi salah satu bahan makanan yang mengandung gizi yang tinggi. Tidak hanya untuk kesehatan, beras merah juga banyak digunakan untuk kecantikan. Manfaat beras merah untuk kecantikan sangatlah banyak seperti membersihkan pori-pori, melembabkan wajah, dan sebagainya. Beras merah yang bagus tentu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. 

Meskipun beras merah mengandung gizi yang tinggi, banyak orang yang tidak menyukai beras ini karena rasanya yang cenderung hambar. Beras merah memang mempunyai kandungan gula yang lebih rendah daripada beras putih dan teksturnya juga lebih pera atau kasar. Berikut ini beberapa cara memilih dan memasak beras merah yang bagus. 

BACA JUGA: Benarkah Beras Merah Mengandung Vitamin untuk Kecantikan?

Memilih Beras Merah yang Bagus

Sama halnya dengan memilih beras jenis lain, beras merah juga dibedakan berdasarkan kualitasnya. Ketika memilih beras merah, pilih beras yang berwarna merah bersih. Hindari memilih beras merah yang warnanya sudah kecoklatan ataupun kusam karena bisa jadi beras tersebut sudah tidak bagus. Selain itu, pilih beras merah yang bulirnya panjang. Beras merah kualitas bagus mempunyai bulir panjang dan hampir mirip dengan beras basmati dari India. Beras merah yang berkualitas bagus juga tidak bercampur dengan kulitnya. Sebaiknya jangan membeli beras merah yang masih bercampur dengan kulitnya karena membuat rasanya menjadi kurang lezat. 

BACA JUGA: Pilihan Menu MPASI Pertama Bergizi yang Mudah dan Sederhana

Cara Tepat Memasak Beras Merah yang Bagus

Beras Merah Yang Bagus

Selain karena kualitasnya, rasa beras merah juga ditentukan dari cara memasaknya. Banyak orang yang masih salah dalam memasak beras merah sehingga rasanya menjadi kurang lezat. Berikut ini adalah beberapa cara memasak beras merah yang tepat. 

  • Cuci beras – Sama seperti ketika mencuci beras putih, beras merah juga perlu dicuci terlebih dahulu sebelum dimasak. Sebaiknya cuci beras dengan air mengalir sebanyak 2-3 kali saja. Hindari terlalu banyak mencuci beras merah karena malah akan menghilangkan serat, vitamin, dan kandungan nutrisi lainnya. Moms juga bisa menggosok beras yang lembab dengan kedua tangan untuk menghilangkan sisa-sisa katul atau debu yang ada pada beras. Beras merah yang dicuci dengan bersih mempunyai aroma yang lebih sedap dan tidak berbau apek. 
  • Rendam terlebih dahulu – Beras merah memang mempunyai tekstur yang lebih pera atau kasar dibanding dengan beras putih. Agar nasi merah lebih pulen dan empuk, moms bisa merendam beras merah dengan air selama 30 menit sebelum dimasak. Dengan begini beras merah akan lebih menyerap air sehingga rasanya menjadi lebih empuk dan pulen. 
  • Campur dengan sedikit beras putih – Agar beras merah lebih empuk dan rasanya tidak terlalu hambar, moms juga bisa mencampurnya dengan sedikit beras putih. Mencampurkan beras putih dengan beras merah bisa membuat teksturnya lebih pulen dan rasanya lebih enak. 
  • Masak dengan cara manual – Meskipun memasak nasi dengan rice cooker lebih mudah dan praktis, namun kalau ingin rasa nasi yang lebih lezat sebaiknya gunakan cara manual. Masak beras merah dengan cara manual dengan dua langkah, yaitu dimasak dengan air atau diaron kemudian kukus beras hingga matang. Setelah matang, jangan langsung mengeluarkan nasi, namun biarkan beberapa saat di dalam kukusan agar teksturnya lebih empuk dan tidak mudah kering. 
  • Perhatikan perbandingan air – Sama halnya dengan memasak beras putih, perbandingan air ketika memasak beras merah juga perlu diperhatikan. Untuk memasak dengan cara manual, perbandingan air dan beras merah adalah 4:1 sedangkan untuk memasak dengan rice cooker perbandingan airnya adalah 3:1.

Leave a Comment